Kenali 5 Penyakit Penyebab Kematian di Usia Muda

Berbicara tentang kematian merupakan suatu rahasia ilahi dan tidak dapat di hindari, “Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati”. Kematian itu sendiri bisa terjadi kapan saja, dimana saja, sehat, sakit, tua maupun muda, semua akan mengalaminya.

Di dunia ini, tidak ada satupun makhluk yang mampu mengetahui waktu terjadinya kematian pada diri makhluk tersebut, bahkan sering kali kita di kagetkan dengan kabar seseorang yang meninggal dunia secara mendadak, tanpa terdengar sakit terlebih dahulu.

Contohnya baru-baru ini, dunia hiburan tanah air di kagetkan dengan meninggalnya Ashraf Sinclair suami bunga citra lestari yang di kabarkan mengembuskan napas terakhirnya pada selasa subuh (18/2/2020) pukul 04.00 WIB. Ashraf Sinclair meninggal diakibatkan terkena serangan jantung, meninggal di usia muda 40 tahun.

Advertisement

Tidak hanya pesinetron Ashraf Sinclair saja, bahkan banyak artis lainnya yang meninggal di usia muda yaitu mantan artis cilik Cecep Reza yang meninggal dunia di usia 31 tahun akibat penyakit jantung. Karena pada dasarnya ada beberapa kematian mendadak disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu, dan juga pola hidup yang buruk.

5 Penyakit Penyebab Kematian di usia Muda

Kenali 5 Penyakit Penyebab Kematian di Usia Muda

pixabay.com

1. Serangan jantung

Serangan jantung merupakan gangguan jantung serius terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke otot jantung, kondisi ini akan mengakibatkan tergangunya fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan penderita serangan jantung, antara lain nyeri dada, sesak napas, pusing, gelisah dan keringat dingin.

Banyak kasus serangan jantung yang menyerang usia muda, biasanya orang yang mengalami penyakit jantung memiliki riwayat kelainan jantung bawaan, bahkan serangan jantung juga dapat disebabkan akibat gaya hidup yang tidak sehat. Serangan jantung bisa dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti perbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan serat, berolahraga secara teratur, berhenti merokok serta menghindari minuman beralkohol dan cek up rutin ke dokter.

2. Stroke

Stroke merupakan suatu kondisi dimana sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit, penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat oleh gumpalan dan akhirnya pecah. Stroke yang disebabkan karena penyempitan atau pecahnya pembuluh darah di otak ini tidak hanya di alami usia tua saja, bahwan usia muda juga rentan terkena stroke.

Stroke juga merupakan pembunuh nomor 1 di Indonesia, penderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, berat badan berlebih, dan diabetes sangat beresiko terkena stroke. Penyebab terjadinya stroke pada usia muda umumnya di akibatkan oleh pola hidup yang buruk seperti, mengkonsumsi junk food yang berlebihan, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, merokok dan kurang berolahraga.

Adapun gejala yang sering di alami penderita meliputi tungkai mati rasa, bicara menjadi kacau dan
wajah terlihat menurun. Penyakit stroke dapat di cegah dengan menerapkan pola makan yang sehat, melakukan aktivitas berolahraga secara rutin, hindari merokok dan mengonsumsi minuman keras.

3. Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon, yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas. pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh ini dapat merusak sel normal di bagian tubuh yang lainnya, bahkan kanker menjadi penyebab kematian kedua dan terbanyak di dunia.

Ada beberapa jenis kanker seperti kanker darah, kanker otak, kanker payudara, kanker lidah dan lain-lain. pada umumnya kanker ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga seseorang terkena penyakit kanker baru bisa terdeteksi setelah mencapai stadium lanjut.

Gejala yang timbul akibat kanker meliputi muncul benjolan, penurunan berat badan secara drastis, pucat, lemas cepat lelah. dan batuk kronis. penyakit kanker dapat di cegah dengan pola hidup yang sehat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

4. Gagal ginjal

Penyakit ginjal adalah kondisi saat gangguan fungsi pada organ ginjal menurun, karena kerusakan pada ginjal. Ketika fungsi ginjal bermasalah, zat sisa limbah tubuh dan cairan dapat menumpuk dalam tubuh, menimbulkan beberapa masalah seperti pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, kelemahan, kurang tidur, dan sesak napas.

Penyakit ginjal dapat dipicu oleh berbagai masalah kesehatan lainnya, misalnya seseorang yang mempunyai penyakit diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi) berisiko tinggi terkena gangguan ginjal. Setiap hari, kedua ginjal menyaring sekitar 120-150 liter darah, dan menghasilkan sekitar 1-2 liter urine.

Penyakit ginjal terdiri dari beberapa jenis yaitu infeksi ginjal, batu ginja, penyakit ginjal polikistik, gagal ginjal akut dan penyakit ginjal kronis. Umumnya jika sudah terkena gagal ginjaL akan mengalami gangguan kesehatan lain seperti jantung dan stroke, penyakit ini dapat memicu kematian dini.

Gejala penyakit ginjal meliputi;

  • Mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan.
  • Jarang buang air kecil atau volume urin berkurang
  • Merasa lelah dan sesak napas.
  • Kulit kering sehingga sering mengalami gatal yang tak kunjung hilang
  • Nyeri punggung bawah dan urine bercampur darah dapat terjadi pada penderita batu ginjal, penyakit ginjal polikistik, dan infeksi ginjal.
  • Pada penderita infeksi ginjal dan batu ginjal dapat timbul keluhan demam dan menggigil dll.

5. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi ketiga di Indonesia, penyakit ini dapat berlangsung lama kronis. Penyakit diabetes ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi melebihi batas normal, glukosa berasal dari makanan, sedangkan insulin merupakan hormon yang membantu glukosa untuk masuk ke dalam sel dan memberi energi pada tubuh.

Pada tubuh penderita diabetes, mereka tidak bisa memproduksi insulin dengan baik, sehingga dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf dan ginjal. Jika diabetes atau kadar gula dalam tubuh tidak dikontrol dengan baik, maka dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Tidak hanya kalangan tua saja yang menderita penyakit ini, diabetes juga bisa menyerang usia muda, tidak sedikit kaum muda menderita penyakit yang mematikan ini. Tanda-tanda seseorang terkena diabetes meliputi hilangnya berat badan, sering berkemih, sering haus, sering lapar, penglihatan Kabur, penyembuhan luka menjadi Lambat, mulut kering dan kulit gatal.

Jenis-jenis diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2, dan Diabetes gestational. Penyakit diabetes dapat di cegah dengan mengkonsumsi serat yang banyak, perbanyak aktivitas fisik, menurunkan berat badan ekstra dan mengkonsumsi biji-bijian utuh.

Itulah 5 penyakit penyebab kematian di usia muda tentunya tanpa mengesampingkan penyakit lain. Melakukan gaya hidup sehat adalah hal yang dapat mengurangi terkena resiko berbagai masalah kesehatan diatas.