Cara Mengubah File Microsoft Word Menjadi PDF

Ada banyak cara mengubah file Microsoft Word menjadi PDF baik online tanpa software maupun offline dengan beberapa aplikasi gratis yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini, seperti kita tahu PDF merupakan salah satu jenis format file yang cukup populer dan banyak digunakan karena tidak tergantung kepada satu aplikasi saja ketika kita ingin membuat atau membacanya.

Selain tidak tergantung pada satu aplikasi saja untuk membuka atau membuatnya, file pdf banyak digunakan orang karena cukup aman jika diberi password atau diproteksi sehingga tidak bisa dicopy.

Pada pembahasan kali ini lindati.com akan berbagi tips cara mengubah file Microsoft Word menjadi PDF tetapi tidak menutup kemungkinan cara yang akan kami jelaskan ini berlaku juga untuk jenis file lain seperti JPG misalnya karena prosesnya sama saja.

Bagaimana Cara Mengubah File Microsoft Word Menjadi PDF?

Pada dasarnya ada dua cara yaitu online dan offline dengan tambahan software yang saat ini ada banyak sekali pilihannya baik gratis maupun berbayar.

Pilih metode mana itu tergantung selera dan kebutuhan anda sendiri tentunya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dipilih :

1  – Online Dengan Word ke PDF Dari Situs smallpdf.com

Online Dengan Word ke PDF Dari Situs smallpdf.com

  1. Langkah pertama, kunjungi halaman ini smallpdf.com/word-to-pdf
  2. Lalu klik Pilih File dan cari dokumen word (docx,doc) yang akan diconvert dari komputer anda.
  3. Tunggu sampai upload selesai dan proses konversi dari Word ke PDF akan berjalan otomatis.
  4. Setelah selesai, download hasilnya dengan cara klik tombol Unduh File.

Catatan : situs smallpdf.com juga menyediakan layanan lainnya seperti mengubah pdf ke Excel, JPG ke PDF, menggabungkan file pdf yang terpisah dan masih banyak lagi.


2 – Mengubah Word Menjadi PDF Dengan Nitro Reader 3

Mengubah Word Menjadi PDF Dengan Nitro Reader 3

  1. Jalankan aplikasi Nitro Reader 3, jika belum terinstall silahkan baca disini (link download ada dibagian akhir artikel tersebut).
  2. Pilih Menu Create from File, lalu klik Browse dan cari file MS Word yang ingin diconvert.
  3. Terakhir klik Create.

3 – Convert MS Word Ke File PDF Foxit Reader

Bagi kamu yang memiliki aplikasi Foxit Reader, berikut adalah cara paling mudah untuk membuat file PDF dari MS word (doc, docx).

  1. Buka windows explorer lalu cari dokumen word tersebut, klik kanan dan pilih Convert to PDF in Foxit Reader.Convert MS Word Ke File PDF Foxit Reader
  2. Terakhir setelah aplikasi Foxit Reader terbuka, klik Save lalu berinama dan klik Save kembali.

4 – Menggunakan Office 2010

Bagi anda pengguna Office 2010 keatas maka tidak perlu lagi install software tambahan karena semenjak versi 2010 sudah ada fitur untuk menyimpan word sebagai PDF dengan cara.

  1. Buka dokumen yang ingin dikonversi ke PDF
  2. Klik Menu File – Save as lalu pada Save as Type pilih  PDF (*.pdf) lalu klik Save.

Menggunakan Office 2010

Sedangkan bagi pengguna Office 2007 harus install Add-in Microsoft Save as PDF.


5 – Convert MS Word ke PDF Dengan LibreOffice 5

Cara terakhir adalah dengan menggunakan LibreOffice Writer dengan langkah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi LibreOffice Witer, jika belum ada silahakan download dan install terlebih dahulu dari situs resminya www.libreoffice.org
  2. Kemudian pilih Menu File – Open lalu cari dokumen word yang akan kita save sebagai PDF.
  3. Setelah terbuka klik icon Export Directyly as PDF terakhir klik Save.Convert MS Word ke PDF Dengan LibreOffice 5

Itulah kumpulan cara untuk mengubah file MS Word ke PDF baik online maupun offline walaupun memang masih banyak aplikasi lain yang bisa kita gunakan dan mungkin jika anda memliki cara favorit selain yang disebutkan diatas silahkan berbagi disini.

Semoga bermanfaat terutama bagi anda yang sedang ingin mengirimkan CV atau lamaran pekerjaan dalam format PDF tetapi saat ini dokumen yang dimiliki masih dalam bentuk word jadi silahkan ubah dulu ke PDF dengan beberapa cara yang sudah kami sebutkan diatas.