Cara Eject Flashdisk di Laptop Tanpa Safely Remove

Ternyata ada cara eject flashdisk di laptop tanpa safely remove seperti yang selama ini biasa kita lakukan. Tentu saja alasanya supaya umur flashdisk panjang. Tetapi bagaimana jika sedang terburu buru sehingga lupa dan langsung mencabut flashdisk dari port USB.

Jangan kwatir karena cara meng eject flashdisk dengan cepat bisa dilakukan asal kamu melakukan settingan yang benar di device manager laptop atau komputer. Dan cara eject flashdisk dengan terlebih dahulu melakukan safely remove merupakan hal yang tidak wajib.

Terus terang saya ketika eject flashdisk di laptop, komputer atau PC selalu melakukan safe remove. Salah satunya alasanya untuk menghindari file rusak pada waktu menyalin data ke flashdisk apabila dicabut secara langsung.

Tetapi bagi kamu ingin mengetahui cara eject flashdisk di laptop tanpa safely remove dapat menyimak info singkatnya. Dan pilihan ada ditangan kamu apakah ingin mencabut langsung atau tidak, namun yang pasti Windows sendiri telah dilengkapi dengan fitur Optimize for Quick Removal.

Cara Eject Flashdisk di Laptop Tanpa Safely Remove

1. Masuk terlebih dahulu ke Device manager dengan cara klik Computer > klik kanan Properties > Device manager > Disk drives (seperti gambar dibawah) kemudian dobel klik.
Cara Eject Flashdisk di Laptop Tanpa Safely Remove

2. Setelah itu muncul USB Device Properties, selanjutnya klik Policies dan beri tanda pada opsi Quick removal (default).
Cara Eject Flashdisk di Laptop Tanpa Safely Remove

Cara masuk ke device manager bisa juga dengan cara klik ikon Windows kemudian keti “Device Manager” pada kotak search programs and files, selanjutnya akan muncul seperti gambar pada nomor 1 diatas.

Yang dimaksud dengan Windows memiliki fitur Optimize for Quick Removal adalah Windows dapat mengoptimalkan penyalinan data dari laptop, komputer atau PC atau sebaliknya sehingga flasdish bisa dicabut langsung tanpa safely remove.

Nah itulah cara eject flashdisk di laptop tanpa safely remove dan setelah mengatur ulang device manager USB properties sebaiknya di restart terlebih dahulu. Dan terkadang fitur Optimize for Quick Removal telah disetting secara default sehingga tidak perlu dirubah lagi.

Catatan: Agar awet meskipun flashdisk di eject tanpa safely remove yaitu sebaiknya pastikan tidak ada proses yang sedang berjalan di flashdisk seperti mengedit, nonton film, atau sedang mengcopy file. Baca juga cara memberi password pada laptop.