Beberapa Cara Mengubah JPG Menjadi File PDF

Ada banyak cara untuk mengubah JPG menjadi PDF online tanpa software maupun offline tinggal pilih saja cara mana yang paling mudah untuk kita.

Mungkin kamu pernah scan ijazah, KTP dan lainnya tetapi hasilnya dalam bentuk file JPG atau gambar kemudian karena suatu keperluan misalnya untuk lamaran kerja yang dikirim lewat email kita diminta mengirim dalam format PDF oleh karena itulah proses convert diperlukan.

Cara ini adalah yang termudah karena tidak membutuhkan software tambahan dan bisa dilakukan dari HP Android maupun komputer, hanya perlu koneksi internet yang stabil karena file gambar harus kita upload kemudian convert lalu download lagi.

Convert File JPG Ke PDF Online

Ada banyak situs yang menyediakan layanan jpg to pdf, kita tinggal cari di Google dengan kata kunci JPG to PDF converter online maka akan muncul banyak situs yang bisa kita pilih.

Berikut adalah contoh cara mengkonversi file gambar hasil scan dalam hal ini KTP menjadi PDF secara online.

  1. Buka halaman http://smallpdf.com/jpg-to-pdf
  2. Cari file JPG yang ingin diubah dengan cara klik Choose file atau drag and drop langsung dari Windows explorer.
  3. Setelah selesai ter-upload, kamu bisa menambahkan file lagi dengan cara klik Add more images.
  4. Silahkan sesuaikan ukuran kertas yang diinginkan, misal A4 atau letter dan jika sudah selesai klik Convert PDF Now.Beberapa Cara Mengubah JPG Menjadi File PDF
  5. Terakhir langsung upload ke Google Drive maupun DropBox atau unduh ke komputer dengan cara klik tombol Download file now.

Pemilihan smallpdf karena setelah situs ini cukup mudah digunakan, dan bisa digunakan untuk mengubah banyak file sekaligus. Kita hanya perlu upload dengan cara mencari file dari komputer kemudian drag and drop lalu convert.

Selain itu smallpdf.com juga menyediakan fitur untuk mengambil file dari DropBox dan Google Drive jadi jika gambar yang ingin diubah ada di DropBox atau Google Drive kita tidak perlu download terlebih dahulu ke PC tetapi bisa langsung di convert.

Masih ada banyak situs lain yang bisa dipilih dan lain kali akan kami buatkan daftar lengkapnya.

Cara Mengubah JPG Menjadi File PDF Offline

Untuk metode offline atau dengan software tambahan ada banyak sekali pilihan yang bisa kita ambil tergantung kebutuhan, beberapa software yang bisa digunakan diantaranya Foxit Reader, Adobe Acrobat PRO, virtual printer seperti PrimoPDF dan masih banyak lagi. Berikut beberapa cara yang bisa dipilih.

1 – Menggunakan PrimoPDF

  • Download lalu install software PrimoPDF, untuk mengunduh bisa dari www.primopdf.com
  • Cari file gambar yang ingin dirubah lalu klik kanan dan buka dalam Windows Photo Viewer.
  • Pilih Menu Print (CTRL +P), silahkan sesuaikan ukuran kertas kemudian klik Print.Cara Mengubah JPG Menjadi File PDF Offline
  • Akan terbuka aplikasi PrimoPDF lalu pilih Create PDF, berinama dan klik Save.

Tips : Agar ukuran gambar bisa pas di kertas yang kita pilih buang centang Fit picture to frame.

Gratis dan mudah digunakan bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang membutuhkan aplikasi untuk mengubah berbagai format file menjadi PDF, karena akan berfungsi sebagai virtual printer maka software primopdf dapat digunakan untuk convert file ke PDF selama file tersebut dapat dicetak atau print.

2 – Menggunakan Foxit Reader

Walau fungsinya sebagai software untuk membaca dokumen PDF tetapi aplikasi ini memiliki fitur cukup menarik yaitu convert to PDF dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Download dan install Foxit Reader jika belum terpasang di PC.
  2. Buka windows explorer lalu klik kanan pada gambar yang ingin dirubah, pilih Convert to pdf in Foxit Reader.Convert to pdf in Foxit Reader
  3. Terakhir setelah terbuka Foxit Reader, klik Save lalu beri nama dan Save.

3 – Menggunakan Adobe Acrobat PRO

Bagi kamu yang memiliki aplikasi Adobe Acrobat PRO (berbayar) berikut adalah langkah-langkah untuk merubah gambar menjadi file PDF.

  1. Buka Adobe Acrobat PRO.
  2. Pilih Menu File – Create PDF From File kemudian silahakan cari gambar atau hasil scan yang ingin kamu convert.Menggunakan Adobe Acrobat PRO
  3. Terakhir, pilih Save kemudian beri nama lalu Save lagi.

Tips : Jika ingin mengubah banyak gambar sekaligus banyak menjadi PDF dengan Adobe Acrobat PRO, caranya pilih Menu Create lalu Combine Files into a Single PDF.

Lalu tambahkan file yang ingin diubah dengan cara drag and drop atau klik Add file setelah semua ditambahkan terakhir klik tombol Combine Files. Cara ini mirip dengan saat akan mengabungkan file PDF menjadi satu.

Perlu dicatat, agar hasilnya bagus sebaiknya sebelum melakukan convert dari JPG ke PDF sesuaikan dulu ukuran gambar yang akan diubah tersebut, maksudnya resize width dan height agar ukurannya proporsional.

Kesimpulan :

  1. Jika ingin mengubah banyak file sekaligus menjadi satu maka pilihannya adalah smallpdf atau Adobe Acrobat PRO.
  2. PrimoPDF ukurannya cukup kecil yaitu sekitar 6MB tetapi saat akan convert langkahnya lebih panjang jika dibandingkan menggunakan Foxit Reader.

Itulah kumpulan cara untuk mengubah file JPG termasuk hasil scan menjadi PDF, silahakan pilih metode mana yang paling kamu sukai, tetapi khusus untuk Adobe Acrobat PRO tentu saja syaratnya kamu harus memiliki lisensi sebelum dapat menggunakannya.