Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Lontong Daun Menggunakan Cetakan Di Magicom

Lontong daun pisang- Lontong dan ketupat merupakan makanan khas lebaran yang terbuat dari beras, rasanya yang lembut ketika di kunyah biasanya di sajikan bersama sate ataupun opor ayam. Cara tradisional membuat lontong yaitu dengan menggunakan daun pisang, tetapi rasanya cukup sulit karena membutuhkan pengalaman.

Tidak hanya menggunakan daun pisang, ada juga lontong yang di bungkus dengan plastik, namun mungkin rasanya tidak seharum dan seenak bungkusan dari daun pisang, Jangan bingung moms sekarang ini banyak cetakan-cetakan lontong yang di jual di online atau bisa juga beli lewat saya.

Dengan membuat lontong menggunakan cetakan akan menghasilkan lontong yang enak tidak hanya itu bentuk lontong pun terbentuk lebih sempurna. Dibawah ini resep membuat lontong daun pisang dengan menggunakan cetakan lontong;

Advertisement

Cara Membuat Lontong Daun Di Magicom

Langkah pertama

Cara Membuat Lontong Daun Menggunakan Cetakan Di Magicom

  • Pilihlah daun pisang tidak terlalu tua atau muda, agar daun agak layu jemur daun pisang atau di panaskan diatas api kecil.
  • Kemudian potong-potong sesuai dengan ukuran cetakan lontong yang diinginkan.
  • Gunakan beras dengan berkualitas yang baik dan pulen (takaran sesuai kebutuhan).
  • Selanjutnya rendam beras yang sudah di cuci bersih dalam air dingin selama 1 jam atau lebih.

Langkah kedua

Cara Membuat Lontong Daun Menggunakan Cetakan Di Magicom

Baca juga: resep brownies kukus irit

  1. Ambil daun pisang kemudian gulung menyerupai silinder lalu masukan pada cetakan lontong dan tutup bagian bawah cetakan kemudian kunci.
  2. Kemudian isi gulungan daun pisang dengan beras setengah cetakan jangan sampai penuh hanya setengah cetakan saja.
  3. Kemudian tutup kembali menggunakan penutup cetakan kemudian kunci, buat sesuai kebutuhan.
  4. Masukkan semua cetakan lontong yang sudah di isi beras kedalam magicom, susun dengan rapih bisa letakan dengan posisi berdiri atau miring.
  5. Tambahkan air dingin sampai cetakan lontong benar-benar terendam dengan air seluruhnya.
  6. Kemudian tutup megicom dan tekan tombol cook.
  7. Rebus selama 2 jam
  8. Jika sudah matang angkat lontong dan keluarkan lontong selagi masih panas agar bentuk lontong keluar sempurna lalu ditiriskan.

Demikian resep cara membuat lontong daun pisang menggunakan cetakan dengan benar sehingga hasilnya padat, kenyal, enak, beraroma daun pisang, dan tidak mudah basi. Nah tunggu apa lagi moms semua ayo mulai praktek.

Leave a Reply