Cara Membuat HP Android Menjadi Modem USB Tethering

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat HP Android menjadi modem usb dengan tujuan agar pc atauu laptop bisa terhubung ke internet menggunakan paket data yang ada pada smartphone tersebut.

Cara ini sebetulnya cukup mudah namun sebelum memulai ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya kabel data usb, pc atau laptop sudah terinstall driver usb hp sesuai dengan merk yang digunakan serta paket data pada HP tentunya.

Karena kita akan menggunakan kabel usb maka sudah pasti hanya satu perangkat saja yang bisa terhubung baik itu pc atau laptop, berbeda dengan saat membuat hp sebagai wifi hotspot dimana bisa lebih dari satu perangkat terhubung dalam waktu bersamaan.

Baca juga : cara setting hostpot modem huawei.

Panduan Cara Membuat HP Android Menjadi Modem USB Tethering

  1. Pastikan pada komputer atau laptop sudah terinstall driver usb sesuai dengan merk dan tipe HP yang akan digunakan.
  2. Hubungkan HP Android ke PC lalu tunggu sampai ponsel tersebut terbaca.
  3. Pada HP buka menu pengaturan atau settings lalu pilih tab connection – Tethering and Mobile hotspot.
  4. Terakhir aktifkan USB Tethering atau Penambatan USB seperti terlihat pada gambar dibawah ini.Cara Membuat HP Android Menjadi Modem USB TetheringJika USB Tethering tidak dapat diaktifkan atau berwarna abu-abu itu tandanya belum sukses terhubung ke pc, jadi silahkan periksa kembali apakah pada pc sudah terinstall driver usb atau belum.

Sampai langkah no 4 kita sudah selesai menjadikan hp sebagai modem usb sehingga bisa berbagi koneksi internet melalui usb tethering bukan dial-up.

Kesimpulan, kelebihan dari membuat HP Android menjadi modem usb adalah kita tidak perlu banyak melakukan pengaturan seperti membuat ssid, password dan sebagainya.

Namun kekurangannya adalah hanya satu perangkat saja yang bisa kita sambungkan, alternatif lain jika kamu mempunyai lebih dari satu perangkat atau ingin berbagi koneksi internet ke sesama HP Android maupun laptop maka bisa mencoba membuat wifi hotspot di HP tersebut.

Demikianlah panduan singkat tentang bagaimana cara berbagi internet dari HP Android ke pc atau laptop lewat kabel data usb, semoga bermanfaat.

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D