Dua Macam Pukulan Lob Dalam Permainan Bulu Tangkis

Untuk memenangkan pertandingan dalam permainan bulu tangkis bisa menggunakan berbagai jenis pukulan. Diantaranya dengan melakukan pukulan lob yang benar sehingga akan menyulitan lawan ketika melakukan pengembalian shuttlecock.

Pengertian pukulan lob adalah memukul shuttllecock melambung jauh ke arah garis belakang lapangan lawan. Ada dua macam lob dalam bulu tangkis yang nanti akan dibahas satu persatu.

Tetapi tentunya sebelum melakukan lob harus memperhatikan posisi lawan terlebih dahulu. Yang efektif yaitu ketika posisi lawan berada ditengah area permainannya.

Advertisement

Dengan demikian lawan akan dipaksa mundur karena jatuhnya shuttlecock dipastikan pada bagian belakang. Dan apabila lawan berhasil mengembalikan bola akan tanggung dan kamu hanya perlu smash atau melakukan pukulan yang jatuhnya dekat net.

Dua Macam Pukulan Lob

Dua Macam Pukulan Lob Dalam Permainan Bulu Tangkis

1. Deep Lob /Clear (Lob bertahan)

Jenis pukulan deep lob adalah pukulan menerbangkan shuttlucock secara melambung tinggi ke bagian belakang lapangan lawan.

Lob bertahan berguna ketika lawan terus menerus menyerang dengan memukul bola tinggi melambung dapat memperlambat ritme permainan lawan, sehingga pemain yang diserang dapat kembali kepada posisi yang ideal.

2 Attacking Lob/Clear (lob serang)

Sesuai namanya pukulan lob serang berfungsi untuk menyerang atau mematikan lawan, cara melakukan lob serang adalah dengan memukul shuttlecock tidak terlalu tinggi namun cepat dengan arah ke belakang bidang belakang permainan lawan.

Lob serang akan efektif apabila melakukannya menggunakan pergelangan tangan, karena lawan akan mengira shuttlecock akan kedepan dekat net (dropshot).

Kapan pukulan lob serang digunakan? yaitu ketika lawan bergerak maju barulah lepaskan pukulan (attacking lob), apabila tidak sigap maka sulit sekali bagi lawan mengembalikan bola. Pukulan ini sangat membantu terutama dalam permainan bulu tangkis tunggal.

Langkah Langkah Pukulan Lob

  • Posisi badan berdiri dengan rileks kemudian kaki kanan dibelakang kaki kiri (bagi pemain dengan tangan kanan apabila menggunakan kiri lakukan sebaliknya).
  • Pegang raket pada posisi forehand dengan badan menyamping.
  • Kemudian mulai untuk mengayunkan raket untuk menyambut shuttlecock.
  • Gerakan bahu kemudian tangan harus lurus ketika terjadi perkenaan kok dan raket
  • Pukul shuttlecock pada saat tepat di depan kepala dengan cara melecutkan pergelangan tangan.
  • Ikuti arah ayunan raket sampai bawah dan jangan ditahan .
  • Posisi kaki setelah melakukan lob yaitu kaki kiri mendarat terlebih dahulu kaki kanan.
  • Terakhir badan condong ke depan dan siap untuk kembali ke posisi tengah lapangan.

Kesalahan Melakukan Lob

  • Tidak rileks atau tergesa gesa dalam melakukan pukulan sehingga shuttlecock menjadi keluar.
  • Lawan sudah berada di garis belakang, jika demikian lob tidak efektif karena lawan sudah menunggu datangnya kok.
  • Apabila lob tanggung akibat ragu ragu atau terlambat memukul kok maka akan menjadi blunder sehingga lawan dapat melancarkan smash keras.
  • Lengah dan berpikir lawan akan memukul lob kembali padahal lawan menempatkan kok ke sisi lain misalnya melakukan dropshot.

Pukulan lob yang baik tidak harus arahnya lurus melainkan bisa juga menyilang ke pojok bagian belakang. Hal ini bertujuan agar lawan bergerak dan kehilangan posisi idealnya.

Baca juga: Sejarah bulu tangkis singkat

Meskipun lob dapat menjadi pukulan yang menghasilkan poin, namun harus juga mengetahui tipe permainan lawan. Apabila lawan memiliki kecenderungan bertahan dengan rally rally panjang biasanya lob tidak efektif dan malah sebaliknya akan menguras tenaga.

Umumnya pemain yang sering melakukan lob memiliki stamina yang lebih prima karenna itu merupakan senjata andalannya.

Demikianlah uraian singkat mengenai dua macam pukulan lob dalam permainan bulu tangkis, semoga pada kesempatan lain dapat membahas pukulan bulu tangkis lain seperti drive, backhand, dll.