Cara Share Artikel Blog Otomatis Ke Facebook, Google Plus dan Twitter

Ada banyak plugin untuk share artikel blog otomatis ke beberapa situs sosial media seperti Facebook, Google Plus dan juga Twitter dan yang menjadi favorit kami adalah plugin Jetpack, kenapa? karena plugin ini mempunyai banyak fitur yang bisa menghemat penggunaan terlalu banyak plugin di wordpress.

Tidak hanya bisa auto share artikel ke Facebook, Google Plus dan Twitter tetapi Jetpack juga memiliki beberapa fitur keren seperti monitor yang berfungsi untuk cek status server apakah sedang down atau tidak, related post untuk menampilkan artikel terkait, sharing untuk membagikan artikel secara manual ke sosial media dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas mengenai fitur/modul publicize yang fungsinya untuk membagikan postingan terbaru secara otomatis ke Google +, Facebook maupun Twitter.

Sebelum bisa melakukan auto share dengan plugin jetpack ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya :

  1. Install plugin jetpack kemudian aktifkan dan hubungkan ke akun wordpress.com
  2. Setelah berhasil terhubung, buka menu JetpackSettings dan aktifkan modul Publicize.
  3. Kemudian buka menu SettingsSharing.
  4. Untuk menghubungkan jetpack ke Facebook pilih tombol Add New kemudian login dengan akun Facebook sobat dan silahkan pilih apakah ingin menggunakan profil atau page/halaman FB, jika berhasil maka nama profil/page akan muncul seperti terlihat pada gambar berikut.Cara Share Artikel Blog Otomatis Ke Facebook, Google Plus dan Twitter
  5. Ulangi langkah ke-4 untuk akun Google Plus dan juga Twitter.

Setelah sobat melakukan pengaturan seperti diatas maka setiap kali posting artikel baru akan otomatis dibagikan ke akun-akun sosial media yang sudah dihubungkan tersebut, cukup simpel bukan dan tidak perlu lagi manual share ke Facebook.

Jika sobat mengalami kendala seperti jetpack tidak bisa terhubung ke halaman Facebook tetapi hanya bisa ke akun Profil maka bisa baca solusinya disini.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, dan maaf jika masih banyak kekurangan. Selamat mencoba.

Latest Comments
  1. Rafaeljar August 20, 2016