Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Begini Tips Aman Mengendarai Motor Ketika Musim Hujan

Memasuki bulan Desember itu berarti sudah memasuki musim penghujan yang hampir merata di semua wilayah Indonesia. Dan kita harus berhati hati baik dari fenomena alam seperti banjir, tanah longsor dll begitupun dalam hal berkendara terutama bagi pengguna kendaraan roda dua.

Alasannya dibanding mobil pengendara motor memiliki resiko lebih besar seperti tergelincir yang bisa saja menyebabkan kecelakaan fatal. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai tips aman mengendarai motor ketika musim hujan.

Karena meski musim hujan tiba aktivitas harus berjalan apalagi yang memiliki rutinitas kerja diluar rumah, atau bisa juga Anda akan bepergian yang sangat penting sehingga walau hujan turun harus tetap berangkat. Dibawah ada beberapa tips aman berkendara (motor) saat hujan.

Advertisement

Tips Aman Mengendarai Motor Ketika Musim Hujan

Tips Aman Mengendarai Motor Ketika Musim Hujan

Gunakan perlengkapan naik motor sesuai berstandar

Sebelum menstarter motor Anda sebaiknya pastikan telah menggunakan perlengkapan standar apalagi saat hujan gunakanlah jaket, jas hujan,  sarung tangan, sepatu anti air dan tidak lupa helm. Untuk jaket dapat memilih dengan bahan kulit supaya menghangatkan tubuh.

Jika tidak memiliki sepatu anti air, Anda juga dapat menggunakan jas hujan sepatu dengan tujuan sepatu tetap kering ditempat tujuan. Sementara untuk helm pilihlah yang memiliki kaca anti kabut yang bertujuan agar pandangan atau visibilitas tetap jelas terutama ketika malam hari dan hujan.

Periksa kondisi fisik motor

Biasanya kita menyepelekan tekanan ban tetapi hal ini bisa berakibat fatal karena ban dengan tekanan udara rendah/kempes dan yang terlalu keras bisa membuat laju motor tidak stabil apalagi saat hujan.

Selain itu periksa alur ban apakah dapat menyapu genangan air atau sudah harus diganti, dengan kondosi alur ban yang masih baik akan menghindari motor Anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip).

Kemudian cek kembali komponen motor lain seperti lampu dekat dan jauh, lampu sein yang sangat berguna ketika hujan karena pandangan terbatas apalagi di daerah puncak. Periksa rem apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, dan dalam meggunakan rem terutama untuk pemula jangan langsung mengerem secara penuh karena dapat membuat motor terjatuh.

Yang tidak kalah penting periksa busi motor untuk mengantisipasi genangan air yang tinggi atau banjir, biasanya penyebab motor mati waktu hujan karena busi terkena air. Untuk itu busi dapat diberikan isolatif supaya tidak ada rongga untuk air masuk.

Berkendara dengan benar

Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan sebaiknya perhatikan atitude dalam berkendara baik motor ataupun mobil. Jangan memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi apapun alasanya entah itu dikejar waktu atau apapun karena kondisi aspal pasti licin.

Ketika mendahului perhatikan apakah dibelakang tidak ada kendaraan lain yang ingin menyalip, jika ada tunggu sampai kendaraan lain lewat. Kemudian perhatikan didepan apakah ada space untuk mendahului jika tidak sebaiknya urungkan.

Walaupun tips aman mengendarai motor ketika musim hujan diatas tidak sepenuhnya menghilangkan resiko terhadap hal yang tidak diinginkan tetapi setidaknya Anda sudah dalam posisi yang benar. Karena yang namanya di jalan Anda juga bergantung kepada ketertiban dan kehati hatian pengendara lain.

One Response

  1. Larasati Neisia January 8, 2019 Reply

Leave a Reply