Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended Banget Wajib Di Coba

Berbicara tentang kota Solo, seperti yang kita ketahui bahwa di kota inilah dimana orang nomor satu di Indonesia, yaitu Pak Joko Widodo dilahirkan. Kota Solo atau Surakarta selain terkenal dengan kota batik, banyak juga destinasi wisata budaya dan alam pesona yang menarik dan menjadi favorit wisatawan maupun warga lokal loh!.

Bagi kamu yang ingin berencana liburan ke kota Solo,  jangan lupa untuk mampir mencicipi beragam kuliner khas Solo yang pastinya bikin kamu ketagihan, di setiap sudut kota banyak sekali tempat kuliner yang menjual makanan ringan hingga makanan tradisional yang harus kamu coba.

Saat kamu puas berkeliling berbagai sudut Kota Solo, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Solo yang kekinian untuk keluarga tercinta atau teman kantor, di kota inilah tempat dimana mulai dari aneka makanan khas Solo hingga kerajinan khas bisa dijadikan kenang-kenangan untuk orang terdekat.

Advertisement

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended

1. Sate Buntel

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended Banget Wajib Di Coba

Sumber foto: https://maps.google.com/maps/contrib/108099435792571586612/photos

Sate buntel termasuk kuliner favorit di solo, sate yang dibuat dari daging kambing cincang di bungkus dengan lapisan lemak tipis di bagian luar, lalu dibuntel pada lidi dan kemudian dibakar. Di tambah dengan balutan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan menjadikan rasa Sate buntel ini menjadi sangat gurih.

Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke kota ini menyukai kuliner khas Kota Solo seperti Sate Buntel, bukan hanya para wisatawan dan warga lokal saja, bahkan kabarnya presiden kedua Indonesia, Soeharto, dan Bapak Joko Widodo pun juga termasuk salah satu penggemar Sate Buntel loh!.

Jika kamu penasaran ingin mencoba kuliner satu ini, kamu bisa datang ke Warung sate milik Bu Hj. Bejo, warung ini sudah terkenal di kota Solo. Kedai sate ini berlokasi di Jalan Sungai Sebakung No 10, Kedung Lembu, Pasar Kliwon, Solo.

Selain sate buntel kedai ini juga menyajikan menu lainnya seperti sate, tongseng, gulai, tengkleng, karena kedai ini sangat ramai apalagi jam makan siang, kamu harus sedikit bersabar untuk antri dan bisa menikmati seporsi sate buntel ini.

Alamat: Jl. Sungai Sebakung, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57199
Jam buka : 07.00 – 13.00 WIB
Harga : IDR5.000 – IDR40.000

2. Timlo Sastro

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended Banget Wajib Di Coba

Sumber foto: https://maps.google.com/maps/contrib/110331074889823025576/photos

Kuliner legendaris satu ini juga termasuk dalam daftar kuliner khas Solo yang banyak wisatawan menyukainya, Timlo itu sendiri merupakan sajian makanan berbalut kulit lumpia yang dilipat seperti martabak dan digoreng yang isiannya berupa suwiran dada ayam.

Kuliner ini di lengkapi dengan mie soun, potongan sosis solo, irisan hati ayam, wortel dan irisan telur masak kecap, agar lebih nikmat disiram dengan kuah kaldu panas yang akan menambah selera makan Anda meningkat, apalagi dengan adanya taburan bawang goreng sebagai penambah rasa.

Salah satu kedai timlo terkenal di Solo adalah Timlo Sastro, yang beralamat di Jl. Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121.  Di tempat ini pengunjung bisa memilih paket hemat seharga Rp. 7000 seporsinya atau paket lengkap seharga 18 ribu.

Paket lengkap itu sendiri terdiri dari nasi, ati ampela, telur, dan sosis solo, sementara untuk paket hemat berisi nasi dan kuah timlo saja. Adapun pilihan minuman cukup beragam, mulai dari es stroop, es teh manis, teh manis hangat, susu soda, dan masih banyak lagi.

Alamat : Jl. Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121
Jam buka : 06.00 – 15.30 WIB
Harga : IDR7.000-IDR18.000

3. Tengkleng

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended Banget Wajib Di Coba

Sumber foto: https://maps.google.com/maps/contrib/101097130003672019387/photos

Jika kamu berkunjung ke kota Solo, maka kamu wajib mencoba makanan khas Solo yaitu Tengkleng. Tengkleng merupakan olahan yang mirip dengan gulai, namun makanan ini memiliki kuah yang lebih cair dengan berisi tulang-belulang dengan sedikit daging masih menempel.

Di kota Solo kedai tengkleng paling terkenal adalah Tengkleng Bu Edi, di tempat ini pengunjung akan mendapatkan sajian kepala kambing lengkap dengan tulang-tulangnya. Kuahnya yang gurih, ditambah dengan cabai rawit merah menambah rasa sensasi gurih dan pedas cocok bagi pencinta kuliner yang menyukai makanan pedas.

Tengkleng di sini di sajikan dalam pincuk daun pisang dan dilapisi kertas pembungkus makanan, karena kedai ini sangat ramai pembeli, biasanya pengunjung sudah antri sebelum warung dibuka, jika kamu penasaran dan ingin mencoba nikmatnya tengkleng Bu Edi pastikan datang jam 13.00 sampai 15.00 sore agar tidak kehabisan.

Alamat: Wisata Kuliner Galabo Solo, No.63, Jl. Mayor Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta City, Central Java 57133

Jam buka: 13.00 – 15.00 WIB

Harga: Mulai dari 25,000 IDR perporsi

4. Serabi Notosuman

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended Banget Wajib Di Coba

Sumber foto: https://maps.google.com/maps/contrib/110369292690140005413/photos

Serabi terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan, teksturnya yang kenyal dan lembut serta rasanya sangat legit, meski banyak yang menjual makanan satu ini, namun Serabi Notosuman Beda dengan surabi yang lainnya, karena dihidangkan tanpa kuah manis dan bentuknya lebih tipis.

Surabi Notosuman ini terkenal di Solo, penjualnya bernama  Ny. Lidia, serabi ini berkembang dengan pesat di daerah Notosuman sejak tahun 1926. Jika kamu membeli langsung ke kedai ini, kamu bisa melihat langsung pembuatan surabi dengan tekhnik masih sangat tradisional.

Hanya menggunakan adonan tepung beras yang di aduk dengan santan, jadi Serabi Notosuman hanya bisa tahan selama 24 jam. Serabi Notosuman merupakan oleh-oleh khas Solo yang legendaris, ada dua varian rasa yang bisa kamu coba yaitu rasa original dan rasa coklat, warung ini buka antara pukul lima pagi hingga empat sore.

Alamat: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152

Jam Buka : 05.00-16.00
Harga: Mulai dari 1,800 IDR per buah

5. Selat Solo

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended Banget Wajib Di Coba

Sumber foto: https://maps.google.com/maps/contrib/101681179319147867655/photos

Selat Solo terdiri dari irisan daging seperti steak, telur, potongan buncis, wortel, dan kentang yang dilengkapi dengan kuah semur. Kata ‘selat’ sendiri konon berasal dari lafal Jawa untuk ‘slaatje’, kata Belanda yang berarti dari salad.

Alkisah di zaman penjajahan Belanda, warga pribumi Solo tertarik dengan santapan salad. Namun berhubung lidah orang Jawa kurang berkenan dengan citarasa Eropa, salad lantas dirombak menjadi santapan yang kini dikenal sebagai Selat Solo.

Warung Selat Vien’s terkenal di kota Solo, karena lokasi kedai ini tidak jauh dengan Stasiun Solo Balapan, sehingga memudahlan pengunjung untuk datang ke Warung Selat Vien’s ini. kedai Selat solo ini memiliki banyak keunggulan.

Kuliner solo di sini enak banget, harga seporsi selat di warung ini pun sangat murah, pengunjung juga bisa memesan sup matahari dan hidangan khas Solo lain yang tak kalah enak dan menggoda.

Alamat: Jl. Hasanudin No.99 C, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132

Jam buka : 07.30 – 17.00 WIB
Harga :  IDR15.000.

Demikianlah informasi tentang 5 makanan khas Solo yang recommended jadi sebelum berkunjung Anda sudah mengetahui apa saja kuliner enak yang wajib disantap.