Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jangan Kaget! Inilah Cara Mengatasi Bayi Sering Kentut Tapi Tidak Bab

Bunda jangan kaget jika bayi Anda mengalami masalah sering kentut tapi tidak bab, karena masalah bayi sering kentut merupakan hal yang umum yang sering terjadi setiap keluhan orang tua. Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai masalah tersebut.

Yang perlu bunda ketahui bahwa bayi biasanya mengeluarkan gas antara 15-20 kali sehari, bayi yang sering kentut dan rewel hanya beberapa saat ketika si kecil buang gas, kondisi ini sebenarnya di tergolong normal dan tidak berbahaya, tetapi bisa menyebabkan bayi tidak nyaman karena kembung.

Pada saat bayi buang gas di ikuti dengan perut kembung, bersendawa sering rewel dan menangis, serta perut keras ketika disentuh itu pertanda ada masalah pada kondisi si kecil.

Advertisement

Cara Mengatasi Bayi Sering Kentut Tapi Tidak BAB

Beberapa tips yang bisa bunda praktekkan di rumah untuk mengatasi bayi sering kentut dan susah bab diantaranya;

Jangan Kaget! Inilah Cara Mengatasi Bayi Sering Kentut Tapi Tidak Bab

1. Bantu bayi untuk bersendawa

Cara untuk membantu bayi bersendawa dengan menggendong si kecil di pundak atau merebahkannya di pangkuan Bunda, lalu usap atau menepuk punggungnya secara lembut. Pasalnya bayi bersendawa dapat mengurangi gas didalam perut bayi.

2. Pastikan bayi menyusu dalam posisi yang benar

Posisi yang benar untuk menyusui yaitu posisi kepala buah hati lebih tinggi dari perutnya ketika ia sedang menyusu, baik bayi yang meminum ASI maupun bayi yang minum susu formula dot. Gunakan tangan atau bantal untuk menopangnya, pastikan posisi botol susu miring ke atas.

3. Pijat perut bayi dengan lembut

Untuk memudahkan bayi buang air besar dengan cara baringkan bayi di atas kasur dalam posisi telentang, kemudian pijat secara lembut perutnya sambil gerakan tungkainya seperti gerakan bersepeda.

4. Mandikan si kecil menggunakan air hangat

Memandikan si kecil dengan air hangat juga dapat mempermudah buang air besar, karena air hangat dapat membuat perut bayi lebih longgar biasanya akan buang angin yang kemudian dilanjutkan dengan buang air besar, selain itu bayi akan merasa nyaman.

Penyebab Bayi Sering Kentut

  • Sistem pencernaan pada bayi belum sempurna
  • Ibu menyusui terlalu banyak mengkonsumsi makanan penghasil gas
  • Bayi minum susu dari botol susu
  • Bayi mulai menerima makanan padat ( MPASI )
  • Bayi mengalami sembelit

Selain itu, frekuensi bab pada bayi memang kadang membingungkan orang tua, apalagi seorang ibu yang baru mempunyai buah hati dan belum mempunyai pengalaman.

Bayi yang di beri AsI memiliki frekuensi buang air besar yang lebih jarang, di karenakan komposisi ASI yang hampir terserap secara sempurna seluruhnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Berbeda dengan bayi yang di beri susu formula diharapkan bab setiap hari sekali, karena susu formula lebih sulit di serap oleh usus bayi dan meninggalkan banyak sisa. Permasalahan yang sering terjadi pada kasus si kecil meliputi saluran pencernaan.

Tidak sedikit orang tua yang mengeluh bayinya susah buang air besar selama 1 minggu bahkan lebih, jika demikian sebaiknya bawa ke dokter spesialis anak.

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi bayi sering kentut tapi tidah Bab yang dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat untuk Bunda semua.

Sumber foto: https://pixabay.com/photos/babe-smile-newborn-small-child-boy-2972221/