Bagaimana Cara Membuka File PDF di MS Word?

Bagaimana cara membuka file PDF di Microsoft Word? tanya teman saya tadi pagi, jawabannya mudah karena sebetulnya ada dua cara untuk buka pdf di word tergantung dari versi MS Office yang kita gunakan.

Jika kamu menggunakan Office versi 2010 kebawah maka kamu tidak bisa secara langsung membuka file PDF artinya harus diconvert terlebih dahulu ke Word. Sedangkan jika sudah menggunakan MS Office 2013-2016 maka tidak perlu repot lagi karena aplikasi ini sudah bisa langsung membaca file PDF walau sebelumnya tetap saja akan diconvert terlebih dahulu.

Jadi sebelum melanjutkan menjawab cara buka PDF di Word kamu harus tahu dulu apa tujuannya? jika hanya ingin membaca sebaiknya gunakanlah aplikasi PDF Reader atau jika tidak punya maka bisa menggunakan web browser seperti Firefox atau Google Chrome untuk membaca file PDF tersebut.

Sedangkan jika tujuannya untuk mengedit maka cara yang paling mudah adalah dengan convert pdf ke word terlebih dahulu baru file hasilnya kamu buka pakai MS Word.

Cara Membuka File PDF di MS Word

Seperti saya jelaskan diatas sebetulnya membuka pdf di Word merupakan hal yang sulit atau boleh dibilang tidak bisa karena walau kita buka tetapi akan diconvert terlebih dahulu menjadi MS Word namun jika masih penasaran berikut adalah langkahnya.

1 – Membuka PDF di MS Office 2013-2016

Jalankan aplikasi MS Word kemudian pilih Menu FileOpen. Cari dokumen PDF yang ingin dibuka setelah itu klik Open.

Kemudian akan muncul pertanyaan yang intinya menanyakan dokumen tersebut akan diconvert ke editable Word Document lalu pilih OK untuk melanjutkan.

Tunggu sampai proses convert selesai dan nanti file PDF tersebut akan berubah menjadi Word sehingga bisa diedit.

2 – Membuka File PDF Di MS Word 2003, 2007, 2010

Seperti saya sebutkan diatas untuk versi Office 2010 kebawah belum bisa digunakan untuk membuka file PDF secara langsung oleh karena itu kita harus ubah file PDF tersebut ke word terlebih dahulu baru hasilnya yang sudah berubah menjadi format doc/docx kita buka dengan MS Word. Jika belum tahu caranya silahkan baca artikel ini.

Kesimpulan

Untuk membuka PDF di Word boleh dibilang tidak bisa artinya walau kita sudah pakai Office 2013-2016 tetap saja saat dibuka akan diubah terlebih dahulu menjadi dokumen word bukan lagi dalam format PDF.

Jadi sekali lagi sebelum berfikir ingin membuka dokumen PDF di aplikasi MS Word sebaiknya kita tahu dulu apa tujuannya.

Jika ingin bisa diedit maka langsung saja ubah terlebih dahulu dari PDF ke Word baru file yang sudah berubah menjadi dokumen (doc/docx) tersebut diedit kemudian disimpan lagi sebagai PDF.

Referensi :

  1. Edit PDF content in Word – Microsoft
  2. Can’t open a PDF file anymore

Latest Comments
  1. Anisa AE May 5, 2016