4 Tempat Wisata Air Di Yogyakarta Yang Seru Dan Asik Untuk Berlibur

Selain terkenal dengan kota pelajar, di daerah Yogyakarta juga banyak tempat bersejarah dan sebagai pusat seni budaya Jawa. Ternyata di kota pelajar ini, tidak hanya wisata budaya, sejarah dan juga kuliner saja, ada pula deretan destinasi wisata air yang tidak kalah seru bisa menjadi alternatif yang dapat kamu kunjungi pada saat liburan.

Beberapa objek wisata baru di Yogyakarta ini, banyak di buru wisatawan terutama wisata air terjun. Di jogja ada banyak wisata air terjun tersembunyi, memiliki panorama alam yang alami dan eksotis serta banyak spot poto yang Instagramable.

Di bawah ini ada beberapa tempat wisata air terjun di Yogyakarta, yang bisa kamu masukan dalam daftar liburan nanti.

Advertisement

4 Tempat Wisata Air Di Yogyakarta

1. Luweng Sampang

4 Tempat Wisata Air Di Yogyakarta Yang Seru Dan Asik Untuk Berlibur

Foto: Backpacker Yogyakarta

Wisata air terjun Luweng Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Tempat wisata air terjun ini memiliki daya tarik yang luar biasa, sesampai di tempat ini wisatawan akan di suguhkan dengan keindahan pesona alam yang sangat asri, di tambah udara sejuk di iringi suara gemericik air terjun yang menyejukkan.

Bukan hanya itu, air terjun Luweng Sampang juga dihiasi dengan ukiran alami bebatuan tebing-tebing yang di bawahnya terlihat bermuara air terjun yang jernih, sehingga menjadikan pemandangan terlihat lebih eksotis. Air terjun Luweng Sampang memiliki berbagai spot foto yang menarik, disana kamu bisa mengabadikan moment berpoto selfie yang hasilnya instagramable banget.

Harga tiket masuk wisata air terjun Luweng Sampang pun tidak di pungut biaya alias gratis, kamu hanya perlu membayar parkir saja, sudah bisa menikmati wisata air terjun ini loh!.

Alamat: Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863

2. Air Terjun Kedung Kandang

4 Tempat Wisata Air Di Yogyakarta Yang Seru Dan Asik Untuk Berlibur

Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/111996573626026486189/photos

Daya tarik dari Air Terjun Kedung Kandang yaitu air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Kedung Kandang berada pada hamparan sawah dan di hiasi tebing bebatuan bertingkat, air terjun ini mempunyai tingkatan sebanyak 6 tingkat, menjadikan pemandangan di sekeliling sangat indah seperti berada di kawasan yang ada di Ubud, Bali.

Lokasi air terjun kedung kandang berada di dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena lokasinya yang tidak jauh dari embung dan gunung api purba nglanggeran.

Sehingga memudahkan pengunjung yang ingin berkunjung ke wisata air di jogja tidak akan terlalu sulit untuk menemukan wisata air tersebut.

Alamat: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

3. Air Terjun LEPO Dlingo

4 Tempat Wisata Air Di Yogyakarta Yang Seru Dan Asik Untuk Berlibur

Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/105478868378386788616/photos

Air Terjun LEPO Dlingo atau yang sering di kenal dengan nama lain Air Terjun Ledok Pokoh merupakan tempat wisata air baru di Bantul yogyakarta, wisata air terjun ini masih alami dan berada di Desa Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta.

Wisata air terjun ini dikelilingi oleh tebing batu kapur dengan tekstur yang unik serta airnya yang jernih menjadikan pesona Air Terjun Lepo terlihat ciamik.

Di sini pengunjung juga akan disuguhi suasana sejuk, lebatnya pepohonan hijau di sisi kanan kiri jalan, selain itu pengunjung juga dapat duduk di sekitar area kolam sambil merendam kaki, berenang atau mengabadikan spot poto di air terjun kecil.

Warga sekitar menyebut kolam di bawah air terjun ini dengan sebutan curug, banyak yang beranggapan bahwa Air Terjun LEPO Dlingo memiliki keindahan yang mirip dengan air terjun terkenal di negara Thailand yakni Erawan Falls.

Untuk menuju ke lokasi ambil jalur menuju Terminal Giwangan, lalu lanjut ke arah jalan Imogiri kemudian ke Pasar Dlingo dan pengunjung akan menemukan Dusun Pokoh 1.

Di tempat ini tersedia parkir kendaraan yang di beri tarif Rp. 2000,- untuk sepeda motor dan Rp.10.000,- untuk mobil. kemudian pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun dengan berjalan kaki, tiket masuk wisata Air Terjun LEPO Dlingo sebesar Rp. 2000.

Alamat: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

4. Air Terjun Sri Gethuk

4 Tempat Wisata Air Di Yogyakarta Yang Seru Dan Asik Untuk Berlibur

Foto: http://www.halojogja.com

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pesona air terjun ini menyerupai air terjun Grand Canyon yang berada di utara Arizon Amerika Serikat, lokasinya yang berada di tepi Sungai Oyo pengunjung harus menyelusuri sungai dengan rakit terlebih dahulu.

Di sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah berupa tebing kapur serta pepohonan yang rimbun.

Di sana terdapat bebatuan yang tersusun secara rapi alami dan air sungainya jernih, air terjun Sri Gethuk ini memiliki 3 sumber mata air yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul, ketiga mata air ini berkumpul dan mengalir melalui tebing tinggi hingga membentuk air terjun Sri Gethuk.

Alamat: Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Demikianlah informasi tentang 4 tempat wisata air di Yogyakarta yang layak untuk dikunjungi dan selalu jaga keindahan disekitar objek wisata alam tersebut dengan tidak lupa berhati hati.