Cara Menggunakan Indosat SuperWiFi Di Laptop dan HP Android

Lindati.com – Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Indosat SuperWifi di Laptop dan juga HP Android. Superwifi Indosat adalah salah satu layanan internet berbasis teknologi Wifi hotspot yang disediakan oleh Indosat ooredoo.

Untuk dapat menggunakannya kita harus memiliki SIM Card Indosat (IM, Mentari, Matrix) dan mempunyai paket super wifi baik membeli secara langsung atau menggunakan kuota bonus yang biasanya diberikan pada paket internet Indosat tertentu.

Indosat superwifi bisa diakses dari ponsel pintar seperti Android maupun laptop, dengan syarat kita berada di lokasi super wifi Indosat yang biasanya ada di tempat-tempat umum seperti kampus, mall atau pusat perbelanjaan, rumah sakit, restoran, maupun tempat publik lainnya.

Saat kita ada diarea hotspot yang menyediakan superwifi biasanya ada 3 SSID yang akan muncul yaitu SuperWifi-SIM, SuperWiFi-Web dan INDOSATNET lalu pilih apa perbedaanya?

  1. SuperWifi-SIM digunakan untuk anda yang ingin mengakses dari ponsel pintar dengan sim card Indosat dan memiliki kuota super wifi, tanpa perlu repot melakukan pengaturan atau setting.
  2. SuperWiFi-Web & INDOSATNET dapat digunakan baik dari HP Android maupun laptop namun kita perlu memasukan user name dan password sebelum bisa melakukan aktifitas browsing.

Cara Menggunakan Indosat SuperWiFi Di Laptop dan HP Android

Cara Cek Username dan Password Super WiFi Indosat

Untuk mengetahui nama pengguna dan password, caranya cukup mudah yaitu dengan ketik sms “STATUS” lalu kirim 363 dari nomor Indosat anda.

Nanti akan mendapat jawaban yang isinya kira-kira seperti berikut:

Anda mendapatkan akses internet Gratis dg Indosat SuperWiFi username 081213232@indosatooredoo.com Password im2loc0cf. Pilih “SuperWifi-SIM” & “SuperWiFi-WEB”. Cek lokasi tkn *123*60# www.indosatooredoo.com/superwifi

Bagaimana Cara Menggunakan Indosat SuperWiFi Di Android & Laptop?

Seperti kami jelaskan diatas, untuk dapat menggunakan akses internet dari super wifi kita setidaknya ada dua hal yang harus terpenuhi yaitu berada di lokasi super wifi dan memiliki akun (username dan password). Baca : cara cek lokasi super wifi Indosat.

Setelah kita ada diarea yang menyediakan hotspot superwifi, misal di pusat perbelanjaan yang pernah saya coba adalah Ramayana dan Carrefour atau jika ditempat umum lain di Taman Mini Indonesia Indah pun ada, dan berikut langkahnya.

#1 – Akses Dari HP Android
Cara pertama ini hanya bisa dilakukan dari ponsel Android dengan sim card Indosat dan masih memiliki kuota super wifi.

  1. Langkah pertama, aktifkan wifi di ponsel anda lalu buka settings / pengaturan.
  2. Kemudian pilih ke SuperWiFi-SIM, tunggu sampai terhubung lalu tap lagi dan ubah EAP Method menjadi SIM agar anda tidak perlu memasukan username dan password.Cara Menggunakan Indosat SuperWiFi di Laptop
  3. Setelah berhasil terhubung anda sudah bisa menggunakan akses internet dari hotspot super wifi tersebut untuk browsing, download maupun mengakses Google Play Store misalnya untuk mengupdate aplikasi.

Catatan : Jika ponsel yang ingin anda gunakan tidak sedang berlangganan paket internet Indosat maka bisa pilih SSID SuperWifi-WEB dengan catatan anda harus memiliki username serta password yang biasanya didapat dari bonus super internet.

Setelah terhubung, buka mobile browser seperti Google Chrome, Opera Mini, UC Browser maupun Firefox lalu ketik url yang ingin dibuka, dan saat pertama kali membuka browser anda akan langsung diarahkan ke halaman log in, nah masukan nomor HP Indosat yang memiliki kuota dan password lalu pilih Masuk.

#2 – Akses Menggunakan Laptop
Untuk kamu yang ingin internetan dari laptop menggunakan hotspot superWiFi berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Aktifikan wireless network di laptop kemudian klik icon Wifi yang ada dipojok kanan bawah dekat jam.
  2. Setelah muncul SSID, pilih SuperWiFi-WEB lalu klik connect.SuperWiFi-WEB
  3. Saat pertama kali terhubung biasanya akan muncul tanda seru di icon wifi dan muncul juga dialog Set Network Location, pilih saja Public network setelah itu tanda seru kuning akan hilang yang menandakan anda sudah berhasil terhubung ke hotspot tersebut dan mendapatkan IP Address.Bagaimana Cara Menggunakan SuperWiFi Indosat
  4. Buka web browser favorit anda, lalu ketik url misalnya google.co.id dan nanti akan muncul halaman SUPER-WIFI LOGIN.
  5. Masukan username (nomor telepon) dan password yang anda dapatkan via sms dengan cara ketik STATUS ke 363, lalu klik MASUK.Login SUPERWIFI WEB
  6. Setelah berhasil masuk anda akan melihat info pemakaian berupa nomor telepon Indosat yang digunakan, tanggal akses, sisa waktu dan lainnya.
  7. Untuk mulai browsing kamu bisa tutup halaman tersebut dan buka halaman lainn yang diinginkan.

Kesimpulan :

  1. SuperWiFi Indosat hanya bisa digunakan saat kita ada dilokasi hotspot super wifi.
  2. Indosat superWiFi bisa diakses dari ponsel pintar seperti Android, Windows Phone, Blackberry atau iPhone serta laptop.
  3. Jika ponsel yang ingin digunakan untuk mengakses superwifi tidak terpasang sim card Indosat dengan kuota super wifi maka anda bisa pilih konek ke superwifi-web tetapi harus memasukan nama pengguna dan kata sandi.

Masih Bingung atau Kurang Mengerti Langkah Menggunakan SuperWifi Indosat?

Bagi kamu yang masih sedikit bingung, silahkan lihat beberapa video dibawah ini yang dibuat oleh Indosat. Pada video berikut ini kamu dapat melihat bagaimana cara melakukan pengaturan atau setting di Android, BlackBerry dan juga iPhone.

  1. Cara Setting Indosat Super WiFi pada Android
  2. Cara Setting Indosat Super WiFi di BlackBerry

Masalah Yang Mungkin Timbul dan Solusinya
Beberapa masalah yang biasanya timbul diantaranya : gagal konek, solusinya coba ganti SSID misal ketika anda pilih SuperWiFi-SIM dari HP tetapi tidak bisa nyambung walau sudah memasukan username dan password, ubah koneksi ke SuperWiFi-WEB atau INDOSATNET. Baca juga : cara membagi wifi hostpot hp ke laptop.

Biasanya masalah ini terjadi saat terlalu banyak orang yang mengakses sehingga kita gagal mendapatkan IP Address atau memang wifi router mereka yang sedang bermasalah.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang cara menggunakan superwifi Indosat ooredoo baik di Laptop maupun HP Android, sangat mudah bukan? Baca juga : paket internet telkomsel 10ribu perbulan.