Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

Bagi yang ingin membuka toko online tetapi belum ada biaya untuk membeli domain dan sewa hosting bulanan, sebaiknya mencoba jualan di Tokopedia. Alasanya karena Tokopedia merupakan salah satu online shop terpercaya sehingga peluang mendapat konsumen besar sekali.

Alasan lain karena tidak ada biaya jualan di tokopedia alias gratis, saya pun tertarik untuk daftar dan ini merupakan pengalaman berjualan di tokopedia pertama kali.

Belanja online aman merupakan harapan pembeli, dengan menggunakan sistem pembayaran rekber (rekening bersama) membuat tokopedia banyak digunakan.

Dibawah merupakan informasi singkat saya berjualan di tokopedia pertama kali dari mulai daftar, memasukan produk, mendapat pembeli pertama sampai kirim paket ke konsumen.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

1. Untuk menjadi seller di tokopedia, silahkan daftar di https://www.tokopedia.com, tetapi juga sudah punya akun tinggal Login saja Selanjutnya klik menu Buka Toko pada bagian kiri atas atau.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

2. Kemudian isi informasi toko yang meliputi

  • Cek Domain, yang berfungsi untuk memberi nama toko dan tidak bisa dengan nama toko yang sudah ada.
  • Informasi Toko, pada bagian ini Toppers akan harus mengisi nama toko, slogan dan deskripsi singkat.
  • Dukungan Pengiriman, merupakan jasa ekspedisi mana yang akan digunakan untuk mengirim barang ke konsumen. Tetapi biasanya ekspedisi akan muncul otomatis berdasar asal pengiriman. Jasa pengiriman tersebut adalah JNE, TIKI, RPX, Pos Indonesia dan Go Send.
  • Logo, berguna sebagai identitas toko agar mudah diingat.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

3. Langkah selanjutnya adalah klik Tambah Produk, dan penjual di tokopedia diminta untuk mengisi informasi produk dengan benar dan lengkap, meliputi: Nama Produk, Kategori, Minimum Pemesanan, Harga, dan Berat Produk.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

Nah sekarang kamu sudah bisa berjualan di Tokopedia, jika ada yang ingin membeli nanti akan diketahui dari ikon surat dibagian atas, entah itu sekedar bertanya melalui pesan atau diskusi produk. Seperti gambar dibawah.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

Pembayaran pembeli dapat melalui Mandiri ClickPay, Mandiri e-Cash, BCA KlikPay, KlikBCA, Kartu Kredit, dan Indomaret. Dan untuk penjual sebaiknya memiliki rekening Bank untuk mencairkan saldo di Tokopedia.

Salah satu tips jualan laris di tokopedia adalah selalu update toko kamu atau sekedar Login sehingga jika ada calon pembeli yang bertanya dapat di respon dengan cepat, dibawah adalah pengalaman mendapat konsumen pertama.

Pengalaman mendapat pemesanan di Tokopedia

1. Karena saya menginstall aplikasi Tokopedia di Android, sehingga jika ada order atau orang yang bertanya langsung mendapat notifikasi dengan cepat. Dan ternyata ada pemberitahuan pemesanan produk yang dijual untuk detail pemesanan silahkan klik pemesanan baru.
Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

2. Akan tampil nama pembeli dan no invoice serta produk yang dibeli. Tokopedia akan memberi dua opsi kepada penjual apakan terima pesanan atau tolak pesanan, dengan maksimal dua hari untuk memberi keputusan.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

 

Cara kirim paket dan konfirmasi pengiriman di Tokopedia

Setelah menerima pemesananan di Tokopedia, saatnya mengirim paket ke tangan konsumen dengan mengikuti keinginan si pembeli untuk menggunakan jasa pengiriman pada contoh dibawah menggunakan Pos Indonesia. Perhatikan nama dan alamat tujuan dengan benar.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

Setelah itu masukan nomor resi pengiriman yang tertera pada struk, untuk Pos Indonesia masukan no barcode pada kotak yang tersedia kemudian klik konfirmasi semua.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

Jika nomor resi yang dimasukan benar maka akan muncul status pengiriman dan selesai sudah tugas penjual di tokopedia. Namun sebaiknya terus lacak atau track paket tersebut agar jika konsumen bertanya dapat menjawab posisi paket.

Cara Berjualan di Tokopedia Pertama Kali

 

Kini penjual hanya menunggu uang masuk ke rekening Bank penerima sesuia dengan permintaan penjual ketika pertama kali daftar jualan di tokopedia. Itulah cara berjualan di Tokopedia semoga informasi ini bermanfaat bagi yang mau jualan di Tokopedia.

Omset jualan di Tokopedia memang menjanjikan dan bisa membuka peluang usaha yang dapat dikerjakan di rumah namun untuk sukses jualan di Tokopedia diperlukan ketekunan dan kesabaran. Baca juga cara membeli pulsa listrik di Tokopedia

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D