Cara Membuat Brownies Dengan Chocolatos

Besok saya akan mengadakan arisan ibu-ibu sehingga mencari resep kue enak dengan biaya pembuatan yang murah untuk di hidangkan nanti, terlintas dalam pikiran saya untuk membuat brownies kukus chocolatos.

Ternyata membuat kue brownies dengan chocolatos simpel tidak ribet dan bahan-bahannya pun mudah di cari, ternyata brownies kukus ini banyak di sukai semua kalangan loh!. Dengan modal yang terbilang irit, saya bisa membuat brownies kukus yang enak dan lembut, rasanya tidak jauh beda dengan brownis yang di jual di toko kue.

Biasanya adonan brownies coklat menggunakan coklat bubuk atau coklat batang, tetapi disini saya ganti dengan chocolatos. Ada dua cara membuat brownies yaitu dengan cara di panggang dalam oven, dan brownies kukus dengan cara di kukus di panci atau magicom.

Advertisement

Tetapi disini saya memilih brownies dengan cara di kukus, karena selain teksturnya yang lembut, ketika dimakan pun tidak seret. Nah untuk resep brownies kukus Chocolatos ada di bawah ini dan bisa juga bunda praktekan di rumah.

Cara Membuat Brownies Dengan Chocolatos

Cara Membuat Brownies Dengan Chocolatos

Untuk proses pembuatan brownies kukus chocolatos yang harus di persiapkan yaitu.

Bahan-bahan :

  • 5 sdm terigu
  • 2 butir telur
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 sachet chocolatos
  • 2 sachet susu kental manis ( yang sudah di larutkan dengan 4 sdm air hangat )
  • 1/4 sdt baking powder
  • 5 sdm minyak goreng
  • sedikit garam

Cara membuat :

  1. Pertama-tama kocok gula dan telur menggunakan garpuh sampai larut dan berbusa
  2. Kemudian masukkan terigu, chocolatos, garam dan baking powder ke dalam adonan lalu aduk kembali sampai merata.
  3. Tambahkan susu kental manis yang sudah di larutkan ke dalam adonan, aduk lagi sampai rata
  4. Setelah adonan tercampur rata kemudian masukan minyak goreng dan aduk kembali
  5. Sebelum adonan di masukkan ke dalam loyang, terlebih dahulu oleskan loyang menggunakan margarin atau minyak goreng sedikit saja, agar adonan tidak menempel pada loyang.
  6. Tuangkan semua adonan ke loyang
  7. Kemudian kukus adonan selama kurang lebih 30 menit
  8. jangan lupa sebelum mengukus,tutup panci di berikan kain bersih agar uap air tidak menetes ke adonan.

Untuk mendapatkan brownies yang mengembang atau tidak bantet jangan menggunakan telur yang sudah dimasukan ke lemari pendingin. Karena saya sudah membandingkan dengan telur yang disimpan pada suhu ruangan hasil telur ketika dikocok lebih bagus.

Demikianlah langkah langkah cara membuat brownies dengan chocolatos, selamat mencoba dan semoga berhasil, oh iya saya membuat adonan brownies tanpa mixer dan hanya menggunakan garpu makan saja.