Cara Mengganti Kurir Ekspedisi di Tokopedia

Bagi yang jualan online di marketplace seperti Tokopedia mungkin pernah mengalami kesulitan untuk mengirim paket kepada pembeli. Salah satu alasanya karena perusahaan ekspedisi yang dipilih pembeli sedang tutup karena hari libur.

Ternyata seller bisa juga mengganti kurir ekspedisi di Tokopedia sehingga barang pesanan akan segera tiba di rumah konsumen. Tentu saja untuk mengubah kurir terlebih dahulu si penjual harus konfirmasi ke pembeli supaya tidak ada kesalahpahaman karena dikwatirkan pembeli melacak paket menggunakan aplikasi agen kurir yang dia pilih.

Contohnya lindati.com mengganti ekspedisi Wahana dan ekspedisi JNE dengan J&T karena saat itu Wahana dan JNE di sekitar sedang tutup. Karena jika terlalu lama menunda pengiriman makan akan berpengaruh pada reputasi lama pengiriman toko.

Untuk penjual di Tokopedia yang belum mengetahui cara ganti ekspedisi pengriman silahkan melihat bagaimana prosesnya dibawah ini.

Cara Mengganti Kurir Ekspedisi di Tokopedia

1. Pilih menu penjualan kemudian klik Konfirmasi Pengiriman dan klik invoice yang nanti akan muncul detil transaksi.
2. Selanjutnya pilih opsi tanya pembeli apakah bersedia apabila dukungan pengiriman di Tokopedia diganti atau tidak kemudian sertakan alasankenapa ada penggantian jasa ekspedisi.
3. Kemudian centang kotak Ganti Kurir Pengiriman misalnya dengan J&T atau JNT di sebelah kiri dan pilih layanan J&T reguler atau J&T Express.
4. Dan masukan nomor resi J&T kemudian klik konfirmasi.

Cara Mengganti Kurir Ekspedisi di Tokopedia

Jika sudah maka notifikasi konfirmasi pengiriman akan berubah menjadi status pengiriman dan apabila si penjual melakukan tracking J&T barang dapat dipantau sudah berada dimana dengan valid.

Harap diingat tentu saja ada perbedaan tarif atau ongkir diantara jasa ekspedisi seperti service wahana normal pada paket yang lindati kirim seberat 2kg adalah Rp.8.000 sementara menggunakan J&T reguler sebesar Rp.18.000.

Silahkan baca juga: Cara daftar menjadi penjual di Tokopedia

Dan biaya pergantian kurir sepenuhnya ditanggung oleh penjual, tetapi demi pelayanan kepada pembeli walaupun margin keuntungan berkurang tetapi pembeli akan merasa puas karena barang cepat sampai.

Demikianlah pengalaman saya ketika mengganti kurir ekspedisi di Tokopedia, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat dan silahkan dibagikan supaya seller yang belum tahu menjadi terbantu.

 

Advertisement

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D