Apa Itu File PDF – Bagaimana Cara Membuat Dan Membuka File PDF?

PDF atau Portable Document Format adalah salah satu format file dengan ektensi .PDF yang dikembangkan oleh Adobe Systems pada awal tahun 1990 dengan tujuan memudahkan pengguna berbagi dokumen walau menggunakan platform OS yang berbeda.

Awal diperkenalkan pada tahun 1993, masih sedikit orang yang menggunakan PDF karena waktu itu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat file PDF yaitu Adobe Acrobat dan software untuk membaca yaitu Adobe Reader belum tersedia secara gratis.

Namun setelah Adobe membebaskan siapaun untuk mengembangkan aplikasi untuk membuat dan membaca file PDF, popularitasnya semakin meningkat dan semakin banyak orang yang menggunakannya sampai hari ini.

Biasanya orang menggunakan PDF untuk membuat ebook, selain Adobe membebaskan orang untuk mengembangkan aplikasi pembuat maupun pembaca file PDF.

Yang membuatnya menjadi sangat populer dan banyak digunakan orang karena file berektensi .PDF tidak tergantung pada satu software.

Maksudnya kita bisa membuat dan membuka  menggunakan berbagai software selama itu merupakan PDF Reader, berbeda dengan Microsoft Office misalnya word dimana untuk membuat dan membukanya kita harus menggunakan aplikasi MS Office juga dan inilah salah satu alasan kenapa PDF hadir yaitu untuk mempermudah orang berbagi atau membuka dokumen tanpa tergantung dengan Hardware, perangkat lunak dan OS tertentu.

Bagaimana Cara Membuka File PDF

Untuk membuka sebuah dokumen dalam format PDF kita membutuhkan software PDF Reader dan yang sangat populer saat ini adalah Adobe Reader, walaupun masih ada banyak alternatif lain yang memiliki fitur tambahan seperti Foxit Reader yang dapat digunakan untuk convert word ke PDF, PDF X-Change Viewer yang dapat digunakan untuk memberi password.

Pada umumnya aplikasi untuk membuka PDF memiliki ukuran file yang cukup besar karena hadir dengan berbagai fitur yang mungkin tidak kita butuhkan, oleh karena itu jika anda mencari yang ringan dan tidak terlalu menghabiskan ruang hard disk PC maka salah satu software yang layak dicoba adalah Sumatra PDF.

Saat ini tidak hanya dengan PDF Reader kita bisa membaca dokumen dalam format PDF tetapi masih banyak cara lain sehingga kita tidak membutuhkan software tambahan, misalnya membuka menggunakan web browser seperti Google Chrome, baca juga kumpulan software untuk membuka file pdf

Bagaimana Cara Membuat File PDF

Ada banyak opsi yang bisa kita pilih saat akan membuat file PDF, bagi pengguna Microsoft Office 2010 kita bisa langsung membuat dari Office dengan menyimpan sebagai PDF, sedangkan bagi pengguna Office 2007 membutuhkan add-in Microsoft Save as PDF or XPS terlebih dahulu sebelum dapat menyimpan excel, powerpoint, word ke PDF yang bisa diunduh langsung dari situs resmi Microsoft.

Cara lainnya kita bisa menggunakan aplikasi PDF Converter baik online maupun offline. Ada banyak situs yang menyediakan layanan ini seperti smallpdf dan lainnya yang dapat digunakan secara gratis dan mudah. Kita hanya perlu upload dokumen yang ingin dijadikan PDF kemudian convert dan setelah selesai bisa langsung kita download file hasilnya.

Selain menggunakan tool online, ada banyak aplikasi lain yang bisa kita gunakan saat ingin membuat file PDF diantaranya adalah doPDF, PrimoPDF, PDF24 Creator. Foxit Reader dan masih banyak lagi yang secara lengkap bisa anda baca di Kumpulan Cara Untuk Membuat File PDF.

Bagaimana Edit File PDF

Yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Profesional, sayangnya software ini tidak gratis alias berbayar dan harga lisensinya pun tidak murah terutama buat pengguna pribadi, lain halnya jika untuk penggunaan di kantor walau cukup mahal tetapi aplikasi ini memiliki banyak fitur handal yang dibutuhakan untuk mengelola file PDF dengan mudah.

Alternatif lain kita bisa convert terlebih dahulu ke format lain misalnya word kemudian kita edit mengunakan MS Office, LibereOffice lalu simpan lagi sebagai PDF.

Selain itu bagi anda yang memiliki aplikasi MS Office 2013 ketas maka sudah bisa langsung mengedit menggunakan Microsoft Word misalnya, cukup buka file yang ingin diedit kemudian nanti Office akan mengkonversi terlebih dahulu ke word dan selanjutnya kita bisa lakukan modifikasi atau pengeditan, setelah selesai kita save lagi menjadi PDF. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca cara edit file pdf.

Bagaimana Mengamankan File PDF

Salah satu kelebihan file PDF selain bisa dibuka di berbagai platform tanpa ada perubahan tampilan baik PC dengan OS Windows, Mac, Linux maupun smartphone seperti Android adalah dapat dibuat menjadi lebih aman yaitu mengunci dengan password atau dibuat hanya read only sehingga hanya dapat dibaca tanpa bisa dimodifikasi bahkan dicopy dan print.

Ada banyak opsi yang bisa kita pilih saat ingin mengamankan file PDF sehingga tidak bisa dicopy atau dicetak bahkan diberi password menggunakan PDF Xchange Viewer, atau PDFProtect! dan masih banyak lagi. Lebih lengkap silahkan baca cara mengunci file PDF. Referensi : Portable Document Format

Featured image :By أحمد (Own work) [CC0], via Wikimedia Commons

Latest Comments
  1. aep kastaman June 21, 2016