Hindari Gejala Penyakit Jantung Dengan 4 Makanan Ini

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati selain pandemi corona saat ini, penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian dengan angka cukup tinggi. Seperti beberapa waktu kebelakang ada artis yang meninggal akibat penyakit jantung.

Ternyata untuk menghindari gejala penyakit jantung selain dengan berolahraga bisa dengan mengkomsumsi 4 makanan yang mudah ditemukan disekitar kita. Karena jika dikomsumsi dapat mencegah penumpukan plak di dalam arteri.

Seperti diketahui pemicu penyakit jantung disebabkan penumpukan plak yang terdiri dari kolestrol, lemak, sisa-sisa dari sel, kalsium dan fibrin. Dibawah ada 4 makanan yang dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung,, berikut daftarnya.

Advertisement

4 Makanan Untuk Hindari Gejala Penyakit Jantung

Hindari Gejala Penyakit Jantung Dengan 4 Makanan Ini

pixabay.com

1. Buah Delima atau Pomegranate

Buah dengan bentuk bulat, berdiameter sekitar 5-12 cm dan mempunyai warna kulit yang beragam, tergantung jenisnya. Ternyata buah delima berkhasiat untuk menghilangkan penumpukan plak dalam dinding arteri sebanyak 30%

Karena pada daging buah dan biji buah tersebut banyak terkandung senyawa polyphenol (tannin dan anthocyanin). Menurut studi oleh American Journal of Cardiology buah delima dapat memperlambat proses oksidasi penyebab penumpukan plak.

2 . Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang lazim digunakan di Asia, Afrika dan Eropa, selain sebagai campuran masakan bawang putih dapat mengobati berbagai penyakit bahkan orang Mesir kuno sudah menggunakannya. Kerena bawang putih mengandung polisufida yaitu senyawa yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Khasiat bawang putih lainnya adalah menurut penelitian yang ditulis pada Journal of Postgraduate Medicine mengkomsumsi 10 gram atau setara dengan 1-2 bawang putih mentah setiap hari dalam jangka waktu dua bulan berturut-turut dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Hasilnya apabila kadar kolesterol jahat (LDL) turun kesehatan kardiovaskular akan terjaga.

3. Kunyit

Berdasarkan berbagai studi yang menyimpulkan bahwa kunyit dapat mencegah kerusakan ada arteri, yang biasanya disebabkan oleh penyumbatan arteri. Karena Kunyit mengandung kurkumin, sebuah senyawa polyphenol yang kuat.

Curcumin atau kurkumin dapat meningkatkan fungsi endothelial yaitu kesehatan lapisan membran dalam jantung dan pembuluh darah. Membran tipis ini berguna mengatur tekanan darah.  Dengan mengkomsumsi kurkumin secara teratur dalam waktu 2 bulan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah ,sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Biji Wijen

Biji wijen memiliki kandungan senyawa sesamin dan sesamolin yang dapat mengurangi kadar kolesterol. Bentuknya yang kecil namun memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan.

Dengan rutin mengkomsumsi biji wijen dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang merupakan faktor resiko penyakit jantung. Selain senyawa sesamin dan sesamolin Wijen juga kaya akan magnesium yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kemudian vitamin E dan antioksidan yang terdapat pada wijen bermanfaat dalam mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga tekanan darah akan terjaga.

Itulah 4 makanan yang dapat menghindari gejala penyakit jantung tentunya harus ditunjang dengan gaya hidup sehat seperti meluangkan waktu untuk olahraga, tidak merokok dan mengurangi makanan berlemak.

Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply