Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengurus Surat Pindah Antar Kabupaten Jika Orangtua Sudah Meninggal

Lindati.com akan bercerita sedikit saya masih terdaftar pada Kartu Keluarga Ibu sementara saya sudah menikah dan sudah tinggal di kota yang berbeda tetapi masih dalam satu Provinsi. Ibu pun telah meninggal dunia beberapa tahun kebelakang.

Sehingga saya harus membuat Kartu Keluarga baru dengan alamat kota yang sekarang dan yang harus dilakukan adalah dengan cara mengurus surat pindah antar Kabupaten. Selain itu saya juga akan memasukkan adik yang belum menikah kedalam KK tersebut.

Dibawah merupakan pengalaman ketika saya membuat surat pindah kebetulan mengurus dari Cikarang mengurus di Kabupaten Bogor. Sebenarnya ada di beberapa kota sudah bisa mengurus surat pindah online tetapi di Bogor sepertinya belum bisa atau saya yang belum tahu, nah daripada bolak balik sebaiknya simak pengalaman saya dibawah.

Advertisement

Cara Mengurus Surat Pindah Antar Kabupaten

Cara Mengurus Surat Pindah Antar Kabupaten Jika Orangtua Sudah Meninggal

  1. Minta pengantar pindah dari RT dan RW yang berisi tujuan pindah.
  2. Kemudian mendatangi kelurahan dengan membawa pengantar tersebut ditambah dengan membawa foto copy KTP, Kartu Keluarga lama.
  3. Karena saya masih menginduk ke KK orangtua (sudah meninggal) sehingga diharuskan membawa surat kematian.
  4. Melampirkan surat belum menikah (karena ada penambahan adik yang belum berkeluarga di KK) pengantar dari RT dan RW.
  5. Kemudian jika syarat sudah lengkap akan ditandatangani oleh lurah setempat.

Mengurus Surat Pindah Antar Kabupaten di Kecamatan Cibinong

  1. Setelah dari Kelurahan dilanjutkan dengan ke Kecamatan dengan membawa Surat Keterangan Pindah Datang WNI.
  2. Membawa surat pelaporan kematian (berbeda dengan surat kematian) dari Kelurahan.
  3. Membawa eKTP asli.
  4. Membawa foto copi eKTP dua orang saksi.
  5. Pas Foto 3X4 masing masing pemohon.

Jika sudah petugas Kecamatan akan memberikan resi pengambilan surat pindah yang sudah ditandatangani Camat, lama pengambilan kurang lebih 3 hari kerja.

Dan nanti surat tersebut dibawa ke Disdukcapil dan karena baru jadi hari ini sehingga belum mengurus ke Disdukcapil Kabupaten Bogor. Tidak dikenakan biaya untuk mengurus surat pindah sama dengan membuat akte kelahiran di Kabupaten Bogor tetapi jika ingin memberi biasanya ditingkat RT dan RW untuk biaya foto copi formulir JIKA ikhlas silahkan saja.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mengurus surat pindah antar Kabupaten jika orangtua sudah meninggal dengan kata lain pisah dari KK orangtua. Semoga bermanfaat dan jika ada kesempatan saya juga akan mengulas mengenai proses selanjutnya.

Leave a Reply