Bingung Jika Colokan USB Laptop Tidak Berfungsi Sebagian? Begini Solusinya

Colokan atau port USB laptop memiliki peran yang penting seperti untuk memasukan flashdisk, mouse ataupun modem. Sudah beberapa bulan lindati.com tidak menggunakan mouse dan hanya mengandalkan touchpad sehingga sedikit merepotkan.

Penyebabnya port USB laptop tidak berfungsi sebagian dari tiga colokan USB hanya satu yang terdeteksi. Dan tentu saja harus bergantian dalam menggunakan USB tersebut. Padahal lindati.com selalu butuh koneksi internet lewat modem alhasil mouse yang dikorbankan.

Karena tidak mengerti cara memperbaiki USB port apalagi untuk ganti port USB laptop belum ada dana yang cukup. Setelah mendengar saran teman ada solusi jika USB tidak berfungsi sebagian yaitu dengan menambahkan konektor yaitu penghubung laptop dengan perangkat lain, untuk yang belum tahu bentuknya seperti apa silahkan melihatnya dibawah.

Cara Mengatasi Port USB Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Ada banyak informasi cara memperbaiki USB laptop rusak diantaranya melalui settingan BIOS, dan mengecek Device Manager, tapi karena lindati belum menemukan solusi akhirnya memutuskan untuk membeli USB portable seperti gambar dibawah.

Bingung Jika Colokan USB Laptop Tidak Berfungsi Sebagian? Begini Solusinya

Harga konektor port USB laptop mulai dari 55 ribu rupiah sampai dengan ratusan ribu, untuk penggunaanya cukup mudah konektor hanya dicolokan pada USB yang masih berfungsi kemudian perangkat lain dimasukan pada konektor USB.

Bingung Jika Colokan USB Laptop Tidak Berfungsi Sebagian? Begini Solusinya

Konektor seperti ini memiliki 4 lubang USB sehingga cukup untuk mouse, flashdisk, modem atau mungkin hardisk eksternal dan DVD ROM portable. Dengan menggunakan penghubung seperti diatas kegiatan mengetik terutama edit gambar di photoshop menjadi lebih mudah.

baca juga: memperbaiki layar laptop terbalik

Tetapi jika ada waktu luang lindati akan pergi ketukang servis laptop untuk membersihkan port USB, semoga USB tidak terbaca karena kotor. Untuk menjaga port USB sebaiknya ketika mencabut atau memasang flashdisk atau perangkat lain lakukan dengan benar.

Nah itulah cara mengatasi jika port USB laptop tidak berfungsi sebagian pasti apabila mengalami USB laptop tidak konek seperti yang lindati alami kalian akan merasa jengkel. Jadi apabila mengerti apabila mengerti silahkan otak atik dibagian software atau jika belum bisa dapat membeli konektor saja.

4 Comments

  1. Sulis January 27, 2018 Reply
    • Dian F January 27, 2018 Reply
  2. Kang Nata January 29, 2018 Reply
  3. vanisa January 29, 2018 Reply

Leave a Reply