Bingung Struk Token Listrik Hilang? Begini Cara Melihatnya

Setiap membeli token listrik tentu akan mendapat 20 digit nomor token listrik yang harus dimasukan pada meteran. Nomor tersebut tertera pada struk jika beli pulsa listrik di ATM, Indomaret, Alfamart atau membeli di counter dengan cara tulis tangan.

Tetapi ada juga counter penjual pulsa atau token listrik langsung mengirim no token lewat SMS, atau bisa juga seperti beli token listrik prabayar di Tokopedia dan Bukalapak 20 angka token listrik tersebut akan muncul di aplikasi sehingga kecil kemungkinan hilang berbeda dengan struk fisik.

Lalu bagaimana jika struk token listrik hilang atau tidak keluar dari mesin ATM? sebaiknya jangan panik karena ada beberapa cara melihat nomor token listrik diantaranya dengan menghubungi call center di nomor layanan 123 atau bisa juga minta cetak ulang jika membeli di Indomaret dan Alfamart, jika masih bingung dibawah ada informasi mengetahui no token.

Advertisement

Cara Mengatasi Struk Token Listrik Hilang

1. Hubungi Call Center PLN
Caranya dengan menelpon ke nomor 123, dengan terlebih dahulu menambahkan kode area misalnya 022123, atau 0251123 dan jangan lupa catat ID pelanggan listrik prabayar atau bisa juga nomor meter.

2. Minta cetak ulang nomor token listrik
Cara diatas apabila membeli pulsa listrik di Indomaret, Alfamart karena lindati melakukan cara diatas akibat no token tidak terlihat pada struk. Kemudian jika beli di counter dapat silahkan meminta ditulis kembali.

3. Bertanya kepada PLN terdekat
Untuk mengetahui nomor token bisa langsung mendatangi kantor cabang PLN terdekat, namun tentu saja tidak melayani selama 24 jam.

4. Membuka website cetak struk token listrik online
Persiapkan kuota internet kemudian buka bebrapa layanan cetak struk online diantaranya ada cetakstruk.com, airpay.co.id, dan masih banyak lagi.

5. Buka website resmi PLN
Masuk ke pb/od pt. pln yang merupakan situs PLN resmi namun terkadang mengalami gangguan jadi harus bersabar.

6. lihat pada Aplikasi cetak struk PLN online
Menurut lindati ini merupakan cara melihat no stroom listrik yang paling efektif dan cepat dibanding semua cara diatas karena cukup download PLN mobile di Play store kemudian install, cara menggunakannya cukup mudah dan dibawah ada tutorialnya.

Cara Melihat Nomor Token Listrik dari Aplikasi PLN Mobile

1. Buka aplikasi PLN mobile setelah sebelumnya di download di Play store.

Bingung Struk Token Listrik Hilang? Begini Cara Melihatnya

2. Silahkan pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.

Bingung Struk Token Listrik Hilang? Begini Cara Melihatnya

3. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter Anda kemudian tap Cek Tagihan.

baca juga: pengalaman stroom listrik tidak muncul di mobile banking

Bingung Struk Token Listrik Hilang? Begini Cara Melihatnya

4. Tidak berapa lama akan pembelian token terakhir kemudian jumlah token, tanggal dan jam pembelian nah itulah nomor token yang dimasukkan pada meteran.

Bingung Struk Token Listrik Hilang? Begini Cara Melihatnya

Jika ingin melihat histori detail silahkan LOGIN ke aplikasi tetapi harus daftar atau Sign up terlebih dahulu, tetapi jika hanya ingin melihat nomer token listrik yang tidak keluar di ATM atau hilang bisa langsung mengakses aplikasi tersebut.

Demikianlah informasi mengenai solusi apabila struk token listrik hilang, rusak dan tidak tercetak pada mesin ATM, semoga bermafaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply