Cara Menyambungkan Hotspot HP Android ke Laptop

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menyambungkan hotspot hp Android ke laptop untuk berbagi koneksi internet sehingga nantinya laptop atau komputer bisa browsing dan lain sebagainya.

Walau memang ini sangat mudah tetapi ternyata tadi ada seorang teman yang bertanya karena belum tahu caranya, kebetulan dia sedang ingin mengakses internet dari laptop tetapi kuota paket data pada modem yang digunakan habis.

Oleh karena itu dia ingin berbagi koneksi internet dari HP ke laptop melalui wifi hotspot atau yang lebih dikenal dengan tethering.

Okelah tidak perlu berbasa-basi lagi mari langsung kita bahas langkah-langkah menghubungkan hotspot hp ke laptop atau komputer, dengan catatan komputer yang kamu gunakan memiliki wireless adapter atau wifi card karena jika tidak ya tentu tidak bisa terhubung.

Baca juga : cara membuat wifi hotspot di modem huawei.

Beginilah Cara Menyambungkan Hotspot HP Android ke Laptop

Pada contoh kali ini saya menggunakan HP Android Samsung Galaxy Grand, dan bagi anda yang menggunakan tipe lain mungkin tampilannya agak sedikit beda walaupun prinsipnya sama saja, dan berikut langkahnya.

  1. Buka menu settings atau pengaturan.
  2. Pilih Tethtering and mobile hotspot atau penambatan dan hotspot seluler.
  3. Berikutnya pilih mobile hotspot atau hotspot seluler, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.Cara Menyambungkan Hotspot HP Android ke Laptop
  4. Jika sudah aktif kita bisa mengubah nama SSID dan password sehinggan nantinya hanya orang yang mengetahui kata sandi saja yang boleh terhubung ke HP tersebut dengan cara tap pada Hotspot seluler lalu tap Konfigurasi.Cara Menyambungkan Hotspot HP Andriod ke Laptop
  5. Silahkan ubah nama SSID jaringan maupun kata sandi sesuai keinginan anda lalu Simpan.

Catatan : langkah no 4 dan 5 hanya perlu dilakuan satu kali saja karena tujuannya hanya untuk membuat ssid dan kata sandi.

Jika anda sudah selesai sampai langkah nomor 5  itu berarti wifi hotspot HP Android sudah berhasil dibuat, selanjutkan kita adalah mengubungkan laptop ke hotspot tersebut dengan cara sebagai berikut.

  1. Pilih icon wireless yang ada pada taskbar Windows dipojok kanan bawah dekat jam.
  2. Tunggu sampai SSID yang sudah kita buat pada langkah pertama terbaca dan untuk menyambungkan hotspot hp ke laptop pilih Connect.menyambungkan hotspot hp ke laptop
  3. Masukan password sesuai dengan yang sudah kita buat lalu pilih tombol OK.Password wifi
  4. Tunggu sampai terhubung, yang ditandai dengan berubahnya status wireless connection menjadi connected dan ada tulisan Internet Access.membagi wifi dari hp ke laptopJika anda melihat sudah seperti gambar diatas maka anda sudah berhasil membagi wifi hp ke laptop dan bisa digunakan untuk mengakses internet, selesai.

Cukup mudah memang, tetapi kadang ada beberapa kendala yang dialami misalnya wifi hotspot hp tidak terbaca di laptop.

Jika itu terjadi maka periksa kembali apakah pada laptop sudah terinstall wireless driver? jika belum silahkan install terlebih dahulu sesuai dengan tipe laptop yang digunakan.

Penyebab lain biasanya wireless card dalam keadaan disable, untuk mengeceknya anda bisa buka dari Control Panel\Network and Internet\Network Connections kemudian lihat apakah Wireless Network Conection dalam keadaan enable atau tidak.

Jika disable tandanya berwarna abu-abu dan untuk mengaktifkannya klik kanan lalu pilih Enable.

Demikian panduan singkat cara menyambungkan hotspot hp Android ke laptop, semoga bisa bermanfaat. Mohon maaf jika ada kekurangan dan jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan.

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D