3 Cara WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet Kamu

Sekarang orang lebih suka menggunakan WhatsApp ketimbang BBM dan salah satu alasanya karena untuk daftar mudah. Dan cara mengundang teman di WhatsApp tidak perlu menunggu persetujuan seperti di BBM karena pengguna dapat mengirim pesan langsung ke pengguna lain di daftar kontak asalkan orang tersebut telah menggunakan WA.

Karena hampir semua pemilik Smartphone memiliki WhatsApp sehingga tidak jarang yang membuat grup WhatsApp. Hal inilah yang terkadang memnbuat WhatsApp boros kuota internet akibat teman di grup mengirim foto, video, suara atau file lain. Sehingga biaya WhatsApp menjadi lebih mahal jika tidak mengetahui cara menghemat kouta ketika memakai WhatsApp.

Untuk yang belum tahu bagaimana menghemat paket, silahkan membaca 3 cara WhatsApp tidak boros kuota internet dibawah ini.

3 Cara WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet

1. Atur penggunaan data minimum ketika melakukan panggilan
Sebelumnya masuk ke akun WhatsApp > setelan > penggunaan data > kemudian centang Gunakan data minimum (lihat gambar dibawah). Dan untuk yang menggunakan settingan bahasa Inggris Settings > Data Usage > check Low Data Usage.

3 Cara WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet Kamu

2. Batasi backup Chat/cadangan riwayat Anda
WhatsApp dapat menyimpan salinan semua obrolan, gambar, dan video teks kamu (bukan panggilan suara) di akun Google Drive kamu sehingga kamu dapat menemukannya nanti, seperti setelah mengganti telepon atau penginstalan ulang.

Jika masih menggunakan kuota internet sebaiknya jangan dicadangkan dahulu,  sampai menemukan hotspot Wi-Fi gratis yang bisa ditemui di perkantoran, tempat makan, Mall. Caranya klik Setelan > Chatting > Cadangan chat > Cadangkan melalui hanya Wi-fi.

Pada opsi ‘Back-up over’ pilih Wi-Fi, bukan Seluler,batasi interval cadangan secara default dari bulanan menjadi jangan pernah.  Karena ada tombol di menu Backup Chat utama yang memungkinkan backup dapat dilakukan kapan saja.

Selain itu hemat kuota WhatsApp kecualikan video dari backup dengan cara mematikan ‘Sertakan video’ atau yang  ‘Include videos’ (lihat gambar dibawah).

3 Cara WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet Kamu

3. Jangan download media ukuran besar secara otomatis

WhatsApp mengizinkan berbagi foto dan video yang bisa sangat besar. Video bagus untuk dibagikan dan ditonton namun dapat menimbulkan konsekuensi pada konsumsi data dan penyimpanan telepon.

Kamu dapat mengatur WhatsApp untuk mendownload file multimedia secara otomatis hanya saat berada di Wi-Fi, sehingga menghemat data ponsel kamu. Caranya klik Setelan > Penggunaan data > Saat tersambung Wi-fi, pada pilihan Unduh Otomatis Media.

3 Cara WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet Kamu

Tetapi jangan kwatir jika ingin melihat gambar atau video, kamu masih dapat mengunduh secara manual dengan cara tap/klik objek yang dikirim teman WhatsApp. Itulah 3 cara WhatsApp tidak boros kuota internet.

Selain itu dengan menggunakan cara diatas kapasitas memori handphone dapat dikontrol karena gambar, video tidak tersimpan di galeri jika tidak diunduh/dilihat secara manual. Sekian dan terimakasih, apabila dirasa artikel ini bermanfaat kamu dapat membagikan kepada teman yang lain.

Advertisement