Cara Save Halaman Web Sebagai PDF di HP Android

Lindati.com – Beberapa waktu lalu saya melihat seorang ibu-ibu yang sedang mencari resep kueh dan makanan dan setiap kali menemukan yang dia suka, dia selalu menyimpan situs tersebut dengan cara screen capture sehingga tersimpan sebagai file JPG.

Menyimpan halaman web penting dengan cara screen capture memang sangat mudah tetapi kekurangannya adalah saat halaman yang ingin disimpan lebih dari satu halaman maka kita harus lebih dari satu kali buat screen shoot apalagi jika sudah tersimpan di HP, tidak jarang kita bingung karena banyak sekali gambar tersimpan.

Nah alternatif lain dan menurut kami yang paling mudah serta efisien adalah dengan menyimpan web tersebut sebagai pdf, karena akan lebih mudah ketika ingin kita baca lagi, selain itu kita juga bisa beri nama file tersebut sehingga akan jauh lebih mudah saat kita ingin membaca lagi.

Bagi sobat pembaca yang belum tahu bagaimana langkahnya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan 2 cara untuk save html menjadi PDF, semoga panduang singkat ini bisa bermanfaat.

Cara Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF Di HP Android

Ada dua cara paling mudah untuk save web menjadi file PDF di HP Android yaitu menggunakan aplikasi Google Chrome dan Firefox, bagi yang belum tahu bagaimana caranya silahkan ikuti panduan berikut ini.

1 – Menggunakan Firefox untuk Android

Pertama-tama buka halaman web yang ingin disimpan, kemudian tap/tekan menu dan pilih LamanSimpan sebagai PDF.

Cara Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF Di HP Android

Seperti terlihat pada gambar diatas, gambar paling kanan adalah halaman web yang sudah berubah menjadi file PDF, tidak ada perbedaan bukan dengan halaman aslinya. Baca juga mengubah JPG menjadi PDF.

2 –  Menggunakan Google Chrome

Khusus untuk Google Chrome, tidak hanya di HP Android tetapi untuk versi desktop pun bisa langsung mencetak halaman web sebagai PDF dan pernah kami bahas pada artikel ini.

Untuk mencetak html di Google Chrome menjadi file PDF berikut langkahnya.

Dari halaman yang sedang kita buka, pilih menu kemudian pilih Cetak dan pastikan yang terpilih adalah Simpan Sebagai PDF terakhir Simpan.

Cara Save Halaman Web Sebagai PDF di HP Android

Setelah selesai, file yang dihasilkan tersebut biasanya tersimpan di folder download. Jadi jika sobat bingung dimana mencarinya silahkan bukan aplikasi file manager lalu cari letak folder download.

Itulah dua cara mudah menjadikan halaman web sebagai file PDF di HP Android tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan kecuali mobile browser yang biasanya sudah terpasang terutama Google Chrome.