Begini Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Jika Daftar Online/Telepon

Setelah daftar BPJS lewat telepon nanti calon peserta diharuskan membayar iuran pertama sebagai salah satu syarat untuk cetak kartu BPJS yang dapat dilakukan melalui mesin ATM atau teller Mandiri BRI, dan BNI. Tetapi bisa juga pembayaran BPJS lewat Indomaret atau Alfamart, dan kebetulan saya memilih Indomaret.

Tentu saja untuk bayar BPJS terlebih dahulu memiliki virtual account yang didapat ketika membuat BPJS kesehatan online yaitu daftar melalui website resmi. Lindati mendapat nomer virtual tersebut dari petugas call center ketika mendaftar jaminan BPJS lewat telepon. Setelah daftar diberikan waktu paling lambat 14 hari untuk membayar sesuai kelas yang dinginkan.

Cara mencetak kartu BPJS jika mendaftar secara online/telepon sangat mudah karena sebenarnya setelah melakukan pembayaran kartu BPJS akan dikirim ke alamat si pendaftar oleh petugas kantor POS dalam jangka waktu 10 hari atau datang langsung ke kantor BPJS.

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Begini Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Jika Daftar Online/Telepon

Jika kartu BPJS tidak akan digunakan dalam waktu dekat atau memiliki kesibukan pendaftar dapat menunggu petugas POS yang akan mengantarkan kartu BPJS kesehatan yang sudah tercetak. Tetapi apabila ingin digunakan secepatnya datang saja ke kantor pelayanan BPJS seperti pengalaman lindati.com dibawah ini.

  1. Datang lebih awal supaya tidak terlalu antri, karena banyak juga masyarakat yang membuat BPJS kesehatan langsung atau offline.
  2. Bawa struk pembayaran BPJS dari Indomaret.
  3. Petugas akan mencetak kartu BPJS sementara tetapi bisa digunakan.

Kartu sementara tersebut nanti dapat diganti dengan kartu asli, tetapi lindati lupa bertanya kapan bisa ditukar. Karena alasan jika kartu dikirim via POS kwatir tidak sampai tepat waktu akhirnya petugas langsung memberikan kartu yang sudah dicetak atau bukan kartu sementara.

Lalu bagaimana jika kartu BPJS belum sampai ke rumah? menurut petugas datang saja ke kantor BPJS untuk dengan menunjukan bahwa telah lewat 10 hari dari pembayaran BPJS pertama tetapi kartu tidak datang juga.

Persyaratan cetak kartu BPJS kesehatan yang daftar online adalah cukup membawa bukti pembayaran sehingga tidak perlu fotocopy KK, eKTP atau membawa buku tabungan. Oh iya bagi yang belum tahu biaya administrasi bayar BPJS di Indomaret yaitu sebesar 2.500.

Itulah cara mencetak kartu BPJS kesehatan apabila daftar online atau daftar lewat telepon, semoga bermanfaat silahkan bagikan juga tulisan ini agar orang lain mengetahui caranya.

Advertisement

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D