Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berwisata Ke Kawah Sikidang Dieng Yang Sedang Viral

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah aktif di dataran Tinggi Dieng, bedanya dengan kawah aktif lainya yang letaknya di puncak gunung, justru letak kawah Sikidang berada di tanah yang datar sehingga sangat mudah di jangkau oleh wisatawan.

Kawah ini termasuk obyek wisata yang banyak di minati pengunjung di antara kawah-kawah lainnya di Dieng, Kawah Sikidang terkenal dengan fenomena alamnya yaitu kolam kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas.

Selain itu keunikan kawah Sikidang adalah adanaya lumpur panas meletup-letup, gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara, benar-benar menarik perhatian. Pengunjung juga bisa menyaksikan aktivitas vulkanik yang dengan mudah disaksikan secara langsung namun harus tetap hati hati.

Advertisement

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Berwisata Ke Kawah Sikidang Dieng Yang Sedang Viral

Sumber foto: https://panduanwisatadieng.com/wisata/kawah-sikidang/

Lokasi kawah Sikidang Dieng terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Berdekatan dengan obyek wisata Candi Arjuna. Ketika berkunjung ke Dieng Plateau, kawah Sikidang inilah menjadi destinasi utama parawisatawan

Meskipun Kawah ini aktif, tetapi masih aman untuk di kunjungi, namun demi keselamatan, pengunjung dilarang melewati pagar yang telah dipasang oleh petugas, dan jangan lupa disarankan untuk menggunakan masker penutup hidung yang banyak dijual di areal objek wisata Dieng.

Dan perlu diingat seperti pada kawah-kawah yang lain, material yang keluar dari kawah Sikidang seperti air dan asap mengandung unsur belerang yang tinggi, jadi pengunjung diharapkan tidak terlalu dekat dengan kawah karena suhu di permukaan kawah utama mencapai 80-90 derajat Celcius.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng, pengunjung di kenai harga tike sebesar Rp.6.000,00 per orang. Tiket tersebut juga termasuk tiket masuk wisata candi dieng, jadi pengunjung cukup membeli satu tiket untuk menikmati 2 tempat wisata sekaligus.

Hal menarik lainya Berwisata ke kawah Dieng yaitu pengunjung bisa merasakan sensasi merebus telur di kawah sikidang. Karena penduduk setempat memanfaatkan air Kawah Sikidang untuk merebus telur, dengan cara membungkus telur menggunakan plastik, kemudian kaitkan plastik yang diisi telur ke kail bambu dengan tali.

Selain merebus telur, pengunjung juga dapat menikmati wahana yang ada di kawah ini, di tempat ini di sediakan penyewaan alat bermain seperti sepeda, motor croos, ATV dan kuda. Kamu dapat menyewanya dengan harga mulai Rp 10.000,00.

Bukan hanya itu saja, terdapat juga jasa foto langsung dengan harga yang relatif murah, untuk bisa mengabadikan momen yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja.

Wisata Kuliner di kawah Sikidang Dieng

Anda juga bisa menikmati wisata belanja dengan membeli buah tangan untuk keluarga tercinta, karena di area ini banyak yang menjual pernik pernik khas Dieng, seperti bunga edelwis, baju bertuliskan Dieng ,shall, penutup kepala dan lain-lainya.

Terdapat juga wisata kuliner khas Dieng, makanan yang di jual seperti kentang goreng, tempe kemul, carica, minuman purwacen merupakan minuman penghangat badan dan masih banyak lagi yang di tawarkan di tempat wisata kawah Sikidang Dieng ini.

Itulah keunikan berwisata ke kawah Sikidang Dieng dan apabila Anda ingin berkunjung kesana tempat wisata alam ini buka dari Senin sampai dengan Minggu 07.00 – 17.00.

Leave a Reply