Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

Tadi pagi saya bingung karena tombol home dan tombol back tidak bisa digunakan, sehingga ketika kesulitan membuka aplikasi lain. Misalnya setelah melihat Whatsapp kemudian ingin membuka aplikasi Gojek, Android harus di restart terlebih dahulu.

Dengan tujuan kembali ke menu utama yang biasanya saya menggunakan home dan back button. Akhirnya mencari cara mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi. Karena sebelumnya saya pergi ketempat service resmi handphone tersebut yang mengharuskan mengganti touchscreen satu set.

Harga sparepart menurut saya cukup mahal karena masa garansi telah habis, ternyata ada cara solusi untuk membuat tombol home dan back berfungsi kembali, nah bagaimana caranya? silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Advertisement

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

Untuk memperbaiki tombol hom dan back bermasalah bisa dengan cara menggunakan aplikasi gratis yang banyak tersedia di Play store. Salah satunya yaitu aplikasi Tombol Kembali – Back button dari eztools atau ada juga easy touch dan banyak lagi, pada kesempatan ini saya menggunakan aplikasi Tombol Kembali – Back button.

1. Unduh di Play store dengan nama Tombol Kembali – Back button setelah selesai klik buka.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

2. Selanjutnya Back Button membutuhkan akses servis maka pilih menu TO SETUP.  Silahkan ikuti petunjuknya dan hanya diminta untuk mengaktifkan saja dengan cara check list menu Back, Home dan Recents seperti gambar dibawah.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

3. Setelah itu Back Button masih Nonaktif kemudian geser kekanan untuk mengatifkanya. Langkah berikutnya untuk mengatasi tombol back yang tidak berfungsi yaitu dengan klik OK.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

4. Jika sudah aktif lihat tanda dibagian yang diberikan kotak merah pada gambar dibawah, yang berbentuk segitiga berfungsi sebagai tombol back, bentuk yang kedua lingkaran sebagai tombol home dan yang ketiga berbentuk kotak yang berguna untuk melihat aplikasi mana saja yang terbuka.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

Menurut saya aplikasi ini sangat membantu karena murah sekali dibanding biaya memperbaiki tombol home di counter resmi sekalipun.

Tetapi ada kekurangan dari aplikasi pihak ketiga ini contohnya saya kesulitan ketika akan menyalin tulisan whatsapp orang lain karena menu terkadang tidak muncul. Atau ketika mengetik keyboard bagian huruf “P” terhalang tombol kotak sehingga malah membuka semua halaman.

Demikianlah cara mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi yang murah dan mudah tanpa harus mengganti touchscreen.