Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Cara Membersihkan Wajan Yang Gosong Dan Berkerak

Cara membersihkan wajan – Bagi saya memasak merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, selain hobi memasak saya juga senang sekali mengkreasikan jika ada resep baru langsung di praktekan. Kebetulan anak dan suami lebih senang dan memilih makan masakan di rumah daripada jajan di luar.

Yang menjadi permasalahan yang sering timbul terkadang setelah selesai memasak, ada saja noda makanan menempel, lengket dan tertinggal pada bagian luar panci atau wajan, yang sulit di bersihkan. Apalagi jika masalahnya kita sedang masak dan kelupaaan untuk mematikan kompor.

Sehingga masakan menjadi gosong dan menyebabkan bagian panci atau wajan menjadi berkerak sehingga sulit untuk di bersihkan. Karena kerak di panci dan wajan susah di bersihkan, pasti bunda merasa kesal dan bingung bagaimana cara membersihkan wajan atau panci yang gosong dan berkerak. Nah, jangan khawatir bunda, yuk simak caranya di bawah ini.

Advertisement

5 Cara Membersihkan Wajan Yang Gosong Dan Berkerak

5 Cara Membersihkan Wajan Yang Gosong Dan Berkerak

1. Garam
Selain sebagai bumbu dapur, tenyata garam bisa di manfaatkan sebagai cara membersihkan panci atau wajan yang gosong dan berkerak. Terutama garam yang bertekstur kasar, caranya dengan menaburkan garam pada panci yang gosong, lalu rendam dengan air panas dan cuci menggunakan sabun. Kemudian bisa juga di tambahkan denganĀ  potongan jeruk lemon, lalu gosok kembali dengan spons kasar.

2. Baking Soda
Baking Soda juga efektip membantu menghilangkan kerak pada panci atau wajan gosong, dengan cara menaburkannya langsung di panci atau wajan yang gosong, diamkan dulu, baru kemudian cuci dengan spons dan sabun hingga bersih.

Kemudian rendam panci dan wajan yang gosong menggunakan air panas dan sabun pencuci piring, cara ini dapat membantu kerak gosong yang menempel akan menjadi lembek dan mudah di bersihkan, semakin lama proses merendamnya, semakin banyak pula sisa kerak gosong yang terangkat dengan sendirinya.

3. Minuman bersoda rendah kalori
Coca-cola salah satu minuman bersoda ini, ternyata bisa di manfaatkan sebagai cara membersihkan panci gosong dengan coca-cola. Kandungan asam dari minuman bersoda yang cukup tinggi, dipercaya dapat membantu mengangkat noda gosong yang membandel. Dengan cara semprotkan minuman bersoda pada bagian yang gosong, kemudian tunggu sekitar dua jam, lalu bilas dan bersihkan hingga bersih.

Baca artikel lain: Gampang sekali cara membuat es krim

4. Cuka
Kandungan adam asetat dari cuka dapat berfungsi untuk membersihkan panci atau wajan yang berkerak, caranya sangat mudah hanya dengan siramkan cuka pada bagian panci yang gosong, lalu tunggu beberapa menit agar asam asetatnya bekerja, kemudian cuci area yang gosong tadi menggunakan spons hingga bersih.

5. Jeruk Nipis
Cara membersihkan wajan gosong dengan Irisan jeruk nipis, pertama-tama yang harus bunda lakukan yaitu dengan mendidihkan air terlebih dahulu, kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam air panas tadi.

Setelah itu tuang ke dalam panci yang terdapat keraknya biarkan semalaman. Di pagi hari guncang-guncangkan panci sedikit demi sedikit dan efeknya kerak akan berjatuhan.

Nah, itulah bunda 5 cara membersihkan wajan atau panci yang gosong dan berkerak dan silahkan bunda praktekan di rumah., karena bahan-bahannya mudah di dapat

Leave a Reply