Cara Membuat Formulir PDF Dengan LibreOffice Writer

LibreOffice merupakan salah satu aplikasi alternatif pengganti MS Office, dan kali ini lindati.com akan membahas salah satu fitur dari LibreOffice yang cukup menarik yaitu membuat formulir PDF sehingga nantinya bisa diisi menggunakan aplikasi maupun secara online.

Ada berbagai alasan kenapa anda ingin membuat formulir dalam bentuk PDF salah satunya adalah untuk menghemat penggunaan kertas selain itu form PDF lebih mudah dibagikan secara online kemudian diisi kembali oleh orang yang berkepentingan.

Bagaimana Cara Membuat Formulir PDF Dengan LibreOffice Writer

  1. Langkah pertama buka aplikasi LibreOffice Writer di komputer anda, jika belum ada silahakan unduh terlebih dahulu dari situs resminya.
  2. Setelah terbuka, pilih Menu – ViewToolbarsForm Controls.Bagaimana Cara Membuat Formulir PDF Dengan LibreOffice Writer
  3. Selanjutnya kita sudah mulai bisa menambahkan teks berupa label untuk membuat judul / keterangan isian, text box, check box, radio button dan lainnya dari form kontrol yang muncul disebelah kiri.
  4. Untuk menambahkan komponen form, caranya klik pada jenis form kontrol yang diingiukan lalu klik pada halaman utama formulir.Cara Membuat Formulir PDF Dengan LibreOffice Writer
  5. Untuk merubah kata-kata pada label tersebut, caranya dobel klik sampai muncul dialog properties kemudian ganti pada kolom Label.Bagaimana Cara Membuat Formulir PDF Dengan LibreOffice Writer
  6. Silahkan tambahkan field-field yang diperlukan dan setelah jadi contohnya seperti tampak pada gambar berikut.Bagaimana Cara Membuat Formulir PDF Dengan LibreOffice Writer
  7. Terakhir jika sudah selesai, klik icon PDF atau dari Menu File – Export as PDF, berinama lalu save.

Tips:

  1. Agar formulir tampak rapih saat diisi sebaiknya sesuaikan ukuran dan jenis font, pada contoh diatas kami menggunakan Arial dengan ukuran 9.
  2. Untuk melihat apakah formulir tersebut sudah sesuai atau belum, coba export ke PDF lalu isi dan simpan kemudian lihat apakah sudah rapih atau belum.

Kesimpulan, tanpa perlu menggunakan aplikasi PDF editor mahal seperti Adobe Acrobat Pro, kita bisa membuat form dalam bentuk pdf yang bisa langsung diisi menggunakan beberapa software PDF reader seperti Foxit Reader, PDF X-Change Viewer maupun secara online dengan pdfescape.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya terutama mengenai LibreOffice karena aplikasi ini walaupun gratis tetapi cukup handal untuk digunakan sebagai pengganti Microsoft Office terutama dalam hal mengelola atau membuat file PDF.