Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi/Gugup

Biasanya orang gugup ketika melakukan kegiatan untuk pertama kali misalnya ketika akan melakukan presentasi program kerja atau yang paling simpel ketika ada suatu acara dilingkungan rumah. Jika tidak biasa berbicara di depan umum maka akan terasa sulit sekali.

Untuk itu sebaiknya mengetahui cara berbicara di depan umum agar tidak grogi, gugp atau panik sehingga apa yang Anda sampaikan dapat dipahami audiens. Pengalaman saya yang memang introvert saat masih kuliah diharuskan membeberkan suatu makalah di depan peserta seminar ada perasaan takut salah, grogi, minder.

Sehingga hasilnya tidak memuaskan dan saya harus mengulang kembali, akhirnya saya membeli buku yang memberikan contoh berbicara di depan umum supaya lancar. Dibawah ada pengalaman saya untuk menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak.

Advertisement

Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Persiapan yang matang

Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Orang yang sebelumnya melakukan persiapan dan tidak melakukan persiapan akan terlihat ketika tampil untuk berbicara, yang melakukan persiapan akan merasa percaya diri dan tidak merasa demam panggung berikut tahap melakukan persiapan

1. Siapkan materi yang akan dibahas pada saat presentasi caranya dengan membuat kata yang mudah untuk di pahami audiens. Hal ini penting karena sebagus apapun isi materi jika sulit dipahami pendengar maka akan sia sia.

2. Pada satu hari sebelum presentasi lakukan latihan membawakan presentasi dengan posisi badan dan gaya tampil di depan umum dengan kata lain bukan posisi duduk atau membaca supaya membiasakan berbicara dengan posisi berdiri.

3. Buat naskah atau skrip dengan sejelas jika perlu cari referensi sehingga akan menimbulkan rasa percaya diri yang disampaikan merupakan hal yang benar.

Tampil percaya diri

Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Tentunya untuk tampil percaya diri harus menghilangkan ketakutan tidak pintar, takut salah, audiens lebih pintar dll. Hilangkan perasaan itu dari pikiran karena faktanya yang hal negatif yang dipirkan tidak selalu terjadi dan untuk menghindari grogi menguasai Anda bisa dengan cara seperti dibawah.

1. Pemanasan apabila Anda resah dalam posisi duduk atau diam, pemanasan bisa berupa menggerakan kaki, tangan
atau ke kamar mandi untuk melompat lompat.

2.  Lakukan pernapasan melalui perut untuk membuat detak jantung sehingga Anda menjadi lebih tenang. Cara melakukan pernapasan perut tarik napas lewat hidung dan pastikan telapak tangan di perut bawah bergerak naik, sementara telapak tangan di dada sebisa mungkin tidak ikut bergerak. Tariklah napas panjang sampai Anda tidak bisa lagi menarik napas dengan kondisi tetap nyaman.

3. Sebelum menjadi pembicara pikirkan hal hal yang menyenangkan sehingga muncul energi positif ketika nanti berbicara.

Nah apabila semua siap jangan lupa berdo’a, untuk meminta kelancaran kepadaNya ketika tampil dan do’a juga merupakan salah satu kunci cara menghilangkan gugup waktu berbicara di depan orang banyak karena jiwa akan merasa tentram dan tidak ada beban ketika bicara.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara berbicara di depan umum agar tidak grogi, dan satu lagi apabila menjadi pembicara jangan sampai keluar dari topik yang nanti akan muncul pertanyaan dari audiens yang tidak Anda pahami.

Foto: Pixabay

Leave a Reply