Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membersihkan Sisir Kutu atau Serit

Selain ketombe yang membuat gatal kulit kepala adalah kutu yang menghisap darah, parasit kepala ini biasanya banyak dialami oleh anak anak. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga menular kepada orang dewasa lewat sisir, topi atau bantal.

Untuk menghilangkan kutu membutuhkan alat khusus yaitu sisir kutu (serit) yang dapat membersihkan sampai telur kutu, bahanya pun beragam mulai dari sisir kutu plastik, sisir serit stainless dll. Tetapi sebaiknya serit itu dirawat dengan cara membersihkan sisir kutu.

Karena jika tidak dibersihkan bisa saja kutu rambut tertinggal pada sisir penghilang kutu tersebut, efeknya kutu bisa loncat kepada orang yang asalnya tidak kutuan. Caranya membersihkan serit cukup mudah dan relatif sama dengan membersihkan sisir biasa.

Advertisement

Cara Membersihkan Sisir Kutu atau Serit

Cara Membersihkan Sisir Kutu atau Serit

1. Bersihkan sisir kutu dari rambut dan kotoran yang menempel bisa menggunakan kawat kecil atau lidi.
2. Persiapkan alkohol atau bisa juga cuka sari apel pada sebuah wadah yang dapat menampung bagian keseluruhan sisir.
3. kemudian sisir kutu direndam selama krang lebih 10 menit dan apabila sudah langsung dibilas pada air yang mengalir.
4. Apabila sisir kutu terbuat dari stainless bisa direbus selama 15 menit.

Cara diatas berlaku untuk sisir kutu yang berbahan plastik dan stainless atau besi karena sekarang sudah ada sisir kutu yang bagus yaitu berbahan magnet yang tentunya cara membersihkanya berbeda.

Untuk mengusir kutu rambut selamanya sebaiknya lakukan penyisiran minimal satu hari sekali karena parasit yang memiliki 6 kaki ini ukuranta sangat kecil dan agak sulit dicari hanya mengandalkan penglihatan diantaranya lebatnya rambut.

Walaupun sisir kutu yang memiliki kerenggangan 0,2 – 0,3 cm bisa membasmi kutu tetapi terkadang ada telur kutu yang luput. Tentu saja telur kutu yang tidak terkena sisir akan terlihat yang akan menurunkan rasa percaya diri karena warna telur kutu putih akan mencolok pada rambut hitam.

Selain dengan serit cara mengobati kutu juga bisa dengan menggunakan peditox, permethrin yang dijual bebas di apotek. Sementara untuk membeli sisir kutu plastik bisa ditukang jepitan atau jika tidak mau repot beli sisir kutu dengan cara online dan lebih banyak pilihan.

Demikianlah cara membersihkan sisir kutu atau serit dan semoga kepala kalian terbebas dari parasit yang membuat tangan ingin menggaruk kulit kepala apabila sudah beraksi.

Leave a Reply