Bagaimana Cara Memisahkan File PDF Dengan Android

Tadi pagi teman sekantor bertanya bagaimana sih cara memisahkan file pdf dengan Android? karena selama ini yang dia temukan ketika mencari panduannya di Google kebanyakan menggunakan cara online tanpa aplikasi tetapi repotnya jika dokumen pdf ada di HP dan sedang tidak ada paket data lalu bagaimana mau split PDF?

Untuk memecah halaman pdf lewat HP Android ternyata tidak sesulit yang saya kira, karena setelah tanya teman yang sudah lebih berpengalaman dengan urusan file pdf akhirnya saya mendapat satu referensi aplikasi Android yang bisa kita pakai untuk menggabungkan file pdf terpisah maupun sebaliknya yaitu memisahkan halaman pada file pdf. Aplikasi yang saya temukan salah satunya adalah Xodo PDF Reader yang bisa kita gunakan secara gratis.

Aplikasi ini bisa kita unduh dari Google Play Store langsung dari HP jadi kamu tidak perlu repot mencari file apknya, fungsi utamanya adalah untuk membaca dokumen dalam format pdf, tetapi berbeda dengan aplikasi pdf reader Android lainnya, Xodo PDF reader & editor ini bisa juga untuk mengunci, menggabung, memisahkan file pdf lewat HP Android secara offline tanpa perlu pakat data.

Jadi aplikasi Xodo Docs atau pdf reader ini memang punya banyak fitur unggulan dan merupakan salah satu yang terbaik yang pernah saya coba, namun kali ini saya hanya akan membahas tentang bagaimana caranya memisah halaman pdf di Android, dan berikut langkah-langkahnya.

Cara Memisahkan File PDF Dengan Android Dengan Aplikasi PDF Reader

  1. Pertama-tama kamu install dulu aplikasinya dari Google Play Store melalui tautan ini.
  2. Setelah diinstal silahkan cari short cut dengan nama Xodo Docs untuk menjalankannya.
  3. Jika sudah terbuka aplikasinya, kemudian cari file pdf yang akan kita pisahkan lalu tap pada layar hp untuk membukanya.Cara Memisahkan File PDF Dengan Android Dengan Aplikasi PDF Reader
  4. Setelah dokumen terbuka, pilih menu yang ada dipojok kanan atas – Edit Page.Edit Page
  5. Pilih lagi menu yang dipojok kanan atas – Rearrange/Export (lihat gambar dibawah)Rearrange/Export
  6. Pilih halaman mana saja yang ingin kita ambil, misal dalam dokumen pdf tersebut ada 25 halaman kemudian kita ingin pisahkan (ambil) halaman 1, 3, 5 dan 20-25 saja maka tap semua page/halaman tersebut lalu Export.
  7. Terakhir pilih lokasi penyimpanan lalu Select.Cara Memisahkan File PDF Dengan Android Dengan Aplikasi PDF ReaderJika semua langkah diatas sudah dilakukan maka, kita sudah berhasil memecah atau memisahkan halaman pada file pdf di HP Android.

Untuk melihat hasilnya silahkan pilih lagi menu utama aplikasi Xodo Docs karena semua file pdf yang ada di HP akan muncul disana.

Seperti itulah cara mudah untuk memisahkan file PDF dengan Android, baik lewat HP maupun tablet. Satu hal yang perlu diingat adalah pada proses export kita harus pilih halaman mana saja yang akan tetap disimpan bukan sebaliknya.

Mudah, cepat dan efisien itulah kesan pertama menggunakan aplikasi Xodo PDF reader, karena aplikasi ini multifungsi bukan hanya bisa untuk membuka dokumen pdf tetapi bisa juga untuk mengedit seperti menambahkan catata, mengunci dengan password, menggabungkan, mengubah dari jpg ke pdf, dan tentu saja split atau memisahkan file pdf langsung dari hp Android.

Selamat mencoba dan jika kamu punya saran terutama aplikasi lain yang lebih oke, silahkan sampaikan saran kamu melalui kotak komentar.

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D