4 Keindahan Wisata Danau Di Indonesia Yang Tersembunyi

Berbicara soal tempat wisata Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam yang melimpah, menawarkan keindahan pesona pemandangan alamnya seperti surga yang tersembunyi, bahkan indonesia mempunyai deretan tempat wisata yang sangat menakjubkan,eksotis dan semuanya memiliki daya tarik tersendiri.

Bukan hanya tempat wisata yang kekinian saja, sekarang ini banyak ratusan danau yang di sulap menjadi tempat wisata yang sangat indah dan memukau, maka sangat sayang jika pesona alam ini terlewatkan. Jadi, untuk kamu yang bosan berlibur dengan tempat itu-itu saja, kamu dapat menjadikan danau sebagai pilihan objek wisata baru untuk berlibur selanjutnya.

Berikut ini rekomendasi daftar 6 danau terindah di Indonesia yang cocok dijadikan destinasi liburan kamu.

Advertisement

4 Keindahan Wisata Danau Di Indonesia Yang Tersembunyi

1. Danau Weekuri Sumba NTT

4 Keindahan Wisata Danau Di Indonesia Yang Tersembunyi

https://www.youtube.com/watch?v=kSD9E07Iofw

Danau Weekuri Sumba NTT merupakan salah satu keindahan surga tersembunyi yang di miliki indonesia tepatnya di Pulau Sumba, danau ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat beberapa titik sumber air yang bisa membuat gradasi warna air di danau tersebut menjadi bervariatif, ada yang berwarna biru cerah, biru sedikit kehijau-hijauan perpaduan warna yang sangat cantik.

Selain itu, kadar airnya terasa asin beda dengan danau-danau lainnya yang ada di indonesia. Bahkan pengunjung akan merasakan suhu berbeda saat menceburkan diri di Danau Weekuri, kombinasi air hangat dan dingin akan terasa di beberapa area danau.

Air Danau Weekuri sangat bening sebening kaca, sehingga dasar danau tampak dari permukaan. Bukan hanya itu, pasir di dasar danau pun berwarna putih seperti pasir di pantai, karena letak Danau Weekuri berada di dekat laut hanya terpisah oleh tebing-tebing batu karang.

Karena danaunya tidak begitu dalam, maka pengunjung bisa melakukan aktipitas lainnya seperti berenang atau hanya sekedar menikmati keindahan yang pastinya akan membuat anda terpukau, cobalah naik ke atas bukit karang yang mengelilingi danau ini, dari atas bukit karang pengunjung dapat melihat lautan luas dan padang rumput hijau.

Akses menuju Danau Weekuri

Danau Weekuri terletak di Desa Kalena rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri terletak sekitar 60 kilometer dari ibu kota kabupaten, Tambolaka. Di sana pengunjung bisa menyewa mobil atau motor yang ada di kota Waikabubak dan di kota Tambolaka, untuk harga sewa mobil sekitar Rp. 500,000 atau Rp. 600,000 beserta dengan drivernya, sedangkan sewa motor sekitar Rp. 100,000 sampai Rp.150,000.

Harga tiket masuk ke Danau Weekuri

Karena lokasi wisata Danau Weekuri ini belum menetapkan berapa harga tiket masuk bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung ke wisata ini, jadi pengunjung hanya membayar tiket seikhlasnya saja .

Alamat: Desa, Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Tim.

Jam buka: senin 07.00-17.00

selasa sampai minggu 08.00-17.00

Telepon: 0853-3337-7766

2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

4 Keindahan Wisata Danau Di Indonesia Yang Tersembunyi

foto: Instagram/@deapratamiaharahap

Kalimantan timur juga memiliki wisata danau yang populer di kalangan para traveller, namanya Danau Labuan Cermin. Danau ini terkenal karena kejernihan air nya yang sangat bening seperti cermin, saking jernihnya pengunjung dapat melihat keindahan yang ada di dalam danau ini dengan mata terlanjang.

Disini pengunjung dapat melihat penyu dan satwa air danau lain yang muncul ke permukaan, satwa tersebut dapat terlihat dengan sangat jelas. Uniknya air yang terdapat di dalam danau memiliki rasa tawar dan asin, rasa air di bagian atas permukaan air danau terasa tawar, namun ketika kita mencoba menyelam di dasar danau, air nya mulai terasa asin, dari situlah danau ini di juluki sebagai Danau Dua Rasa.

Ketika kita berkunjung ke tempat wisata ini, di sepanjang perjalanan menuju Danau pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan pohon sawit dan pantai dengan pasir putih nya yang indah. Wisata ini cocok di kunjungi bagi kamu yang ingin berpoto dengan background pemandangan alam yang luar biasa keren, pastinya suasana wisata air ini akan membuat kamu betah berlama-lama disini.

Aktivitas seru yang dapat dilakukan di Danau ini antara lain berenang, snorkeling, dan Naik Perahu. Disini juga menyediakan perlengkapan lainnya seperti sewa Perahu, snorkle, kaki katak dan juga pelampung.

Harga tiket masuk Danau Labuan Cermin adalah gratis

Alamat dan Rute Menuju Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin merupakan objek wisata air yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Alamat: Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77373

Jam buka:
Jumat 14.00–17.00
Sabtu 08.00–18.00
Minggu 08.00–17.00
Senin 07.00–19.00
Selasa 08.00–17.00
Rabu 08.00–17.00
Kamis 08.00–17.00

3. Danau Batur Bali

4 Keindahan Wisata Danau Di Indonesia Yang Tersembunyi

http://balihellotravel.com/

Danau Batur Kintamani yang terletak di lereng Gunung Batur dan berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut menjadi destinasi wisata favorit jika berkunjung ke daerah Kintamani, Bali. Danau ini berada di daerah dataran tinggi, disini pengunjung akan merasakan suasana adem dan menyejukkan, di tambah dengan pemandangan danau yang eksotis.

Selain pesona keindahannya yang menakjubkan, danau ini memiliki dayatarik tersendiri yang airnya bisa berubah-rubah karena pengaruh dari senyewa belerang yang ada di dasar danau. Air danau tersebut kadang akan telihat warnanya sedikit kebiruan, atau berubah menjadi kehijauan dan bisa juga menjadi kekuningan.

Objek wisata Danau Batur Kintamani juga pernah mengharumkan nama bangsa, karena ditetapkan sebagai taman bumi oleh Unesco. Disini wisatawan dapat melihat berbagai macam satwa endemik serta bebatuan yang sangat menarik dan berkaitan dengan geopark.

Harga tiket masuk Danau Batur Kintamani

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp. 5000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan untuk mobil akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 ,dan untuk Bus akan ditarik uang sebesar Rp. 20.000.

Lokasi Danau Batur Kintamani

Lokasi Danau Batur Kintamani berada di Desa Penelokan Utara, Kintamani dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bangli. Tempat ini pun berjarak kurang lebih 65 kilometer dari kota Denpasar, dari Bandara Ngurah Rai, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan via Gianyar. Sedangkan kalau dari Singaraja, akses menuju ke tempat ini bisa lewat Desa Kubutambahan dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

4. Danau Linow , Tomohon

4 Keindahan Wisata Danau Di Indonesia Yang Tersembunyi

instagram @efie.sarfilianty

Danau Linow merupakan objek wisata terkenal di kota Tomohon, kebanggaan Tomohon yang terkenal hingga Mancanegara. Alamnya yang begitu indah dengan sajian utama panorama pegunungan dan perbukitan, di tambah bunga-bunga tumbuh subur di sekitar kawasan ini sehingga menjadikan objek wisata ini di sukai wisatawan.

Danau cantik ini memiliki luas kurang lebih 34 hektar, ketika berada disini wisatawan bisa melihat warna air yang dapat berubah-ubah warna menjadi hijau, biru hingga kuning kecoklatan. Perubahan terjadi disebabkan karena unsur belerang yang tertimbun di dalam danau serta pembiasan dan pantulan sinar matahari yang menyebabkan warna air di Danau Linow bisa berubah sehingga danau ini terkenal dengan sebutan Danau 3 warna.

Waktu terbaik untuk mengunjungi danau Linow adalah di pagi hari, karena masih agak sepi dan sejuk. Kamu bisa memilih tempat untuk bersantai dari deretan meja dan kursi yang sudah tersedia disana. Dari dasar danau kamu akan melihat gelembung-gelembung air yang naik, gelembung ini berasal dari gas belerang di dalam tanah.

Harga tiket masuk Danau Linow, Tomohon

Harga tiket masuk Danau Linow, Pengunjung hanya cukup membayar sebesar Rp25.000 untuk bisa menikmati keindahan danau linow, dan pengunjung juga akan mendapatkan secangkir teh atau kopi.

Lokasi menuju Danau Linow, Tomohon

Danau Linow terletak di Desa Lahendong. Dari kota Tomohon, Kamu dapat mengendarai mobil yang akan memakan waktu sekitar 20-30 menit. Jika kamu datang dari bandara Sam Ratulangi, kamu bisa pergi lurus ke Tomohon dengan transportasi umum dari terminal bus Tomohon kurang dari 37 km.

Setelah sampai di dekat danau, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan sekitar 1 km ke lokasi Danau, fasilitas yang tersedia cafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman mulai dari khas lokal hingga internasional, ada juga tempat parkir mobil.