Begini Cara Membuat Barcode Online Sendiri Gratis

Jika kalian pernah berbelanja produk di mall, swalayan atau minimarket terkadang ada beberapa produk yang memiliki barcode berupa pola atau garis tertentu. Tentu saja barcode itu berisi informasi seperti harga dan data mengenai barang yang dijual.

Sehingga kasir tidak perlu repot entri harga secara manual, karena cukup mendekatkan barcode produk ke alat barcode reader harga akan muncul. Ternyata kita juga dapat mengikuti cara tersebut yaitu dengan cara membuat barcode online sndiri gratis. Bahkan Blackberry messenger menggunakan barcode untuk invite teman selain menggunakan PIN

Untuk membuat barcode sangat mudah karena banyak sekali terdapat barcode generator yang dapat digunakan free alias gratis. Contohnya Kaywa qr code (http://qrcode.kaywa.com/) atau https://www.barcodesinc.com dan masih banyak lagi.

Baiklah langsung saja kali ini saya ingin menggunakan situs pembuat barcode online sendiri yaitu barcodesinc.com. Bagi yang belum tahu silahkan mengikuti cara dibawah ini dengan tipe barcode QR

Begini Cara Membuat Barcode Online

1. Silahkan buka situs https://www.barcodesinc.com kemudian masukan data yang ingin diinput pada barcode batang tersebut jika sudah lalu klik Create QR Code, seperti gambar dibawah.

Begini Cara Membuat Barcode Online Sendiri Gratis

2. Setelah selesai kemudian simpan barcode dengan cara save image as.

Begini Cara Membuat Barcode Online Sendiri Gratis

Proses pembuatan barcode pun telah selesai, lalu bagaimana cara membaca barcode? tenang ada banyak situs penyedia barcode reader yang dapat digunakan secara cuma cuma. Salah satunya yaitu inlite.com dan untuk penggunaanya silahkan disimah dibwah.

Cara membaca barcode QR

Silahkan buka alamat situs https://online-barcode-reader.inliteresearch.com/, kemudian pilih QR code (dicentang) seperti pada poin no 1. Lalu pilih image file barcode yang akan dibaca dengan cara Browse > open dan terakhir klik read.

Begini Cara Membuat Barcode Online Sendiri Gratis

Inilah hasil barcode batang yang diawal ditulis semua tertera situs ini yaitu

lindati.com lagi nyoba barcode gratis semoga bisa dicoba test satu dua tiga empat dan seterusnya

Begini Cara Membuat Barcode Online Sendiri Gratis

Pada dasarnya barcode ada dua jenis yaitu Kode Produk Universal / Universal Product Code dan International Standard Book Number (ISBN).Kelebihan barcode yaitu keamanan data lebih terjamin karena data hanya dapat dibaca oleh barcode reader saja.

baca juga: pdf reader

Itulah cara membuat barcode online sendiri dengan mudah, jika kalian membuatnya bukan untuk kepentingan bisnis bisa juga untuk menyimpan data yang bersifat rahasia sehingga orang lain tidak langsung dapat membacanya.

Advertisement

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D