Cara Menggunakan Orpalis PDF Reducer Untuk Memperkecil File PDF

Orpalis PDF Reducer adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkecil atau mengurangi ukuran file PDF, sangat cocok digunakan jika kita sering bekerja dengan dokumen dalam format pdf dan sering mengirimkannya sebagai lampiran melalui email.

Karena semakin kecil ukuran file PDF maka akan semakin mudah dan cepat ketika kita kirim lewat email, Orpalis PDF Reducer dapat dipakai secara gratis walaupun saat akan menjalankan aplikasi selalu muncul tawaran untuk melakukan upgrade dan harus menunggu selaman 5 detik.

Tetapi kekurangan ini tidak terlalu berarti mengingat fungsinya yang dapat digunakan untuk kompres file PDF dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Situs Terbaik Untuk Mengurangi Ukuran File PDF

Cara Menggunakan Orpalis PDF Reducer

  1. Langkah pertama silahkan unduh lalu install terlebih dahulu melalui tautan ini.
  2. Setelah terpasang di komputer, jalankan dan untuk pertama kali lakukan dulu perubahan pengaturan agar nanti kita saat kita klik tombol browse / cari yang muncul adalah nama file bukan folder, caranya pilih menu Options lalu lihat tab General, kemudian ubah input mode menjadi Files selection.Cara Menggunakan Orpalis PDF Reducer
  3. Untuk mengurangi ukuran file PDF caranya, klik tombol Source kemudian cari file yang akan dikompres setelah itu silahkan ubah Destination untuk mentukan tempat penyimpanan file yang telah dikompres.Cara Menggunakan Orpalis PDF Reducer Untuk Memperkecil File PDF
  4. Terakhir klik tombol Start batch dan tunggu sampai selesai.

Catatan : dengan menggunakan ORPALIS PDF Reducer hasil file yang akan dihasilkan bervariasi tetapi dari beberapa kali percobaan, hasilnya cukup memuaskan karena dapat mengecilkan ukuran file asli sampai 60% dengan kualitas yang tetap baik atau tidak jauh berbeda dengan aslinya.

Penting : Jangan tempatkan Source dan Destination pada folder yang sama karena software ini akan replace atau menimpa file aslinya, jadi agar masih bisa memiliki file PDF yang aslinya anda harus pilih folder penyimpanan hasil kompres pada lokasi yang berbeda dengan file yang akan diperkecil.

Masih ada alternatif lain saat kita ingin mengurangi ukuran file PDF sehingga menjadi lebih kecil seperti menggunakan layanan online dari smallpdf, maupun menggunakan Adobe Acrobat PRO.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jika suka silahkan bagikan artikel ini ke Facebook atau Google Plus.