Cara Daftar Email Yahoo Baru Lewat HP Android

Membuat akun Yahoo baru dapat dilakukan dari HP Android maupun PC dan pada langkahnya tidak jauh berbeda malah bisa dibilang sama, karena form yang harus diisi saat daftar email Yahoo di Android atau komputer sama saja.

Pada kesempatan kali ini lindati.com akan membahas cara daftar Yahoo baru dari HP dan juga komputer semoga bisa membantu anda semua yang masih bingung atau belum tahu caranya.

2 Cara Daftar Email Yahoo Lewat HP Android

Khusus untuk mendaftar lewat HP Android ada dua opsi yang bisa kita pilih yaitu tanpa aplikasi dan dengan aplikasi Yahoo mail yang bisa anda unduh langsung dari Google Play Store atau langsung membuka halaman id.yahoo.com dari mobile browser, jika masih kurang jelas silahakan ikuti langkah berikut.

A – Daftar Dengan Aplikasi

  1. Download dan pasang aplikasi Yahoo Mail terbaru dari Google Play Store.
  2. Kemudian jalankan, lalu pilih Create a Yahoo account.Cara Daftar Email Yahoo Lewat HP Android
  3. Selanjutnya isi form yang disediakan. Jika bingung bagaimana mengisinya silahkan lanjut membaca panduan dibawah ini karena proses pembuatan akun Yahoo baru dari aplikasi maupun web browser sama saja.

B – Daftar Tanpa Aplikasi (Langsung dari Mobile Browser)

Cara pertama adalah dengan langsung mengakses halaman id.yahoo.com dari browser seperti Google Chrome, UC Browser, Firefox maupun Opera di HP Android. Jika masih kurang jelas silahakan ikut langkah dibawah ini.

Cara Membuat Akun Yahoo Baru

#1 – Langkah pertama buka halaman https://id.yahoo.com lalu pilih icon Mail (kotak surat) seperti terlihat pada gambar dibawah. Selanjutnya pilih Daftar untuk account baru.

Cara Daftar Email Yahoo Lewat HP Android dan PC

Kenapa harus lewat id.yahoo.com? karena jika melalui url ini maka saat membuat akun baru ada dua pilihan yang muncul yaitu membuat email yahoo.co.id (Indonesia) atau yahoo.com, agar lebih jelas silahkan lanjutkan membaca.

#2 – Isi formulir dengan benar terutama nomor telepon karena akan ada proses verifikasi via SMS.

Cara Membuat Akun Yahoo Baru

Keterangan :

  1. Nama Depan isi dengan nama anda yang sebenarnya, misal nama saya Sigit Purnomo Keren maka yang saya tulis adalah Sigit Purnomo sedangkan Keren akan diisi pada nama Belakang.
  2. Nama Pengguna adalah alamat email yang ingin kita buat, usahakan buatlah alamat yang mudah diingat dan mencerminkan nama anda terutama jika nantinya email tersebut akan digunakan untuk melamar pekerjaan atau keperluan penting lain.
  3. Kata Sandi, isi dengan password untuk log in ke akun anda. Sebaiknya gunakan sandi yang baik tidak mengandung nama anda, tanggal lahir atau kata-kata yang mudah ditebak lainnya.
  4. No Ponsel, isi dengan nomor HP aktif karena nanti akan ada proses verifikasi yang dikirim lewat SMS selain itu no HP akan sangat berguna saat kita lupa sandi untuk melakukan reset password.
  5. Tanggal lahir, isi dengan format tanggal/bulan/tahun
  6. Jenis Kelamin, pilih sesuai jenis kelamin anda.

Jika semua data sudah diisi dengan benar, kemudian pilih Buat account.

#3 – Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi lewat SMS. Caranya pilih tombol Kirim SMS lalu periksa sms masuk dari Yahoo yang berisi kode 4 angka, lalu masukan pada kolom yang disediakan kemudian pilih Kirim kode.

Verifikasi SMS Yahoo

Setelah melakukan langkah diatas, akun Yahoo selesai dibuat dan anda sudah bisa langsung masuk ke halaman inbox atau pesan masuk kemudian menggunakannya untuk menerima maupun mengirim email.

Tips Penting Sebelum Daftar Akun Yahoo Baru

  1. Gunakan nama yang sebenarnya terutama jika email yang akan anda buat nantinya digunakan untuk keperluan penting seperti untuk urusan pekerjaan atau kantor. Karena saat kita lupa sandi ada cara terakhir untuk mendapatkan password sementara yaitu dengan menghubungi bantuan Yahoo tetapi kita harus mengisi nama depan dan belakang sesuai dengan yang kita daftarkan dan jika berbeda maka kemungkinan besar permintaan anda untuk meminta reset password akan ditolak.
  2. Isi tanggal lahir dengan benar karena ini juga akan berguna saat kita meminta bantuan ke customer support Yahoo saat lupa kata sandi.
  3. Jika nomor tidak aktif lagi sebaiknya segera lakukan pembaharuan/update pada pengaturan akun Yahoo anda dan lakukan verifikasi dengan nomor baru.

Kalau Daftar Lewat PC Bagaimana?

Pada dasarnya sama saja, karena formulir yang harus kita isi saat daftar dari HP Android maupun komputer sama, jadi langkah diatas berlaku juga jika anda ingin membuat akun dari PC.

Jika Mau Log Out atau Keluar Bagaimana Caranya?

Untuk sign out dari Yahoo mail di HP Android bisa dilakukan dengan beberapa cara tergantung dari mana anda mengaksesnya.

Jika mengakses via web browser maka cara untuk keluarnya adalah pilih menu – kemudian tap akun email anda terakhir pilih Sign out (lihat gambar dibawah)

Jika Mau Log Out atau Keluar Bagaimana Caranya

Sedangkan jika anda menggunakan aplikasi Yahoo mail berikut adalah cara untuk keluarnya adalah pilih menu – Settings – Manage Accounts lalu tap Sign out.

Keluar Yahoo Android

Kesimpulan, Daftar Yahoo Lewat HP Android maupun komputer pada dasaranya sama saja tetapi khusus untuk Android bisa pilih melalui web browser atau dengan menginstall aplikasi Yahoo mail selanjutnya isi formulir pendaftaran seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Baca juga : cara mengirim lampiran lewat email Yahoo di HP Andorid.