Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

6 Cara Merontokan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

Ada 6 cara merontokan karang gigi sebelum ke dokter seperti kita ketahui karang gigi atau kalkulus gigi merupakan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan tercampur dengan bakteri dalam mulut, akibat tidak di bersihkan, sehingga membentuk plak gigi yang mengeras.

Adanya plak gigi yang terbentuk dari bawah gusi, berpengaruh pada kesehatan gigi yang dapat memicu timbulnya masalah-masalah gigi seperti iritasi pada gusi, gigi akan terlihat kuning dan bau mulut yang kurang sedap yang di sebabkan oleh gigi berlubang.

Bahkan karang gigi yang jarang di bersihkan akan memberi plak area luas untuk berkembang, sehingga dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti peradangan pada gusi yang menyebabkan gusi bengkak dan sakit, selengkapnya cara membersihkan karang gigi bisa dibaca dibawah.

Advertisement

6 Cara Menghilangkan Karang Gigi

1. Kulit jeruk

7 Cara Merontokan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi, yang bisa menghilangkan noda secara alami. Kamu bisa melakukan salah satu cara tradisional ini dengan menggunakan bahan kulit jeruk, untuk membantu menghilangkan karang gigi dengan cepat.

langkah-langkahnya:

  • siapkan 1 buah jeruk ambil kulitnya.
  • Cuci terlebih dahulu kulit jeruk sebelum di gunakan.
  • Kemudian ambil kulit jeruk lalu gosokkan langsung pada area gigi yang terdapat plak, gosok sampai rata.
  • Sesudah di gosok, jangan langsung berkumur tetapi diamkan semalaman agar menyerap.
  • Berkumur pada pagi harinya
  • Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal

2. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

6 Cara Merontokan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

 

Cara menghilangkan karang gigi secara alami yaitu dengan mengkonsumsi sayur dan buah, sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan yang di miliki sayur dan buah juga berperan penting untuk membentuk air liur dalam mulut, yang dapat mencegah timbulnya karang gigi.

Mengkonsumsi keduanya secara rutin, bisa menjaga kesehatan tubuh maupun mulut. Beberapa jenis buah dan sayur yang dapat mencegah karang gigi contohnya buah apel, melon, wortel, dan seledri.

3. Garam

7 Cara Merontokan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

Garam selain di jadikan untuk penyedap masakan, ternyata garam mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Garam bisa di jadikan sebagai obat batuk maupun sakit gigi, bahkan bumbu dapur yang satu ini juga sering di jadikan sebagai cara menghilangkan karang gigi dengan garam.

Karena kandungan sifat antiseptik dan antibakteri yang tinggi di dalam garam, mampu mengurangi inflamasi dan mengurangi rasa sakit.

Bukan hanya itu, khasiat garam juga dapat menyembuhkan radang gusi yang di sebabkan oleh karang gigi.

langkah-langkahnya:

  • Sediakan satu gelas air hangat
  • Campurkanlah garam sebanyak 1 sendok teh ke dalam segelas air
  • Setelah tercampur rata, kemudian berkumur dengan larutan air garam tersebut hingga seluruh area dalam mulut terkena
  • Lakukan cara ini minimal sehari 3 kali

4. Baking soda

7 Cara Merontokan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda terbilang efektif, karena baking soda memiliki sifat basa atau alkali, jika bersentuhan dengan air mampu melunakkan plak atau karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Bukan hanya itu saja, khasiat baking soda juga dapat menghilangkan noda yang membandel seperti noda kuning pada gigi dan bisa membuat gigi menjadi semakin putih caranya dengan membuatnya sebagai pasta gigi.

Baca juga: Cara memerahkan bibir alami

Langkah-langkahnya:

  • Sediakan baking soda, garam dan sikat gigi
  • Campurkan 1 sdt garam dengan 3 sdt baking soda kedalam wadah kemudian aduk hingga tercampur rata.
  • Gunakan campuran bahan tadi pada sikat gigi dan gosok keseluruhan bagian gigi, luar dan dalam
  • Untuk plak gigi yang membandel bisa juga menggunakan kain yang sudah diolesi campuran tadi kemudian gosokkan pada area gigi yang berkerak.
  • kemudian berkumur dengan air bersih

5. Daun sirih

7 Cara Merontokan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

Daun sirih Mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, daun sirih biasa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah.

Pasalnya, banyak yang meyakini bahwa rebusan air daun sirih di percaya dapat mengatasi berbagai masalah pada mulut, seperti gusi berdarah/radang gusi (gingivitis), bau mulut dan membersihkan plak gigi.

Langkah-langkah:

  • Sediakan selembar daun sirih lalu cuci sampai bersih
  • Kemudian rebus dengan air bersih secukupnya hingga mendidih
  • Setelah airnya masih hangat, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur
  • Atau bisa dengan menguyah langsung daun sirih yang di campur dengan bubuk cengkeh
  • Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin pada pagi dan malam sebelum tidur.

6. Mouthwash

7 Cara Merontokan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

Selanjutnya cara menghilangkan karang gigi dengan berkumur menggunakan mouthwash, cara ini menjadi langkah akhir ketika membersihkan gigi. Selain dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, berkumur dengan mouthwash dapat membuat napas lebih segar.

Karena mouthwash termasuk proteksi tambahan yang bisa dilakukan agar kebersihan ekstra, setelah menyikat gigi dan flossing sehingga membersihkan gigi menjadi lebih maksimal

Selain cara diatas bisa dengan menggunakan Dental Flossing atau benang gigi, meski masih jarang orang yang melakukan teknik satu ini, namun kegiatan ini menjadi salah satu langkah yang tepat untuk membersihkan sisa makanan yang masih tersangkut di celah gusi dan gigi.

Untuk melakukan Dental Flossing atau benang gigi dianjurkan ketika usai menyikat gigi, agar lebih mudah ketika membersihkan sisa makanan menempel dan mencegah gigi berlubang.

Penyebab karang gigi

  • Kurangnya menjaga kebersihan pada gigi dan mulut, contohnya jarang menggosok gigi sesudah makan dapat menjadi penyebab timbulnya karang gigi
  • kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu seperti makanan yang manis-manis contohnya permen, coklat dan minuman berkafein, kopi dan juga teh dapat memicu timbulnya karang gigi
  • Penyebab adanya karang gigi yang paling umum yaitu sisa makanan yang sudah tertinggal cukup lama, dan di biarkan begitu saja menempel di sela gigi dan gusi. Sisa makanan tersebut tidak segera di bersihkan akan bercampur bersama bakteri pada mulut, kemudian mengalami pembusukan dan terbentuklah plak atau karang gigi yang bertekstur keras.
  • Cara menyikat gigi yang salah juga bisa menimbulkan karang gigi, karena dengan menyikat gigi yang salah sisa-sisa makanan di mulut tidak bersih secara sempurna, sehingga masih ada sedikit sisa makanan di sela-sela gigi yang menjadi faktor plak gigi.
  • Selain makanan kebiasaan merokok juga dapat memicu timbulnya karang gigi.

Nah apabila semua cara merontokan karang gigi diatas belum berhasil silahkan mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penangan lebih lanjut. Namun biasanya apabila karang gigi belum terlalu parah akan lepas sendiri suatu saat misalnya setelah gosok gigi

Leave a Reply