Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Untuk menggabungkan banyak file PDF menjadi satu dapat kita lakukan dengan dua cara umum yaitu online atau tanpa software tambahan dan dengan menggunakan aplikasi PDF Merger atau joiner gratis yang saat ini ada banyak sekali pilihannya.

Cara yang akan kami jelaskan pada artikel ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai banyak file PDF dan ingin dibuat menjadi satu, misalnya hasil scan yang biasanya terpisah-pisah.

Namun perlu diingat walaupun ada banyak software gratis untuk menyatukan PDF tetapi kami hanya akan memberikan panduan menggunakan software yang benar-benar bersih atau tidak mengandung Ad-Aware yang biasanya akan menginstall beberapa aplikasi tambahan berupa add-ons atau extension bahkan mengubah halaman default home page pada web browser.

Baca juga : cara convert file pdf ke MS Word.

Bagaimana Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Seperti kami jelaskan sebelumnya pada umumnya ada dua cara yang bisa kita pilih yaitu online dan offline, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi pilih metode mana itu semua kembali kepada kebutuhan anda.

#1 – Cara Menggabungkan Banyak File PDF Online

Pilihan online sangat tepat jika kita hanya melakukan penggabungan ini sesekali saja dan memiliki koneksi internet yang cukup stabil, saat ini ada banyak pilihan situs yang menawarkan layanan merge pdf jadi kami hanya akan memberikan contoh menggunakan salah satu situs saja dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi halaman ilovepdf.com
  2. Selanjutnya upload file PDF yang akan kita gabung dengan cara klik Select PDF files.

    Cara Menggabungkan Banyak File PDF Online

    Merge PDF Files Online © www.ilovepdf.com

  3. Tunggu sampai semua file tersebut terupload. Jika diperlukan anda juga bisa mengubah urutan file dengan cara seret dan geser posisinya.Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu
  4. Terakhir, klik tombol Merge PDF, dan file baru yang dihasilkan tersebut akan otomatis terdownload ke komputer.

Catatan : Langkah diatas tidak hanya bisa dilakukan dari PC tetapi bisa juga dilakukan dari smartphone Android.

#2 – Menyatukan Banyak File PDF Dengan 7-PDF Split & Merge

Alternatif lain jika anda kurang menyukai cara online maka bisa memakai aplikasi gratis yaitu 7-PDF Split & Merge, salah satu alasan kami pilih software ini karena tidak mengandung Ad-Aware saat akan menginstall, dan berikut adalah langkahnya.

  1. Unduh lalu install aplikasi 7-PDF Split & Merge dari www.7-pdf.de
  2. Kemudian jalankan, untuk menambahkan file yang akan digabungkan menjadi satu pilih tab Merge PDF Files lalu klik Add.

    Menyatukan Banyak File PDF Dengan 7-PDF Split & Merge

    © www.7-pdf.de

  3. Terakhir jika sudah ditambahkan semua file yang akan dijadikan satu tersebut, klik Merge PDF Files!, beri nama lalu klik Save untuk menyimpan.

    Menyatukan Banyak File PDF Dengan 7-PDF Split & Merge

    © www.7-pdf.de

Memang masih ada banyak software lain yang bisa anda coba tetapi harap perhatikan baik-baik saat menginstall apakah mengandung Ad-Aware atau tidak dan khusus untuk 7-PDF Split & Merge saat kami coba (28/12/2015) cukup bersih alias tidak menawarkan install aplikasi tambahan yang tidak diperlukan.

Sedangkan pilihan untuk menggunakan software tambahan seperti 7-PDF Split & Merge cocok bagi anda yang ingin menyatukan banyak file PDF dengan ukuran besar karena tidak perlu koneksi internet untuk upload dan download. Baca juga : cara mengisi form PDF.

Bagaimana jika file hasil scan formatnya JPG (gambar)? tentu saja sebelum dibuat menjadi satu kita harus ubah terlebih dahulu file jpg ke pdf baru setelah berubah menjadi dokumen pdf yang terpisah tersebut kita proses dengan langkah diatas agar menjadi satu file.

Kesimpulan, menggabungkan file pdf online menjadi satu adalah pilihan terbaik untuk anda yang hanya sesekali saja melakukannya dan proses ini bisa dilakukan dari komputer maupun dari Android.

Alternatif lain kamu juga bisa menggunakan PDFBinder, dengan ukuran cukup kecil yaitu hanya sekitar 1.6MB.

Latest Comments
  1. Cagur Item May 2, 2016