Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Ketupat Anti Gagal Dan Tidak Mudah Basi

Ketupat sayur merupakan makanan khas pada saat Hari Raya Idul Fitri maupun idul adha, tentunya ketupat pasti selalu ada tersaji disetiap rumah-rumah. Ketupat merupakan olahan dari beras yang tidak jauh berbeda dengan lontong, namun yang membedakan yaitu dari segi bentuk daun pembungkusnya.

Ketupat tidak dibungkus dengan daun pisang, tetapi dari daun janur (kelapa) yang dianyam sedangkan lontong di bungkus dengan daun pisang, ternyata membuat ketupat itu tidak semudah yang di bayangkan, jika kita belum memahami trik membuat ketupat yang benar maka hasilnya akan bantat, mudah basi hingga berair.

Disamping disajikan waktu lebaran ketupat juga dapat dengan mudah ditemukan setiap hari terutama pagi hari karena banyaknya yang menjualnya. Namun kita juga dapat membuat ketupat di rumah tentunya setelah mengetahui resep dan bahan apa saja yang digunakan, baiklah silahkan simak resep dibawah ini.

Advertisement

Cara Membuat Ketupat Anti Gagal

Cara Membuat Ketupat Anti Gagal Dan Tidak Mudah Basi

  1. Siapkan wadah ketupat yang terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih mudah, jika membeli pilihlah yang rapat, rapi dan lebar janur yang seragam, jangan renggang, karena beras bisa berhamburan dan hasilnya akan lembek, maka pilihlah anyaman ketupat yang sama panjang agar ketupat bisa matang merata.
  2. Gunakan beras berkualitas baikĀ  kemudian cuci beras sampai benar-benar bersih, apabila mencuci beras tidak bersih dan beras masih kotor, akan membuat ketupat jadi lebih cepat basi. Rendam beras dalam air selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.
  3. Untuk hasil ketupat yang bagus isi cangkang ketupat 3/5 bagian beras, kemudian rapatkan kembali cangkangnya dengan menarik setiap ujung daun janur dengan pelan-pelan dan jangan sampai mengkerut.
  4. Selanjutnya masak ketupat selama kurang lebih 2 jam dengan api sedang, dan Pastikan air yang digunakan sudah benar mendidih. Karena seluruh permukaan ketupat harus terendam oleh air, jika ada bagian yang tidak terendam maka hasilnya nanti akan menjadi lembek dan cepat basi.
  5. Ketika sudah matang angkat kemudian tiriskan, dan jangan lupa lap lendir di permukaan ketupat.
  6. Agar tidak cepat basi simpan dengan cara di gantung di tempat terbuka dan biarkan terkena angin.

Baca juga: resep membuat lontong

Itulah cara membuat ketupat anti gagal dan tidak cepat basi yang bisa dipraktekan di rumah, paling enak ketupat disantap dengan opor ayam atau sambal goreng ati ampela dan rendang yang disiram kuahsayur buah pepaya.

Ayo para Bunda sebentar lagi ada hari raya Idul Adha jika ingin menyajikan bersama keluarga saran saya belajar membuat ketupat sendiri dari sekarang.

Foto: Youtube

Leave a Reply