Cara Transfer File, Foto, APK dari Android Ke PC dan Sebaliknya Lewat Wifi

Berawal dari rusaknya kabel USB sehingga tidak bisa dipakai untuk transfer data dari PC ke HP Android maupun sebaliknya akhirnya saya cari alternatif lain yaitu lewat WiFi dengan tambahan aplikasi Xender.

Karena aplikasi ini merupakan yang paling mudah digunakan baik untuk transfer file gambar, apk, video maupun musik ke sesama HP Android maupun dari dan ke komputer lewat jaringan Wifi.

Penting : Sebelum bisa mencoba langkah dibawah ini pastikan komputer atau laptop memiliki wireless adapter dan sudah aktif/terinstall drivernya. Selain itu nonaktifkan dulu paket data pada HP Android kamu sehingga paket data tidak akan terpotong.

Cara Transfer File, Foto, APK dari Android Ke PC Lewat Wifi Menggunakan Xender

Bagi yang belum tahu bagaimana cara menggunakan Xender berikut adalah panduan singkatnya.

  1. Download aplikasi Xender dari Google Play Store
  2. Kemudian jalankan, dan pilih ikon apolo lalu pilih PC/MAC seperti terlihat pada gambar dibawah.
    Cara Transfer File, Foto, APK dari Android Ke PC dan Sebaliknya Lewat Wifi
  3. Kemudian pilih Buat Hotspot sampai muncul alamat IP seperti gambar kanan berikut.Cara Transfer File, Foto, APK dari Android Ke PC Lewat Wifi Menggunakan Xender
  4. Setelah hotspot berhasil dibuat, dari komputer/laptop pilih icon wireless kemudian hubungkan ke wifi hotspot yang dibuat oleh Xender seperti gambar berikut.hotspot
  5. Kemudian buka web browser seperti mozilla firefox atau Google Chrome lalu ketik alamat IP yang muncul di HP misal http://192.168.43.1:33455 dan di HP akan muncul notifikasi Sambungkan ke PC, pilih Terima
  6. Setelah berhasil terhubung maka kita sudah bisa transfer file dari HP ke PC dengan cara klik gambar atau file yang ingin diambil lalu pilih icon download kemudian save ke komputer.save ke komputer

Mudah bukan? pada intinya setelah komputer terhubung ke HP Android lewat Wifi Xender maka dari web browser kita bisa explore atau membuka semua folder yang ada di ponsel tersebut.

Dengan demikian kita bisa ambil berbagai file yang diinginkan baik apk, gambar (foto) dan lainnya, Tidak hanya itu dengan Xender kita juga bisa install aplikasi dari PC ke Android.

Misal kamu punya file APK tersimpan di PC kemudian ingin diinstall ke Android maka caranya, pilih Menu Apl lalu pilih Install APL dan cari file apk dari PC lalu Open agar diupload dulu ke HP.

Install APL

Setelah itu silahkan ikuti petunjuknya, namun perlu diketahui walau kita intsall dari PC tetapi kamu juga harus melanjutkan proses install langsung dari HP sama seperti saat install aplikasi pakai APK di HP.

Itulah sedikit pengalaman cara transfer file gambar, apk dari HP Android ke PC maupun sebaliknya lewat wifi menggunakan Xender.

Masih bingung? tidak perlu bingung silahkan install Xender lalu ikuti langkah diatas, karena jika hanya dibaca pasti bingung tetapi jika baca sambil praktek biasanya lebih mudah, semoga bermanfaat. Baca juga : menghubungkan wifi hotspot HP ke laptop.