Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Cara Mengatasi Ngantuk di Saat Penting Misalnya Kerja, Rapat dan Belajar

Pengalaman saya ketika sekolah pada jam 12.00 keatas biasanya rasa kantuk menyerang dan kebiasaan itu terbawa ketika sudah kerja ataupun sedang rapat. Rasa ingin tidur tersebut sangat mengganggu karena waktu itu belum tahu cara mengatasi ngantuk di saat penting.

Mungkin bagi pecinta kopi cara menghilangkan ngantuk bisa dengan meminum kopi hitam, tetapi karena tidak suka kopi harus mencari cara lain. Karena konsentrasi akan hilang jika mengantuk apabila mendengarkan guru berbicara, atau atasan sedang memberikan arahan pada rapat.

Untuk menahan ngantuk siang hari di rumah biasanya saya mendengarkan musik yang semangat atau bisa juga dengan berkomunikasi di Whatsapp dengan teman. Tetapi pada saat penting seperti kerja, rapat dan sekolah tidak mungkin melakukan kedua cara tersebut dan yang bisa dilakukan adalah seperti dibawah.

Advertisement

5 Cara Mengatasi Ngantuk di Saat Penting Tanpa Kopi

5 Cara Mengatasi Ngantuk di Saat Penting Misalnya Kerja, Rapat dan Belajar

1. Minum air putih
Dengan mengkomsumsi air putih yang cukup mampu menjaga tubuh kita dari rasa kantuk, karena air putih diikat oleh darah yang berfungsi untuk memberi oksigen pada otak. Apabila kurang minum air jantung akan bekerja lebih keras sehingga menimbulkan kelelahan.

Jadi apabila sedang rapat atau belajar sebaiknya menyediakan air putih yang tentunya tidak akan dilarang oleh guru ataupun pimpinan.

2. Makan permen
Bawalah permen terutama yang memiliki rasa masam atau bisa juga dengan permen karet (tetapi kunyah secara perlahan upaya orang lain tidak tahu). Permen yang rasanya masam akan membuat mata terjaga kemudian dengan mengunyah permen karet otot-otot rahang akan bergerak sehingga otak akan berkonsentrasi mengunyah dan menghilangkan kantuk.

3. Hindari Duduk Bersandar
Untuk mengurangi mengantuk sebaiknya ketika sedang kerja, rapat atau belajar di sekolah sebaiknya duduk dengan tegak atau jangan bersandar. Karena dengan bersandar terlihat kurang sopan jika ada orang yang sedang berbicara selain itu hawa mengantuk akan semakin menjadi.

4. Basuhlah Wajah Denga Air
Disela jeda rapat, atau belajar silahkan meminta izin untuk ke toilet guna membasahi wajah dengan air, karena air dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat merasa ngantuk atau kewalahan. Tidak lupa ketika di toilet lakukan gerakan olahraga ringan sejenak.

5. Menahan Napas
Walaupun efeknya relatif kecil dengan menahan napas selama beberapa detik kemudian tarik napas secara perlahan – lahan akan membantu mengatasi ngantuk untuk beberapa saat. Hal ini dilakukan apabila tidak mendapat izin kelura dari ruangan atau sedang membahas hal krusial.

Tentu saja dari 5 cara mengatasi ngantuk di saat penting tersebut hal yang tidak boleh dilupakan adalah tidur 8 jam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Terkadang rapat terkesan membosankan karena membicarakan hal yang tidak penting dan inilah penyebab mengantuk. Untuk pelajar cara efektif mengatasi ngantuk adalah dengan memotivasi diri misalnya ingin lulus tepat waktu atau ingin mendapat nilai bagus niscaya rasa ngantuk akan hilang.

Leave a Reply