Cara Menyimpan Word Menjadi PDF di Office 2007 dan 2010

Ada kalanya kita harus membuat laporan dalam format PDF karena seperti kita tahu format file berkentensi .PDF ini lebih mudah dibuka pada berbagai OS, cukup menggunakan aplikasi PDF Reader atau bahakan membuka langsung dari web browser Google Chrome.

Walaupun faktanya tidak semua orang memiliki aplikasi PDF creator seperti Adobe Acrobat yang bisa dengan mudah digunakan untuk membuat file PDF, namun hal ini tidak menjadi halangan yang berarti karena bagi para pengguna Microsoft Office pun kita bisa eksport dokumen menjadi PDF dengan mudah.

Menyimpan word menjadi PDF pada Office 2007 dan 2010 sangatlah mudah, namun untuk pengguna MS Office 2007 kita membutuhkan add-in atau aplikasi tambahan yang berukuran kecil sehingga nantinya pada saat akan menyimpan dokumen ada opsi untuk save sebagai PDF.

Pada artikel kali ini saya hanya akan mencontohkan menggunakan Microsoft Word danĀ  jika file yang ingin disimpan sebagai PDF itu berupa Eexcel, Powerpoint langkahnya sama saja.

Cara Save As PDF Pada Microsoft Word 2007

Cara Menyimpan Word Menjadi PDF di Office 2007 dan 2010

Langkah pertama download terlebih dahulu Add-in Microsoft Save as PDF, yang berfungsi untuk eksport ke PDF melalui 8 aplikasi yang terdapat pada Office 2007 seperti Eord, Excel, Powerpoint, Visio, Access dan lainnya.

Kunjungi tautan berikut Microsoft Save as PDF, pilih Download untuk mengunduh file SaveasPDF.exe(914 KB) ke PC anda lalu install dan setelah selesai terpasang, jalankan aplikasi Microsoft Word 2007 dan buka dokumen yang ingin anda eksport ke PDF tersebut.

Kemudian pilih Menu FileSave As, lalu pilih PDF or XPS kemudian beri nama dokumen word tersebut lalu klik Publish.

Cara Menyimpan Word Sebagai PDF di Office 2010

Untuk pengguna Microsoft Office 2010 kita tidak membutuhkan lagi aplikasi tambahan karena semanjak versi 2010, Microsoft sudah menambahkan fitur untuk menyimpan berbagai dokumen menjadi PDF dengan mudah.

Untuk menyimpan Word menjadi file PDF caranya, jalankan aplikasi MS Word 2010 lalu setelah selesai membuat atau mengedit dokumen yang kita inginkan terbuka, pilih Menu FileSave As, lalu beri nama dan pada save as type pilih PDF (*.pdf) kemudian pilih Save

Jika sudah dibuat lalu bagaimana cara mengeditnya? Kecuali anda memiliki Adobe Acrobat ketika anda ingin melakukan revisi atau pengeditan maka caranya adalah dengan edit file aslinya yang masih dalam format word lalu setelah selesai simpan lagi menjadi PDF.

Lebih lengkap silahkan buka kumpulan cara edit file PDF.

Referensi :

  • support.office.com – Menyimpan Sebagai PDF
  • 2007 Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS