Bagaimana Cara Membuat File PDF?

Membuat file PDF dapat dilakukan dengan beberapa cara dan kali ini lindati.com akan memberikan contoh beberapa aplikasi maupun layanan online yang dapat kita gunakan untuk membuat atau convert file menjadi PDF dengan mudah.

Semoga artikel kali ini bisa membantu anda yang ingin mengubah berbagai file menjadi PDF misal dari Microsoft Word, Excel, gambar (JPG, PNG, BMP) maupun hasil scan.

Kumpulan Cara Membuat File PDF

Seperti kami sebutkan diatas, ada banyak cara yang bisa kita pilih saat ingin membuat file pdf baik langsung maupun mengubah dari berbagai jenis format file lain, dan berikut detailnya.

#1 – Menggunakan Virtual Printer

Menggunakan Virtual Printer

Sesuai dengan namanya virtual, artinya memang bukan berupa printer biasa yang secara fisik terlihat. Cara pertama ini dapat digunakan saat kita ingin membuat file pdf dari gambar, hasil scan, MS Word, MS Excel dan semua jenis file lain yang dapat dicetak atau print. Penggunaanya sangat mudah, namun jika anda belum pernah mencobanya silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.

  1. Download dan install PDF Creator dari pdfforge.org
  2. Kemudian buka file yang akan kita convert menjadi PDF, misal jika berupa gambar silahkan buka dengan Windows Photo Viewer sedangkan jika berupa MS Word, Excel bisa dibuka dengan Microsoft Office.
  3. Setelah terbuka, tekan CTRL + P atau Print kemudian pada bagian printer pilih PDFCreator.Pada contoh berikut, kami mengunakan hasil scan (KTP) untuk diubah menjadi PDF
    Kumpulan Cara Membuat File PDF
  4. Akan terbuka menu utama software PDF Creator dan untuk membuat file tersebut menjadi PDF, klik Save.

    PDFCreator

    PDFCreator © pdfforge.org

  5. Terakhir beri nama dan klik Save lagi untuk menyimpan. Selesai.

Software PDF Creator gratis ini memiliki beberapa kelebihan selain dapat digunakan untuk membuat file pdf, misalnya dapat digunakan untuk mengamankan file pdf dengan password atau membuatnya hanya bisa dibaca tanpa bisa dicetak atau copy.

Jika anda ingin file PDF yang dihasilkan lebih aman atau hanya bisa dibuka dengan password atau agar tidak bisa diedit caranya sebelum Save, klik Settings lalu Pilih Menu PDF lalu pilih Tab Security lalu centang Encrypt PDF documents to protect its contents, lalu Save.

Encrypt PDF documents to protect its contents

PDFCreator © pdfforge.org

#2 – Menggunakan Aplikasi PDF Reader

Beberapa aplikasi PDF Reader tidak hanya dapat digunakan untuk membaca file PDF tetapi berfungsi juga sebagai PDF Creator, dan salah satu yang terbaik untuk dicoba saat ini adalah Nitro Reader 3 dan berikut adala caranya.

  1. Unduh lalu install aplikasi Nitro Reader 3, silahkan baca artikel ini untuk mendapatkan link download.
  2. Jalankan lalu pilih Create From File lalu silahkan cari file yang ingin diubah menjadi PDF dengan cara klik tombol Browse.Nitro Reader 3
  3. Setelah dipilih, terakhir klik tombol Create dan tunggu sampai proses selesai.

#4 – Menggunakan Layanan PDF Converter Online

Jika tidak ingin menginstall software tambahan maka layanan online adalah jawaban yang paling tepat, dan saat ini ada banyak situs yang bisa kita pilih salah satunya adalah online2pdf.com, dan berikut langkah-langkahnya.

Online PDF-Converter

  1. Kunjungi halaman online2pdf.com
  2. Lalu klik Browse untuk mengupload file yang akan kita jadikan sebagai PDF, bisa satu atau banyak file.
  3. Kemudian silahkan lakukan pengaturan yang diperlukan, misal jika ingin memproteksi PDF agar tidak bisa dicopy atau ingin diberi password maka pilih tab Protection lalu centang pengaturan yang diinginkan.
  4. Terakhir klik Convert lalu tunggu sampai selesai dan file yang dihasilkan bisa langsung anda download.

#5 – Menggunakan Foxit Reader

Cara lain yang bisa kita pilih saat ingin membuat file pdf adalah dengan Foxit Reader, misal kamu punya gambar JPG hasil scan entah itu KTP, Ijazah, Kartu Keluarga dan lainnya kemudian ingin diubah menjadi file PDF maka caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka windows explorer kemudian cari file gambar / dokumen yang ingin dijadikan sebagai pdf.
  2. Setelah itu klik kanan kemudian pilih Convert to PDF in Foxit Reader.Convert to PDF in Foxit Reader
  3. Kemudian akan terbuka aplikasi Foxit Reader, lalu Save dan beri nama file tersebut untuk menyimpan sebagai PDF

Jika belum punya aplikasi Foxit Reader silahkan unduh dari link ini.

Selain dengan 5 cara diatas kita juga bisa membuat file PDF menggunakan Microsoft Word dan jika diperhatikan semua metode yang kami jelaskan diatas adalah mengubah bukan membuat dari file kosong seperti saat kita akan membuat dokumen di MS Office.

Ini karena saat ini cara paling mudah saat akan membuat file PDF adalah dengan cara convert dari file yang sudah ada, walaupun sebenarnya kita bisa saja membuat langsung menggunakan Foxit Reader 7 namun kelemahannya cara ini sangat sulit terutama jika file pdf yang akan kita buat memiliki gambar atau tabel, begitu juga jika kita pilih Adobe Acrobat PRO, software berbayar ini hanya menyediakan fitur create from file yang artinya sama saja dengan 4 metode diatas.