Cara Membaca File PDF Dengan Web Browser – Google Chrome

Tahukah Google Chrome tidak hanya bisa digunakan untuk browsing atau berselancar di internet tetapi dapat juga digunakan untuk membaca file PDF dengan mudah dan cepat tanpa perlu install software tambahan.

Walau fiturnya sangat terbatas yaitu hanya bisa digunakan untuk membaca, mencetak dan menyimpan tetapi cara ini bisa menjadi alternatif untuk membuka dokumen PDF tanpa aplikasi tambahan lagi, terutama jika kita tidak memiliki hak akses untuk install software atau mungkin sedang menggunakan PC yang tidak terpasang aplikasi pembaca PDF seperti Adobe Reader, Foxit Reader dan lainnya.

Langkah Mudah Membaca File PDF Dengan Google Chrome

Cara Membaca File PDF Dengan Web Browser - Google Chrome

  1. Buka Windows explorer kemudian cari file yang ingin dibuka
  2. Selanjutnya, klik kanan lalu pilih Open With kemudian pilih Choose default program.
  3. Jika Google Chrome tidak muncul pada list, pilih Browse kemudian cari lokasi dimana Google Chrome terinstall pada PC, biasanya ada di C:\Program Files\Google\Chrome\Application kemudian pilih Chrome.exe lalu Open.
  4. Terakhir klik OK untuk membuka dokumen tersebut.

Setelah terbuka maka kita bisa membaca maupun mencetak dokumen tersebut, sangat mudah bukan tetapi seperti kami jelaskan diatas cara ini hanya cocok ketika kita ingin membaca dokumen dalam format PDF dalam keadaan tertentu terutama ketika pada komputer yang kita akan gunakan belum terpasang aplikasi PDF Reader.

Selain menggunakan Google Chrome sebetulnya anda juga bisa buka PDF dengan web browser lain seperti Mozilla Firefox dan untuk langkahnya tidak jauh berbeda dengan cara diatas, bedanya kita harus cari folder dimana mozilla terinstall.

Lalu bagaimana untuk mengembalikan agar PDF dibuka dengan aplikasi PDF Reader bukan lagi web browser? mudah saja, jika kamu sudah install aplikasi pembaca pdf maka kamu tinggal ikuti langkah diatas dan yang dijadikan default adalah aplikasi tersebut.

Selain itu biasanya saat kita install pdf reader akan berubah otomatis menjadi pembaca pdf sehingga kita tidak perlu mengubah apapun.

Mudah bukan? semoga bermanfaat dan jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui kotak komentar. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa baca juga artikel PDF lainnya.