Cara Menghubungi Customer Service Telkomsel Lewat Facebook

Untuk koneksi internet di laptop saya menggunakan modem Huawei e3372 4g LTE, dan kartu Simpati loop untuk paket data internet. Tetapi tadi pagi saya tidak bisa beraktivitas di dunia maya karena jaringan Telkomsel hilang padahal selama ini baik baik saja.

Akhirnya saya menghubungi costumer service Telkomsel lewat Facebook karena lebih cepat direspon dan gerai Grapari hari saat tulisan ini ditulis (hari Minggu) tutup. Sebelumnya saya telah mencoba memindahkan kartu Simpati dari modem ke hp Samsung namun sama saja hasilnya.

Selalu muncul pemberitahuan Tidak Terdaftar Jaringan , sempat mengira Telkomsel gangguan hari ini tetapi ketika mencoba kartu Telkomsel lain bisa digunakan. Dibawah ada pengalaman saya ketika menghubungi CS Telkomsel lewat Facebook.

Advertisement

Hubungi Costumer Service di Facebook

1. Saya anggap Anda sudah log in ke akun Facebook, kemudian masuk ke halaman Telkomsel https://web.facebook.com/telkomsel/?ref=br_rs

2. Tulis masalah yang dihadapi pada postingan di beranda Telkomsel.

Cara Menghubungi Customer Service Telkomsel Lewat Facebook

3. Selanjutnya akan mendapat jawaban dari admin fanspage Telkomsel seperti gambar dibawah.

Cara Menghubungi Customer Service Telkomsel Lewat Facebook

4. Kemudian diminta untuk melanjutkan permasalahan lewat inbox, awalnya disini saya bingung karena yang menjawab sebuah personal assistant bernama Veronika. Walau sudah mengetik permasalahan mengenai jaringan tidak muncul tetap saja tidak mengerti.

Untuk mendapat jawaban dari Officer/costumer service haruslah mengetik nomor handphone sebanyak dua kali (seperti gambar dibawah sebelah kanan), tunggu antrian chat dengan CS sekitar 4 sampai dengan 5 menit sambil menungggu ditawarkan untuk bermain games.

Cara Menghubungi Customer Service Telkomsel Lewat Facebook

Dibawah saya akan berbagi penjelasan diberikan costumer service apa yang harus dilakukan jika jaringan Simpati hilang.

Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Hilang

  1. Pindahkan mode jaringan ke 2G only kemudian ke 3G atau 4G only, lalu kembalikan ke otomatis dan reset koneksi data secara berkala.
  2. Update lokasi terlebih dahulu, dengan cara:
    A. Android : Switch manual network pada menu mobile networks, pilih operator lain terlebih dahulu, kemudian pilih Telkomsel,
    B. iOS : Pilih settings – general – reset – reset network setting.
  3. Pindahkan simcard ke handset lain yang mendukung all jaringan sebagai pembanding.
  4. Jika keluhan baru dialami hari ini, silakan coba akses secara berkala 1×24 jam antisipasi gangguan sementara.

Solusi Kartu Telkomsel Tidak Terdeteksi

Cara Menghubungi Customer Service Telkomsel Lewat Facebook

baca juga: cara mengecek kuota Telkomsel

Mengenai keluhan kartu tidak terdeteksi pada device, pastikan kartu sudah terpasang dengan benar pada slot SIMcard dan coba pindahkan SIMcard ke HP lain sebagai perbandingan. Jika masih sama, saya sarankan untuk mengunjungi GraPARI terdekat untuk pengecekan fisik kartu dengan syarat dan ketentuan:

  1. Membawa SIM Card,
  2. Membawa KTP asli yang masih berlaku. Apabila belum memiliki KTP, dapat diwakilkan oleh orang tua dengan syarat membawa KTP asli dan Kartu Keluarga (KK),
  3. Proses tidak dapat diwakilkan, dan
  4. Mengingat 3 nomor yang sering dihubungi.

Sampai tulisan ini diterbitkan saya belum menemukan solusi apa penyebab kuota masih ada tapi tidak bisa internetan karena jaringan Telkomsel hilang.

Costumer service akhirnya menyarankan untuk mendatangi gerai GraPARI terdekat pada hari kerja, demikianlah cara menghubungi costumer service Telkomsel lewat Facebook, sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.