Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mendapat Kompensasi Listrik Mati Dilengkapi Gambar

Pada hari Minggu 4 Agustus 2019 warga Jawa Barat, Jakarta dan Banten mengalami pemadaman listrik bahkan ada beberapa wilayah di 3 Provinsi tersebut yang masih gelap keesokan harinya. Untuk mengganti kerugian yang ditimbulkan PLN mulai 1 September akan mendapat kompensasi listrik mati.

Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017, kompensasi tersebut berlaku untuk pelanggan PLN prabayar dan pascabayar. Untuk pengguna listrik pascabayar akan mendapat pengurangan iuran listrik untuk pemakaian bulan Agustus (dibayar September).

Sementara kompensasi listrik token atau prabayar mendapatkan tambahan KWH ketika mengisi pulsa di bulan September. Pada kesempatan ini Lindati akan berbagi informasi cara klaim kompensasi listrik prabayar, untuk yang belum mengetahui langkah langkahnya silahkan simak dibawah.

Advertisement

Cara Mendapat Kompensasi Listrik Mati

1. Silahkan masuk ke website resmi PLN.co.id, kemudian klik menu pelanggan selanjutnya pilih Informasi Kompensasi seperti gambar dibawah dan Lindati mengakses lewat laptop. Tetapi dari smartphone juga bisa hanya tampilan sedikit kecil dan untuk memilih menu silahkan diperbesar.

Cara Mendapat Kompensasi Listrik Mati Dilengkapi Gambar

2. Setelah itu pelanggan listrik akan diminta memasukkan Identitas Pelanggan (IDPEL) contoh 5387225678423 kemudian masukkan kata/captcha disamping misal k2p47 lalu klik Cari. Apabila nomer meter atau pelanggan sudah benar makan akan otomatis tampil Info pelanggan dibagian bawah (tidak perlu diisi manual karena saya sudah coba tidak bisa diisi).

Pada Info Pelanggan akan menampilkan Idpel/no meter, nama pemilik, tarif, kompensasi TMP, Rp PTL, Rp PPJ, Rp PPN dan KWH kompensasi yang didapat kebutalan saya mendapatkan 7 KWH. Dan akan muncul kode token yang nanti di input pada meteran seperti biasa.

Cara Mendapat Kompensasi Listrik Mati Dilengkapi Gambar

Cek Kompensasi PLN Listrik Token Apakah Berhasil

Dibawah merupakan token listrik saya awalnya 9.17 KWH

Cara Mendapat Kompensasi Listrik Mati Dilengkapi Gambar

Dan setelah dimasukkan kode token kompensasi KWH menjadi 16.16 atau ada penambahan 7 KWH

Cara Mendapat Kompensasi Listrik Mati Dilengkapi Gambar

Baca juga: Cara mengatasi struk token hilang

Daftar Daerah Yang Mendapatkan Kompensasi Listrik Padam

1. DKI Jakarta

Wilayah Jakarta Pusat
Wilayah Jakarta Barat
Wilayah Jakarta Timur
Wilayah Jakarta Utara
Wilayah Jakarta Selata

2. Provinsi Banten

Kota Cilegon
Kab Serang kecuali pulau panjang
Kota Serang
Kab Pandeglang
Lebak
Tangerang
Sebagian Kota Tangerang Selatan
Sebagian Kota Tangerang
3. Jawa Barat

Wilayah Depok
Wilayah Bekasi
Wilayah Bogor
Wilayah Cikarang
Wilayah Karawang
Wilayah Gunung Putri
Wilayah Sukabumi
Wilayah Cianjur
Wilayah Purwakarta
Wilayah Cimahi
Wilayah Bandung
Wilayah Majalaya
Wilayah Garut
Wilayah Sumedang
Wilayah Indramayu
Wilayah Tasikmalaya
Wilayah Cirebon

Besarnya kompensasi yaitu sebesar 35% dari rekening minimum atau biaya beban untuk konsumen golongan tarif adjustment, kemudian sebesar 20% dari rekening minimum atau biaya beban untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (Non Adjustment).

Demikianlah informasi mengenai cara mendapat kompensasi listrik mati yang diberikan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Berdasarkan pengalaman saya beberapa kali gagal karena terlalu lama memasukkan IDPEL sehingga kolom kata disamping atau captcha menjadi ekspired dan untuk mengatasinya silahkan halaman di refresh terlebih dahulu

Leave a Reply