Cara Split Atau Memisahkan File PDF Dengan Mudah

Pernah ingin mengambil halaman tertentu dari file PDF? nah cara yang paling mudah adalah dengan split atau memisahkan file PDF tersebut secara online tanpa perlu install aplikasi tambahan lagi. Sehingga kita bisa ekstrak atau mengambil halaman tertentu yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Salah satu kelebihan memisahkan halaman PDF secara online adalah kita tidak perlu software tambahan dan tentu saja gratis serta prosesnya sangat mudah, karena prinsipnya hanya perlu unggah dokumen PDF tersebut kemudian pilih halaman mana saja yang ingin kita ambil. Setelah selesai nanti kita tinggal download file hasilnya ke komputer atau simpan ke penyimpanan cloud seperti Google Drive maupun Dropbox, tidak perlu panjang lebar lagi mari kita langsung bahas langkah-langkahnya. Baca juga : cara mengubah JPG ke PDF.

Info tambahan, karena ada teman yang bertanya apakah ada aplikasi Android yang bisa kita pakai untuk memecah file pdf maka saya sudah berikan jawabannya melalui posting ini : cara split halaman pdf di HP Android.

Cara Split Atau Memisahkan File PDF Secara Online Tanpa Software

  1. Langkah pertama buka halaman berikut ini : https://smallpdf.com/id/pisahkan-pdf
  2. Berikutnya seret dan geser dokumen PDF dari PC atau klik “Pilih File” lalu cari file yang ingin kamu pisahkan.Cara Split Atau Memisahkan File PDF Secara Online Tanpa Software
  3. Selanjutnya untuk mengekstrak halaman dari PDF kita tinggal klik pada halaman yang diinginkan sehingga akan berwarna ungu seperti tampak pada gambar berikut.Memisahkan File PDF Secara Online
  4. Langkah berikutnya, klik Pisahkan PDF dan tunggu sampai proses split selesai.
  5. Terakhir untuk menyimpan ke komputer, pilih Unduh File Sekarang, selesai.

Cukup mudah bukan, hanya perlu upload kemudian tentukan halaman mana yang akan diekstrak atau dipisahkan setelah proses selesai kita bisa langsung download hasilnya atau unggah langsung ke Dropbox maupun Google Drive.

Baca juga : cara menggabung pdf menjadi satu.

Selain situs smallpdf memang masih ada banyak situs lain yang menawarkan layanan serupa namun sampai saat ini yang selalu saya gunakan adalah smallpdf karena termasuk yang terbaik dan sangat mudah digunakan.

Semoga bermanfaat, terutama bagi kamu yang masih belum tahu bagaimana cara memisahkan dokumen pdf sehingga bisa kita ambil halaman tertentu sesuai kebutuhan.

Jika kamu punya pertanyaan silahkan ajukan melalui kotak komentar atau jika memiliki referensi situs lain yang lebih baik jangan sungkan untuk berbagi disini.