Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apa Penyebab Gigi Terasa Ngilu Berkepanjangan Ketika Makan

Ketika makan gigi ngilu akan membuat rasa kesal apalagi makanan yang kita santap merupakan makanan kesukaan. Bisanya ngilu gigi akan lama untuk sembuh sehingga akan mengganggu pola makan, lalu apa penyebab gigi terasa ngilu berkepanjangan tersebut?.

Rasa ngilu pada gigi akan dirasakan pada saat gusi menyusut dan makanan tersebut menyentuh lapisan dentin. Dentin adalah zat antara email (zat di mahkota) atau semen (zat di akar) dari gigi dan ruang pulpa. Kemudian dentin tersebut akan terhubung ke pusat saraf gigi.

Akibatnya ketika seseorang makan makanan yang pedas, manis, asam, panas atau minuman dingin akan menyentuh saraf yang menyebabkan gigi nyeri. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan gigi ngilu dan hanya meredakan sementara karena jika khasiat obat hilang gigi akan terasa ngilu kembali.

Advertisement

Umumnya lapisan enamel rusak karena cara membersihkan/menyikat gigi yang salah, untuk itu daripada mengalami gigi nyeri ketika makan atau minuman tertentu sebaiknya mengetahui bagaimana pencegahanya.

Cara menghindari Gigi Terasa Ngilu Ketika Makan

Apa Penyebab Gigi Terasa Ngilu Berkepanjangan Ketika Makan

1. Sikat gigi dengan benar

Jangan menyikat gigi dengan keras karena akan membuat permukaan luar gigi atau enamel menipis, inilah awal gigi menjadi ngilu atau sensitif. Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah kurang lebih selama 20 detik dan posisi bulu sikat membetuk 45 derajat.

2. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus

Sikat gigi tidak perlu mahal asal memiliki bulu sikat yang halus agar bagian gusi tidak kendur seperti bila menggunakan bulu sikat yang keras sehingga dapat memicu gigi ngilu.

3. Menyikat gigi sebanyak dua kali sehari

Apabila jarang menyikat gigi maka akan muncul timbunan plak gigi yang akan mengakibatkan gigi rusak seperti berlubang. Sehingga akan membuat gigi nyeri ketika ada makanan yang masuk pada gigi berlubang tersebut untuk lakukan sikat gigi dua kali sehari.

4. Bijak menggunakan obat pemutih gigi

Akibat ingin mendapatkan gigi putih secara instant orang lebih memilih menggunakan pemutih gigi tanpa mengetahui kandungannya karena jika dilakukan dalam jangka waktu lama dapat mengikis enamel gigi dan merusak jaringan gusi yang akibatnya akan menyebabkan gigi ngilu berkeoanjangan.

Makanan dan minuman yang dapat membuat gigi ngilu

Apa Penyebab Gigi Terasa Ngilu Berkepanjangan Ketika Makan

Siapa sih yang tidak suka kue kue manis asal jangan terlalu banyak tidak akan bermasalah tetapi jika Anda sering mengalami gigi ngilu sebaiknya hindari kue manis, es krim atau permen. Selain itu kurangi makanan yang mengandung tepung seperti pasta dan roti.

Karena jika malas membersihkan gigi makanan yang mengandung pati tersebut akan menempel pada gigi dan bakteri pun datang untuk membuat gigi berlubang. Akibatnya gigi akan snut snut ketika makanan masuk ke gigi yang bolong tersebut.

Ketika cuaca panas memang segar mengkomsumsi minuman dingin dengan rasa asam seperti jus jeruk, tomat tetapi sebaiknya dikurangi karena minuman tersebut dapat merusak enamel gigi. Tidak terkecuali teh dan kopi atau minuman berkarbonasi.

Demikianlah informasi mengenai penyebab gigi terasa ngilu berkepanjangan ketika makan, jika tidak kunjung membaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi merupakan cara yang paling tepat untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply