Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

Bagi masyarakat yang ingin membuat akta lahir tidak perlu antri lagi karena sekarang bisa daftar akta anak secara online. Salah satunya pembuatan akta kelahiran online di kabupaten Bogor tetapi bagi yang belum paham menggunakan internet sebaiknya datang langsung ke kantor Disdukcapil atau offline.

Karena sama saja setelah daftar akta kelahiran online pemohon harus datang ke kantor Disdukcapil beserta berkas pengajuan yang asli seperti kartu keluarga, buku nikah, eKTP dan surat keterangan lahir dari dokter atau bidan yang membedakan hanya dalam proses antrian lebih sedikit dibanding offline.

Baiklah dibawah lindati akan menjelaskan bagaimana cara membuat akte lahir baik lewat online atau offline, sehingga pembaca dapat memilih cara yang lebih dapat menyesuaikan dari segi waktu.

Advertisement

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online di Kabupaten Bogor

1. Silahkan mengunjungi website http://semangat.bogorkab.go.id/
2. Selanjutnya lakukan pendaftaran akun dengan memasukkan nomor kartu keluarga, NIK kepala keluarga, no telp/hp, email dan password kemudian klik DAFTAR (seperti gambar dibawah)

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

3. JIika sudah akan muncul pemberitahuan NIK berhasil di daftarkan, selanjutnya akan dibawa kembali ke tampilan awal kemudian Login dengan akun yang terdaftar tadi,

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

4. Lalu pilih menu AKTA LAHIR jika sudah paham tata cara pembuatan akta lahir online kemudian telah membaca persyaratan.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

5. Pada menu AKTA LAHIR (poin no 3) ada dua pilihan yang sudah memiliki NIK atau telah tercantum di KK dan belum memiliki NIK seperti yang mengurus akte kelahiran orang dewasa sementara eKTP belum jadi (harus upload resi eKTP). Tetapi cara pendaftaran sama saja. Baik langsung saja jika melakukan proses pendaftaran benar akan muncul seperti gambar dibawah kemudian klik saja AJUKAN DAFTAR.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

6. Nanti akan keluar semua anggota keluarga sesuai dengan kartu keluarga kemudian klik AJUKAN untuk anggota keluarga yang belum memiliki akta lahir.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

7. Dan nanti akan muncul otomatis nama bayi, ayah dan ibu yang perlu dilakukan adalah mengisi data saksi kelahiran bayi sebanyak dua orang saksi sebagai salah satu persyaratan membuat akta kelahiran. Jika sudah scan semua berkas diunggah kemudian klik UPLOAD.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

8. Dan nanti akan keluar no tiket beserta data lain selanjutnya klik menu PRINT (sebelah kanan).

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

10. Terakhir bawa semua dokumen asli beserta ke kertas yang sudah di cetak tadi ke kantor Disdukcapil (gambar dibawah), karena banyaknya antusias masayarakat yang menyambut programDisdukcapil kabupaten Bogor dengan semangat.bogorkab.go.id nya dibutuhkan beberapa hari untuk verifikasi jadi sabar dan tunggu saja.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

Persyaratan Menbuat Akta Kelahiran Online di Kabupaten Bogor

  1. Dua lembar fotocopy KTP elektonik saksi, boleh siapa saja selain orangtua.
  2. Mengisi formulir akta kelahiran | DOWNLOAD FORMULIR.
  3. Surat Keterangan kelahiran dari Bidan, Dokter, Rumah sakit, SPTJM (Asli tanda tangan dan stempel basah)
    Surat nikah / Akta perkawinan Legalisir.
  4. KK dan KTP elektonik kedua orangtua.
  5. Fotocopy KTP elektonik (Bila usia pemohon 17 tahun atau sudah menikah).
  6. Fotocopy Ijazah bila ada
  7. Surat Pernyataan Anak Ibu (Apabila orang tua tidak memiliki buku nikah KUA / Akta nikah Catatan Sipil) | DOWNLOAD S.P.A.I
  8. Surat Pernyataan Jarak Anak (Apabila jarak anak lebih dari 10 tahun) | DOWNLOAD S.P.J.A
  9. Surat Pernyataan Tanggung jawab Mutlak (Apabila tidak ada surat keterangan lahir) | DOWNLOAD S.P.T.J.M
  10. Tidak boleh dikuasakan / harus salah satu orang tuanya HADIR.

Catatan:

  • Disdukcapil hanya menerima berkas lengkap yang sudah memiliki nomor tiket pendataran akta kelahiran online pada website semangat.bogorkab.go.id.
  • Penerimaan berkas pendaftaran online dilakukan setelah 5 hari kerja.
  • Verifikasi menjadi proses dan selesaiĀ dimohon melihat notifikasi tanggal yang ditentukan di nomor tiket pada website.
  • Dimohon membawa berkas pengajuan yang ASLI.
  • Batas penerimaan berkas sampai pukul 14.00.

Membuat Akta Kelahiran Offline di Kabupaten Bogor

1. Simpan persyaratan buat akte kelahiran sama dengan pembuatan online, sebaiknya datang lebih pagi karena penerimaan berkas akte kelahiran di kabupaten Bogor sudah dibuka mulai pukul 04.30, tunggu sampai dipanggil guna mendapat nomor antri.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

2. Kemudian sekitar pukul 07.00 WIB petugas akan memanggil pemohon satu persatu sesuai dengan no antrian tadi dan diganti dengan nomor antrian untuk di loket.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

3. Seperti ini tampilanya misal no 125 merupakan no antri pertama (di depan) dan nomor A 118 adalah nomor antrian untuk loket. Duduk sampai nomor Anda kena giliran dipanggil biasanya per 50 orang terlebih dahulu atau kondisi dilapangan.

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

4. Setealh dipanggil akan di verifikasi oleh petugas loket jadi sebaiknya lengkapi dengan benar persayaratan dan jika sudah tunggu proses percetakan nama pada akte kelahiran jangan lupa jika sudah diterima harap di cek ulang.

Kesalahan Yang Umum Terjadi dalam Pembuatan Akta Kelahiran
  • Dokumen tidak lengkap misal tidak melengkapi surat keterangan lahir dari bidan atau dokter yang ASLI.
  • Datang dengan tidak membawa legalisir buku nikah atau hanya fotokopian saja tanpa cap basah KUA.
  • Perbedaan nama orangtua pada buku nikah dan kartu keluarga misalnya di buku nikah ditulis Randi (akhiran huruf “i”) dan Randy (akhiran huruf “y”).

Untuk perbedaan nama silahkan diperbaiki terlebih dahulu dari buku nikah atau KK, jika buku nikah harus ke kantor kelurahan minta pengantar kemudian ke kantor KUA. Tetapi jika kartu keluarga yang ingin dipertbaiki harus ke kelurahan kemudian kecamatan dan prosesnya lebih lama karena otomatis eKTP dan KK dirubah.

Membuat Akta Kelahiran Terlambat Kena Denda Berapa?

Cara Pembuatan Akta Kelahiran Online dan Offline di Kabupaten Bogor

Denda telat membuat akta kelahiran sesuai dengan PERDA nomor 2 tahun 2017 adalah sebesar Rp.10.000. Jika tidak melakukan pelaporan selama 60 hari semenjak bayi lahir. Lalu apakah sama bagi yang telat 1 tahun? berdasarkan obrolan dengan sesama pemohon ada yang usian 7 tahun tetap dikenakan denda yang sama (Rp.10.000).

Bagimana Mengurus Akta Kelahiran Jika Bayi Lahir Non Bidan/Dukun

Mungkin ada beberapa masyarakat yang lahiran di dukun atau biasa disebut “paraji”, “ma berang” dll, tidak perlu bingung walaupun dalam syarat akte lahir disebutkan harus melampirkan Surat Keterangan kelahiran dari Bidan, Dokter, Rumah sakit.

Karena bisa dengan mengisi SPTJM (Surat Pertanggung Jawaban Mutlak) kemudian dilengkapi orang yang membantu proses persalinan bayi tersebut. Surat ini juga berlaku untuk surat keterangan lahir dari dokter, bidan apabila hilang.

Alamat Disdukcapil Kabupaten Bogor

Jalan Curug No.31, Pakansari, Cibinong, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16915

Demikianlah informasi mengenai cara pembuatan akta kelahiran online dan offline di kabupaten Bogor, dan jika datang langsung pastikan dokumen sudah benar walaupun lolos dan mendapat antrian yang pertama tapi belum tentu lulus verifikasi di loket.

Selain itu untuk kelancaran bersama perhatikan instruksi petugas karena dilapangan banyak warga kurang tertib misalnya nomor atau nama yang belum dipanggil sebaiknya duduk dan jangan berdiri depan pintu sehingga menghalangi yang terkena giliran. Oh iya jangan lupa siapkan materai Rp.6.000 yang dibubuhkan pada form pelaporan akta lahir.

Jika ingin menanyakan mengenai daftar akta kelahiran online silahkan Whatsapp ke nomor 08129001600 atau lewat facebook dengan akun facebook.com/Disdukcapil.bogorkab/ . Karena kedua cara diatas sangat mudah lebih baik membuat sendiri dibanding harus mencari jasa pembuatan akta kelahiran.

Leave a Reply